VIST! 2.0, DKV Usakti Sikapi Problem Publik dengan Karya Kreatif

Indonesian`s Trisakti University Supports Development of Visual Communication Design

Reporter : Gusmiati Waris
Editor : Cahyani Harzi
Translator : Dhelia Gani


VIST! 2.0, DKV Usakti Sikapi Problem Publik dengan Karya Kreatif
SOLUSI KREATIF: Wakil Dekan IV FSRD Usakti, Dr Elda Franzia, MDs beserta Ketua Prodi Agus Adhityatama, SSn, MDs dan Sekretaris Prodi, Reydo Respati, SDs, MDs beserta mahasiswa peserta pameran [Foto2: Humas FSRD Usakti]

Jakarta [B2B] - Program studi Disain Komunikasi Visual di Universitas Trisakti [DKV Usakti] dari Fakultas Seni Rupa dan Desain [FSRD] kembali menampilkan karya dari delapan mahasiswa Tugas Akhir 2018/2019 bertajuk VIST!2.0 setelah sukses menggelar VIST! 1.0 pada 2019. Pameran dibuka resmi oleh Wakil Dekan IV FSRD Usakti, Dr Elda Franzia, MDs di Backspace, Lippo Mall Puri Jakarta, Sabtu [21/9] dan akan berlangsung hingga Minggu [29/9].

"VIST! 2.0 ini menjadi sarana sosialisasi potensi DKV Usakti ke masyarakat luas, meningkatkan motivasi mahasiswa untuk menghasilkan karya-karya terbaik yang bermanfaat bagi masyarakat, bangsa, dan negara serta mengangkat potensi mahasiswa dan alumni FSRD Universitas Trisakti ke depan," kata Dr Elda Franzia, MDs didampingi Ketua Prodi DKV Usakti, Agus Adhityatama, SSn, MDs dan Sekretaris Prodi DKV Usakti, Reydo Respati, SDs, MDs.

Dr Elda Franzia, MDs menambahkan bahwa DKV Usakti bertekad menjadi program studi yang andal di Indonesia, mempunyai standar internasional dalam keilmuannya dengan mengedepankan tradisi dan kearifan lokal nusantara dalam pengembangan seni, disain, ilmu pengetahuan dan teknologi guna meningkatkan kualitas hidup dan peradaban manusia.

Karya-karya yang ditampilkan meliputi karya desain branding dan promosi, desain buku dan ilustrasi, video animasi, desain aplikasi serta kampanye sosial, yang mengangkat tema sesuai posisi Usakti sebagai ´one stop learning for sustainable development´.

"Karya-karya tersebut mengangkat aneka permasalahan masyarakat urban dan lingkungan, serta menawarkan solusi kreatif yang dapat menjadi alternatif solusi masalah melalui desain berbagai media kreatif," kata Dr Elda Franzia, MDs.

Menurutnya, membahas tentang DKV tidak lepas dari konsep komunikasi dan ungkapan kreativitas seni. Mahasiswa DKV memiliki peluang untuk mengolah ide dan kreativitas tersebut menjadi konsep visual, yang juga dapat berkembang menjadi bibit entrepreneurship di masa mendatang, sesuai dengan gerakan pengembangan ekonomi kreatif secara nasional. 

Sementara itu, di sela acara pameran juga digelar kegiatan pemaparan karya melalui sesi Designer Talk.

"Karya mahasiswa yang ditampilkan di pameran tugas akhir dimulai dengan ketertarikan mahasiswa terhadap hal-hal yang dekat dengan kehidupannya dan menarik, karena memiliki problematika yang dapat dipecahkan melalui solusi disain," kata Dr Elda Franzia, MDs.

Para desainer dan karyanya adalah Anita Oktaviani berjudul Perancangan Buku Cerita Bergambar Tokoh Inspiratif Dari Cerita Rakyat Nusantara, Jauza Kamilah [Perancangan Aplikasi Bank Sampah Berbasis Lokasi Jakarta], Niki Gayatri [Perancangan Identitas Visual Taman Buaya Asam Kumbang di Medan], Rezka Pratama [Perancangan Motion Comic Mori], Siti Ariani Safarina [Perancangan Visual Antarmuka Aplikasi Eatplan Untuk Perancangan Makan Harian], Syafira Evita Sari [Perancangan Buku Ilustrasi Anak Bertema Etika Hubungan Antar Individu], Vina Visena [Perancangan Buku Ilustrasi Kumpulan Pantun Minangkabau], Yudhistira Vidhiatama [Perancangan Buku Visualisasi Mimpi].

Jakarta [B2B] - Indonesia´s leading private university in Jakarta, Trisakti University support activities of Final Project Exhibition of the Visual Communication Design study program or DKV Usakti by promoting the traditions and local wisdom of the archipelago in  development of art and design, according to the dean of faculty.