Pintu Pesawat MH370 di Pulau Reunion? Ternyata Cuma Tangga

`MH370 Plane Door` that was Found on Reunion Island Beach is Just a Ladder

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Pintu Pesawat MH370 di Pulau Reunion? Ternyata Cuma Tangga
`Puing-puing` yang ditemukan di pulau kecil di Samudra Hindia tempat ditemukannya sayap pesawat Boeing 777 ternyata hanyalah bagian dari sebuah tangga (Foto2: MailOnline)

PARA PEJABAT Malaysia mengatakan potongan terbaru dari 'puing-puing' yang ditemukan di pulau kecil di Samudra Hindia tempat ditemukannya sayap pesawat Boeing 777 ternyata hanyalah bagian dari sebuah tangga biasa.

Polisi telah mengambil potongan yang tidak biasa dari logam dari pantai Reunion Minggu pagi, dan sempat terpikirkan bahwa itu mungkin merupakan bagian dari pintu pesawat Malaysian Airlines yang hilang sampai saat ini.

Sebuah penutup sayap, diduga milik pesawat, ditemukan di pantai pulau itu pada Rabu, dan telah diterbangkan ke Prancis untuk dianalisis.

Direktur Jenderal Penerbangan Sipil Malaysia Azharuddin Abdul Rahman - yang memimpin penyelidikan di Perancis - menyatakan telah menepis semua spekulasi temuan hari ini.

"Saya membaca semua berita di media (puing-puing baru) adalah bagian dari pintu. Tapi saya  memeriksa dengan Otoritas Penerbangan Sipil, dan warga diReunion, dan ternyata itu hanya sebuah tangga di pulau tersebut," katanya, seperti dilansir MailOnline.

Namun, semua pihak berwenang yang telah memeriksa penutup sayap - termasuk Perancis, produsen pesawat Boeing dan Dewan Nasional  Keselamatan Transportasi AS (NTSB) - telah mengkonfirmasi bahwa itu bagian dari Boeing 777.

MH370 adalah satu-satunya pesawat 777 yang hilang sampai saat ini.

Hal ini juga memunculkan sejumlah barang-barang lainnya dari pesawat yang bisa saja terdampar di Reunion.

Dua warga mengatakan mereka melihat koper dan 'kursi pesawat' pada Mei, tapi tidak berpikir apa-apa atas penemuan mereka saat itu.

Nicolas Ferrier, yang mengatakan tugasnya adalah untuk 'mengumpulkan sampah dan membakarnya, mengatakan kepada The Sunday Telegraph ia melihat kursi biru dan' beberapa koper 'di pantai pada awal Mei.

"Saya telah membakarnya," katanya kepada surat kabar. Dia juga mengklaim telah melihat penutup sayap di pantai.

Kisah serupa disampaikan oleh wanita lain yang mengatakan kepada situs berita lokal Zinfos974.com bahwa anaknya melihat 'sayap pesawat' saat mereka berjalan di sepanjang pantai.

Tampaknya penduduk pulau kecil, yang memiliki populasi kurang dari 850.000 orang, sebagian besar tidak menyadari misteri sekitar hilangnya pesawat.

Pesawat yang bertolak dari Kuala Lumpur pada tanggal 8 Maret tahun lalu, menuju Beijing dengan mengangkut 239 orang di dalamnya.

Namun pesawat tersebut tidak pernah mendarat di kota tujuan, menghilang tanpa jejak kurang dari satu jam setelah lepas landas - memicu pencarian internasional yang meliputi lautan luas sehingga memicu ??putus asa untuk mencari tahu apa yang terjadi pada pesawat.

MALAYSIAN OFFICIALS have said the latest piece of 'debris' found on the tiny Indian Ocean island where a Boeing 777 wing flap was washed up is nothing more than part of an ordinary ladder.

Police had taken the unusual piece of metal from a Reunion beach this morning, thinking it may have been part of a door from the missing Malaysian Airways plane.

A wing flap, thought to belong to the aircraft, was found on the island's shore on Wednesday, and has been flown to France for analysis.

Malaysian director general of civil aviation Azharuddin Abdul Rahman - who is leading the investigation in France - has dismissed all speculation over today's finds.

'I read all over media it (the new debris) was part of a door. But I checked with the Civil Aviation Authority, and people on the ground in Reunion, and it was just a domestic ladder,' he said.

However, all the authorities who have inspected the wing flap - including the French, aircraft manufacturer Boeing and the U.S. National Transportation Safety Board (NTSB) - have confirmed the part was from a Boeing 777.

MH370 is the only missing 777 in the world.

It has also emerged a number of other items from the plane could have washed up on Reunion.

Two residents have said they spotted suitcases and a 'plane seat' in May, but did not think anything of their discoveries.

Nicolas Ferrier, who said his job is to 'collect rubbish and burn it', told The Sunday Telegraph he spotted a blue seat and 'a couple of suitcases' on the beach in early May.

'I burnt them,' he told the newspaper. He also claims to have seen the wing flap on the shore.

His story was echoed by another woman who told local news website Zinfos974.com that her son saw 'the wing of a plane' while they were walking along the shore.

It seems the residents of the small island, which has a population of less than 850,000 people, have been largely unaware of the mystery surrounding the plane's disappearance.

The flight took off from uala Lumpur on March 8 last year, bound for Beijing with 239 people on board.

But it never arrived, disappearing without a trace less than an hour after take off - sparking an international search which has covered vast swathes of ocean as investigators desperately try to find out what happened to the plane.