Hamilton Raih Juara GP F1 Suzuka Jepang

Hamilton Wins Japanese GP Ahead of Mercedes Team-mate Nico Rosberg

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Hamilton Raih Juara GP F1 Suzuka Jepang
Lewis Hamilton (ke-2 kanan) didampingi Nico Rosberg (kiri) dan Sebastian Vettel (kanan) Foto: MailOnline

Suzuka, Jepang (B2B) - Lewis Hamilton, pebalap Inggris menjuarai Grand Prix (GP) Formula Satu Jepang di Suzuka, Minggu, untuk memperbesar keunggulannya dalam klasemen kejuaraan atas rekan setim Mercedes, Nico Rosberg, menjadi 10 angka dengan tersisa empat seri balapan.

Rosberg finis di posisi kedua dalam balapan yang memerlukan dua kali start di belakang safety car dan harus berakhir sebelum menyelesaikan jarak balapan secara lengkap, karena kecelakaan yang melibatkan pebalap tim Marussia, Jules Bianchi, asal Prancis yang kemudian dilarikan ke rumah sakit.

Kemenangan bagi Hamilton, namun tidak ada sampanye disemprotkan di mimbar juara dan tidak ada perayaan, seperti dilansir Yahoo Sports.

Pebalap Jerman yang empat kali beruntun menjadi juara dunia, Sebastian Vettel, yang pada Sabtu mengumumkan akan meninggalkan Red Bull pada akhir musim ini, mencapai finis di posisi ketiga.

Ini merupakan kemenangan kedelapan Hamilton pada musim ini dan yang pertama di Suzuka, dengan satu kemenangan lainnya di Jepang terjadi di sirkuit Fuji bersama tim McLaren pada 2007.

Bendera merah harus dikeluarkan dalam balapan itu dengan baru 46 dari rencana 56 putaran yang diselesaikan, setelah kecelakaan yang melibatkan pebalap Sauber, Adrian Sutil dan Bianchi, membuat safety car kembali memasuki lintasan balapan untuk ketiga kalinya.

Terdapat keprihatinan menyangkut kondisi Bianchi setelah terjadinya kecelakaan itu, dengan mobil medis dan ambulans dikirim ke lokasi kecelakaan.

Suzuka, Japan - Britain's Lewis Hamilton won a wet and sombre Japanese Grand Prix on Sunday to extend his Formula One lead over Mercedes team mate Nico Rosberg to 10 points with four races remaining.

The race started behind the safety car due to heavy rain and ended without celebration after Marussia's Jules Bianchi was taken to hospital following a crash that left the young Frenchman seriously injured.

Rosberg, who had started on pole position, finished second following a third deployment of the safety car and then red flags being displayed.

Germany's quadruple world champion Sebastian Vettel, who is leaving Red Bull for Ferrari at the end of the season, took third place with the result based on positions after 44 of the scheduled 53 laps.

The race started as scheduled but behind the safety car due to rain from an approaching typhoon that threatened to intensify through the evening.

The cars completed one lap and were then led back into the pit lane to await a re-start.

When the race resumed, again behind the safety car, Ferrari's Fernando Alonso was an immediate casualty with his car gliding to a halt.

When the safety car came in after eight laps, the battle was on with Hamilton chasing Rosberg in the spray and passing him in a breathtaking moment of bravery on lap 29 after their first pitstops.

The Briton was 16 seconds clear of the German when the race was stopped, the margin later reduced to 9.160 in the final results.