Kemenkop UKM Dorong Masyarakat `Mau dan Berani` Berwirausaha

Indonesian Govt Encourages People to Develop Entrepreneurship

Reporter : Gusmiati Waris
Editor : Cahyani Harzi
Translator : Dhelia Gani


Kemenkop UKM Dorong Masyarakat `Mau dan Berani` Berwirausaha
Foto: istimewa

Jakarta [B2B] - Pemerintah RI mendorong masyarakat untuk mau dan berani mengembangkan wirausaha, dan Kementerian Koperasi dan UKM akan memfasilitasi dengan memberikan pelatihan untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan di masyarakat.

"Kemenkop UKM berupaya memancing masyarakat untuk mau berwirausaha, maka Deputi Bidang Pengembangan SDM telah memberikan program kewirausahaan berupa aneka pelatihan yang diawali denan sosialisasi dan pengenalan usaha," kata Asdep Pengembangan Kewirausahaan Kemenkop dan UKM, Budi Mustopo kepada pers di Jakarta, Kamis [25/4].

Menurutnya, Kemenkop UKM juga memberikan sertifikasi kompetensi untuk meningkatkan profesionalisme wirausahawan Indonesia mengembangkan usahanya.

"Wirausahawan itu muaranya adalah pelaku usaha mikro, kecil dan menengah yang terbukti mampu bertahan di tengah krisis ekonomi, yang menjadi bemper terdepan menghadapi krisis," kata Budi Mustopo pada diskusi panel 'Wirausaha Baru bagi Kalangan Media Massa'.

Dia menambahkan bahwa UMKM juga menjadi kontributor terbesar pendapatan domestik bruto [PDB] hampir 60%, lantaran banyaknya jumlah pelaku UMKM yang berdasarkan data hampir 99% dari struktur ekonomi nasional.

"Sektor UMKM pula yang berjasa mengatasi pengangguran, karena hampir 95 persen terserap yang butuh banyak tenaga kerja ketika usaha mulai berkembang," kata Budi M.