Tiga Maskapai Australia Batalkan Penerbangan dari dan ke Bali Pasca Erupsi Gunung Rinjani

Travellers Left Stranded as Flights Between Australia and Bali Cancelled due to Volcanic Ash Clouds

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Tiga Maskapai Australia Batalkan Penerbangan dari dan ke Bali Pasca Erupsi Gunung Rinjani
Gunung Rinjani di Provinsi NTB dan jadwal penerbangan dari tiga maskapai penerbangan yang dibatalkan ke dan dari Bali ke Australia (Foto & Data: MailOnline)

PENERBANGAN antara Australia dan Bali telah dibatalkan setelah awan abu vulkanik meletus di Gunung Rinjani, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Aktivitas vulkanik pada Selasa malam telah mempengaruhi penerbangan dari maskapai Jetstar Australia, Virgin Australia dan Tiger Airways Australia karena alasan keselamatan penerbangan.

Jetstar telah membatalkan tujuh penerbangan ke dan dari Bali ke Australia.

Pilot maskapai dan pihak meteorologi akan menilai informasi terbaru dari Pusat Mitigasi Vulkanik Australia pada Rabu pagi.

'Pilot kami dan meteorologi akan membuat keputusan tentang penerbangan yang dijadwalkan untuk hari ini, "kata Jetstar dalam pernyataan resminya.

'Setelah penerbangan kembali diijinkan kami akan melihat untuk mengantarkan penumpang dalam perjalanan ke tujuan mereka secepat mungkin."

"Kami akan selalu menempatkan keselamatan sebelum terbang dan hanya akan mulai lepas landas setelah dinyatakan aman untuk penerbangan."

Seorang juru bicara Tiger Airways Australia mengatakan kepada Daily Mail Australia tidak ada 'penerbangan cancel saat ini' tapi 'dua penerbangan telah ditunda dari hari ini sampai besok'.

'Penumpang lainnya dianjurkan untuk check-in penerbangan mereka seperti biasa kecuali ada pemberitahuan lebih lanjut dari maskapai penerbangan," kata juru bicara tersebut.

"Kami akan terus memantau dan menilai kembali situasi dan update penumpang melalui bagian peringatan perjalanan di laman internet maskapai dan langsung memberitahu konsumen tentang adanya gangguan lanjutan.'

Virgin Australia telah membatalkan dua penerbangan - Denpasar ke Brisbane dan Denpasar ke Sydney.

Daily Mail Australia telah menghubungi Virgin Australia untuk dimintai komentarnya seperti dilansir MailOnline.

FLIGHTS between Australia and Bali have been cancelled after a volcanic ash clouds erupted on Indonesia's Mount Rinjani.

The volcanic activity on Tuesday night has affected flights from Jetstar Australia, Virgin Australia and Tigerair Australia following safety concerns.

Jetstar has cancelled seven flights to and from the Indonesian resort island.

The airline's pilots and meteorologists will assess the latest information from the Volcanic Ash Advisory Centre early on Wednesday morning.

'Our pilots and meteorologists will make a decision about flights scheduled for the rest of the day,' Jetstar said in a statement.

'Once flights resume we will look to get customers on the way to their destinations as quickly as possible.'

'We will always put safety before schedule and will only commence flying when it is safe to do so.'

A Tigerair Australia spokeswoman told Daily Mail Australia there are 'no cancelled services at this time' but 'two flights have been delayed from today until tomorrow'.

'All other passengers advised to check in for their services as per normal unless otherwise notified by the airline,' the spokeswoman said.

'We will continue to monitor and reassess the situation in the am and update passengers via the website travel alerts section and directly should there be any further disruptions.'

Virgin Australia has cancelled two flights - Denpasar to Brisbane and Denpasar to Sydney.

Daily Mail Australia has contacted Virgin Australia for comment.