Bayi yang Dibuang di Bekas Septic Tank Berhasil Diselamatkan

Newborn Baby Buried Alive under a Pile of Rubbish is Rescued

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Bayi yang Dibuang di Bekas Septic Tank Berhasil Diselamatkan
Foto2: MailOnline

BAYI YANG baru lahir berhasil diselamatkan setelah ditelantarkan dan dikubur hidup-hidup di bekas septic tank di Jawa Barat.

Penduduk setempat mengaku mendengar tangisan bayi dari tumpukan kayu, gundukan batu, daun dan jala di septic tank tua, yang kini digunakan oleh warga setempat sebagai tempat pembuangan sampah.

Rekaman video tentang upaya penyelamatan bayi malang tersebut, memperlihatkan tumpukan puing-puing kayu diangkat untuk menyelamatkan si bayi mungil.

Bayi laki-laki tersebut dilarikan ke rumah sakit untuk menjalani perawatan medis setelah ditemukan di Desa Gantar di Kabupaten Indramayu.

Seorang penduduk desa mengatakan: "Terdengar suara tangisan. Saya bersama dengan penduduk mendatangi rumah kosong dan memang benar, ada bayi dibuang tanpa pakaian."

Mereka mengatakan kepada media lokal bahwa bayi tersebut telah mengalami luka di kepalanya sementara plasenta yang membusuk berada di dekat sang bayi.

Mereka menambahkan: 'Setelah bayi kami bawa ke bidan kami langsung membawa bayi itu ke Puskesmas Haurgeulis dan kemudian dirujuk ke rumah sakit Bhayangkara. Kami juga segera melaporkannya ke polisi.'

Polisi tiba di tempat kejadian dan menggeledah rumah tapi tidak ada siapa-siapa di dalam. Tidak diketahui apakah pemiliknya terkait dengan bayi yang ditelantarkan.

Kapolres Indramayu Ajun Komisaris Besar Fajarudin Arif mengatakan petugas saat ini sedang menyelidiki bayi malang tersebut anak siapa.

Dia mengatakan petugas akan melakukan tes DNA pada bayi untuk mencoba melacak siapa orang tuanya seperti dilansir MailOnline.

Dia menambahkan: 'Hal terpenting adalah bayi malang itu selamat dan telah menjalani perawatan intensif dan sedang dirawat di rumah sakit.'

"Kami akan sesegera mungkin melakukan penyelidikan tentang bayi ini, kami meyakini dapat menemukan siapa orangtuanya."

A NEWBORN BABY has been rescued after being abandoned and buried alive in a disused septic tank in West Java, Indonesia.

Locals had heard the baby's cries from under pieces of wood, rocks, leaves and mesh in the old tank, which villagers had been using as a wastage dump.

Video from the miraculous rescue, shows  the rubble being removed to uncover the tiny baby.

The baby boy was rushed to hospital where he is recovering after being found in the village of Gantar in the Indramayu district of the region.

One villager said: 'There were tears. I along with other residents went into grounds of the empty house and it is true, there was a baby without any shawls or clothes.'

They told local media the baby had suffered a cut to his head while the rotting placenta was found nearby.

They added: 'After we brought to the midwife we immediately took the baby to the health center Puskesmas Haurgeulis and then there was a referral to Bhayangkara hospital. We also immediately reported it to the police.'

Police arrived at the scene and searched the house but there was nobody inside. It is not known if the owners are linked to the abandoned baby.

Indramayu Police Chief Adjunct Senior Commissioner Fajarudin Arif said officers are now investigating who the child belongs to.

He said officers will conduct DNA tests on the baby to try to trace the parents.

He added: 'The main thing the baby survived and they were taken to intensive care and are being treated in hospital.

'As soon as we follow up the findings of the investigation into this baby we will surely find the parents.'