Bali Nine Ditangkap di Bali, Polisi Australia Dituding Sekongkol dengan Aparat Indonesia

Andrew Colvin Labelled Critics of AFP`s Involvement in the Arrest of the Bali Nine as `Misinformed`

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Bali Nine Ditangkap di Bali, Polisi Australia Dituding Sekongkol dengan Aparat Indonesia
Kepala Polisi Federal Australia (AFP) Andrew Colvin dan duo Bali Nine (insert) saat dipindahkan dari Lapas Kerobokan di Bali ke Nusakambangan (Foto2: MailOnline)

KOMISARIS POLISI Federal Australia Andrew Colvin mengatakan pihaknya tidak patut disalahkan terkait eksekusi mati duo Bali Nine, Andrew Chan dan Myuran Sukumaran dalam waktu dekat.

Andrew Colvin, adalah kepala staf untuk mantan komisaris Mick Keelty ketika jaringan penyelundup narkoba Bali Nine ditangkap di Indonesia pada 2005, terkait kritik di sejumlah media terhadap peran Polisi Federal Australia (AFP) yang turut berperan terhadap penangkapan jaringan Bali Nine di Indonesia.

Colvin menjadi sasaran kritik, termasuk kabar menyerahkan informasi kepada pihak berwenang Indonesia yang mengarah ke penangkapan, sebagai 'informasi salah dan sesat. "

"Simpel saja, apakah tangan kami berdarah? Tidak," kata Colvin, Kamis.

"Simpel saja, apakah kami bagian dari konspirasi untuk terkait penangkapan terhadap kedua tersangka seperti yang ditulis di media massa? Tidak Ada."

"Tidak ada yang saya bisa saya katakan hari ini ... kasus tersebut belum pernah masuk catatan hukum di pengadilan di Australia; di Pengadilan Federal ketika kami dikait-kaitkan pada kasus ini."

Komentar Colvin muncul sehari setelah Chan, 31, dan Sukumaran, 33, dipindahkan ke Nusakambangan, setelah keduanya ditetapkan pengadilan untuk menjalani eksekusi mati di depan regu tembak, seperti dilansir MailOnline.

Pemindahan dari Lapas Kerobokan di Bali memicu upaya politisi dan pejabat Australia mengajukan pembatalan eksekusi mati terhadap kedua warga Australia tersebut.

Colvin mengatakan AFP telah bekerja 'selama berbulan-bulan' dengan pemerintah Australia dalam upaya mendapatkan grasi bagi kedua terpidana mati.

"Ini harapan kami pemerintah Indonesia akan mempertimbangkan kembali keputusannya untuk melanjutkan eksekusi."

Chan dan Sukumaran dijatuhi hukuman pada 2006 atas peran mereka dalam komplotan penyelundup 8,3 kg heroin dari Bali ke Australia.

AUSTRALIAN FEDERAL Police Commissioner Andrew Colvin says his agency will not be blamed if Bali Nine duo Andrew Chan and Myuran Sukumaran are executed in Indonesia.

Mr Colvin, who was chief of staff to former commissioner Mick Keelty when the Bali Nine smuggling ring members were arrested in Indonesia in 2005, was critical of media commentary surrounding the role the AFP played in the original arrest.

Mr Colvin dubbed criticism of the AFP's actions, which included handing information over to Indonesian authorities that led to the arrests, as 'misinformed and misguided.'

'Put simply, do we have blood on our hands? No,' Mr Colvin said on Thursday.

'Put simply, were we part of a conspiracy for greater co-operation that I've seen written about? No.

'There is nothing I could say today ... that's not been put on the records in courts in Australia; in the Federal Court when we were challenged about our role.'

Mr Colvin's comments come a day after Chan, 31, and Sukumaran, 33, were transferred to 'Death Island', where the two men are set to be killed by firing squad.

The transfer from Bali's Kerobokan prison came as Australian politicians and officials continued their 11th-hour pleas for Chan and Sukumaran to be spared.

Mr Colvin said the AFP had been working 'for many months' alongside the government in efforts to push for clemency for the pair.

'It's our hope the Indonesian government will reconsider its decision to proceed with the executions.'

Chan and Sukumaran were sentenced in 2006 for their parts in a plot to smuggle 8.3kg of heroin from Bali to Australia.