Obama Disupiri Presiden Jokowi Keliling Kebun Raya Bogor

Obama Relaxes with the Indonesian President on Golf-cart Tour of 200-acre Palace

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Obama Disupiri Presiden Jokowi Keliling Kebun Raya Bogor
Presiden Jokowi tampak mengemudikan mobil golf pada Jumat saat keduanya mengunjungi kebun raya yang mengelilingi Istana Bogor, sebelum Obama bertemu dengan Ibu Negara Iriana Widodo (Foto: MailOnline)

DIA PERNAH disebut-sebut sebagai jawaban Indonesia untuk Barack Obama - dan pada Jumat Presiden Joko Widodo bertemu dengan yang sebenarnya saat menyambut kunjungan mantan presiden AS di istana seluas 200 hektar di Jawa Barat.

Presiden Jokowi tampak mengendarai mobil golf pada Jumat saat keduanya mengunjungi kebun raya yang mengelilingi Istana Bogor, sebelum Obama bertemu dengan Ibu Negara Iriana Widodo.

Michelle, Malia dan Sasha tidak terlihat saat pertemuan berlangsung dan diperkirakan sedang beristirahat setelah beberapa hari yang melelahkan berwisata di Bali dan Yogyakarta.

Keluarga Obama mendekati akhir kunjungan 10 hari mereka ke negara di mana Presiden ke 44 menghabiskan beberapa tahun masa kecilnya sebelum kembali ke Hawaii, tempat dia dilahirkan.

Istana Bogor adalah bangunan kolonial Belanda dan satu dari enam istana kepresidenan di Indonesia. Ini sebagian besar tidak terpakai sampai tahun 2015, ketika Widodo memindahkan kantornya di sana.

Muda, dinamis dan terpilih dalam semangat perubahan - Jokowi sering disamakan dengan Obama, yang keduanya telah menjalin persahabatan yang erat selama bertahun-tahun.

Foto-foto Jokowi di tahun-tahun sebelumnya juga memiliki kemiripan yang mencolok dengan Obama. Dia juga terpaksa mengeluarkan salinan akte kelahirannya untuk mengatasi desas-desus bahwa dia adalah seorang Muslim keturunan Tionghoa dalam kasus yang hampir identik dengan konspirasi yang mengepung Obama seperti dilansir MailOnline.

HE WAS once touted as Indonesia's answer to Barack Obama - and on Thursday President Joko Widodo met the real thing as he hosted the former US leader at his 200-acre palace in West Java.

The pair were pictured riding around in a golf cart on Friday as they took a tour of the lavish botanical gardens that surround Bogor Palace, before Obama also met with Widodo's wife Iriana.

Michelle, Malia and Sasha were nowhere to be seen during the meet-and-greet - presumably taking a lie down after several exhausting days touring around temples.

The Obamas are nearing the end of their 10-day visit to the country where the 44th President spent several years of his childhood before returning to Hawaii, where he was born.

Bogor Palace is a Dutch colonial building and one of six presidential palaces in Indonesia. It was largely unused until 2015, when Widodo moved his offices there.

Young, dynamic and elected on a platform of change - Widodo has often been likened to Obama, with whom he has cultivated a close friendship over the years.

Pictures of Widodo in his earlier years also bear a striking resemblance to Obama. He was also forced to issue a copy of his birth certificate to quell rumors that he was a Muslim of Chinese descent in an almost identical case to the birther conspiracy that once surrounded Obama.