Obama: Abaikan Berita Bohong, Saya Khawatirkan Berita 20 Tahun ke Depan

Never Mind Fake News, It`s Future News that Worried Me - Obama

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Obama: Abaikan Berita Bohong, Saya Khawatirkan Berita 20 Tahun ke Depan
Banner besar menyambut kunjungan mantan Presiden AS Barack Obama di kota Bogor (Foto: MailOnline)

MANTAN Presiden AS Barack Obama berbagi pengalaman dari pandangan masyarakat di negerinya tentang toleransi dan menyikapi derasnya informasi khususnya berita di era teknologi informasi, menyusul ramainya berita tentang hubungan tidak harmonis antara penggantinya Donald Trump dan media.

"Saya tidak khawatir dengan apa yang ada di surat kabar hari ini," kata Obama dalam sebuah kunjungan nostalgia ke Jakarta, kota kediamannya di masa kanak-kanak.

"Apa yang saya khawatirkan adalah, 'Apa yang akan mereka tulis tentang saya 20 tahun dari sekarang ketika saya melihat ke belakang?'

Obama memilih menjauh dari politik AS dan pemerintahan Donald Trump, setelah berhasil melalui dua periode masa pemerintahannya tanpa kekisruhan dengan media massa.

"Di Paris, kami berkumpul dalam kesepakatan yang paling ambisius dalam sejarah tentang perubahan iklim, sebuah kesepakatan bahwa walaupun dengan segera tidak ada kepemimpinan Amerika masih dapat memberi kesempatan pada anak-anak kami," katanya.

Trump mengejutkan banyak negara bulan lalu dengan mengumumkan bahwa dia menarik diri dari kesepakatan tersebut.

Trump juga memiliki hubungan yang tidak harmonis dengan pers dan baru-baru ini dikecam oleh Demokrat dan Republik setelah dituding melecehkan wartawatiMSNBC melalui Twitter.

Obama menekankan pentingnya melangkah menjauh situs berita online yang memuat berita sesuai kepentingannya dan mengabaikan berita lain dan mengingatkan rawannya media sosial untuk menebar kebencian terhadap minoritas dan perlakuan tidak senonoh pada orang-orang yang berbeda pandangan, seperti dikutip Press Association yang dilansir MailOnline.

FORMER US president Barack Obama has shared a bit of wisdom from the other side of the world about tolerance and taking the daily news cycle in your stride, following another week of dust-ups between his successor Donald Trump and the media.

“I wasn’t worried about what was in the newspapers today,” Mr Obama said during a nostalgic visit to Indonesia’s capital Jakarta, his childhood home.

“What I was worried about was, ‘What are they going to write about me 20 years from now when I look back?’.”

Mr Obama has largely stayed away from US politics and the Trump administration, but did tout one of his accomplishments while in office.

“In Paris, we came together around the most ambitious agreement in history about climate change, an agreement that even with the temporary absence of American leadership can still give our children a fighting chance,” he said.

Mr Trump shocked many countries last month by announcing he was pulling out of the accord.

He has also had a difficult relationship with the press and was recently condemned by both Democrats and Republicans for a tweet that attacked a woman MSNBC host.

Mr Obama stressed the importance of stepping away from news sites where only like-minded views are shared and warned about social media giving rise to resentment of minorities and bad treatment of people.