`Ngamen` di Langit, Kiat Anyar Garuda Bidik Milenial

Airline Brings Live Music to the Skies by Staging Mid-Flight Acoustic Concerts at 35,000 Feet

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


`Ngamen` di Langit, Kiat Anyar Garuda Bidik Milenial
Foto: MailOnline

MUSISI jalanan ngamen di bus kota adalah hal biasa, namun jadi luar biasa ketika mereka tampil di kabin pesawat komersial sekelas Garuda, tak ubahnya konser akustik di ketinggian 35.000 kaki.

Maskapai BUMN, Garuda berniat menggelar ´ngamen´ di kabin penumpang pada rute domestik tertentu yang tujuannya untuk menggaet pasar milenial.

Garuda berharap gagasan unik ini akan menarik perhatian penumpang ´yang menginginkan pengalaman penerbangan yang berbeda.´

Aksi ngamen perdana di pesawat komersial berlangsung pada Rabu, ketika dua musisi tampil di atas pesawat rute Jakarta ke Bali.

Garuda mengatakan ´konser mini´ akan berlangsung 10 hingga 15 menit pada penerbangan tertentu, dan akan ada fokus untuk mempromosikan bakat musisi muda.

Sementara itu mungkin membuktikan pengalaman terbang yang tak terlupakan bagi sebagian orang, itu mungkin bukan ide semua orang tentang waktu yang baik.

Pada 2017, maskapai penerbangan AS Southwest memperkenalkan pertunjukan musik di beberapa penerbangan dengan reaksi beragam dari penumpang.

Beberapa wisatawan mengatakan mereka lebih suka interaksi manusia minimum saat di kabin pesawat dan mereka menilai musik akan mengalihkan perhatian mereka dari tidur atau membaca.

Indonesia adalah salah satu pasar penerbangan dengan pertumbuhan tercepat di dunia.

Namun hal itu menjadi sorotan baru sejak kecelakaan Lion Air fatal pada Oktober 2018 yang menewaskan semua 189 orang di dalamnya.

Garuda mengatakan telah memulai konsultasi ekstensif untuk memastikan konser tidak menimbulkan ancaman terhadap keselamatan atau keamanan.

"Jika ada potensi turbulensi, penyanyi akan diarahkan kembali untuk duduk di kursinya," kata seorang juru bicara seperti dilansir MailOnline.

AN AIRLINE is bringing music to the skies by staging a series of live acoustic concerts at 35,000 feet.

Indonesian national flag carrier Garuda will organise the shows on certain domestic flights in a scheme aimed at wooing millennials.

And the airline hopes it will attract passengers ´who want a different flight experience.´

The carrier held its first in-flight concert on Wednesday, when two musicians performed aboard a flight between the capital, Jakarta, and the holiday island of Bali.

Garuda said sets would last 10 to 15 minutes on select flights, and there would be a focus on promoting upcoming talent.

While it may prove an unforgettable flying experience for some, it may not be everyone´s idea of a good time.

In 2017, US airline Southwest introduced live shows on some flights to a mixed reaction from passengers.

Some travellers said they preferred minimum human interaction while flying and said music would distract them from sleeping or reading.

Indonesia is one of the world´s fastest-growing aviation markets.

But it has come under fresh scrutiny since a fatal Lion Air crash in October last year that killed all 189 people on board.

Garuda said it had embarked on extensive consultation to ensure the concerts posed no threat to safety or security.

´If there is the potential of turbulence, the singer will be directed back to sit in his chair,´ a spokesman said.