Ada `Kamar Tidur ` Pramugari di Jet Komersial, Ini Pintu Rahasianya ...

Inside the Hidden Bedrooms where Cabin Crew Sleep

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Ada `Kamar Tidur ` Pramugari di Jet Komersial, Ini Pintu Rahasianya ...
Model pesawat ini juga mencakup area terpisah untuk pilot, dengan dua tempat tidur, dua kursi kelas bisnis dan, di beberapa maskapai, dilengkapi area kamar mandi dengan wastafel atau WC (Foto: MailOnline)

PERJALANAN jarak jauh tergolong melelahkan bagi pramugari pesawat jet komersial yang bertugas melayani penumpang selama delapan jam kerja, dan kemana mereka istirahat setelah set crew kedua menggantikan mereka bertugas untuk penerbangan lebih dari 12 jam?

Sebagian besar pesawat berbadan lebar Boeing 777 dan 787 menyediakan tangga rahasia yang mengarah ke sejumalh kamar tidur tanpa jendela yang dikenal dengan sebutan Crew Rest Compartments (CRCs).

Tidak banyak orang yang yang bisa melihat ruang rahasia ini, karena memang tergolong tempat ekslusif di pesawat.

Sebagian besar informasi tentang pesawat berbadan lebar memang tidak pernah menyebutkan ruangan itu, tangganya sempit tersembunyi di balik pintu, yang biasanya memerlukan kode atau kunci untuk mengaksesnya, dan area tidur untuk awak tersembunyi di atas kepala penumpang.

Ukuran dan posisi 'kamar tidur kru' ini bervariasi tergantung pada masing-masing model pesawat, namun biasanya terletak jauh di belakang area kokpit, berada di atas kabin penumpang kelas satu.

Salah satu foto yang pernah dilansir tentang Boeing 777 300 milik American Airlines memperlihatkan kru pesawat memasuki area relaksasi melalui lubang yang disamarkan sebagai tempat pembuangan sampah.

Ruang akomodasi sempit dan rata-rata memuat delapan tempat tidur, tergantung pada maskapai penerbangan.

Pada Boeing 777, ada enam sampai sepuluh tempat tidur, masing-masing berisi tempat penyimpanan barang-barang pramugari selama perjalanan.

Model pesawat ini juga mencakup area terpisah untuk pilot, dengan dua tempat tidur, dua kursi kelas bisnis dan, di beberapa maskapai, dilengkapi area kamar mandi dengan wastafel atau WC.

Beberapa lainnya dilengkapi dengan sistem hiburan, selimut, bantal dan kadang-kadang, piyama, dengan masing-masing tempat tidur dipisahkan oleh tirai.

Maskapai penerbangan yang berbeda memilih berbagai tata letak tempat tidur, mulai dari A380 Air Malaysia, yang memiliki tempat tidur bertingkat, ke pesawat Boeing 733 milik American Airlines, yang memiliki tempat tidur terpisah dari lorong tengah.

Seorang pramugari British Airways mengungkapkan pada MailOnline Travel: 'Di Boeing 747-an, semuanya adalah tempat tidur tingkat dan pada 777 rasanya Anda berada di dalam peti mati.

"Ruangnya sempit tapi Anda bisa membuatnya nyaman saat Anda tidur dilengkapi selimut dan bantal."

"Saya selalu membawa piyama saya sendiri dan saya berusaha tidur senyaman mungkin. Terkadang saya mengambil bantal dan selimut dari kelas bisnis jika tidak digunakan.

"Ini kebutuhan mendasar, ada yang punya TV tapi berukuran kecil, lebih kecil dari minis iPad."

Ada kebijakan ketat satu anggota staf untuk setiap tempat tidur, yang biasanya membentang sepanjang hampir dua meter dan lebar 76 cm.

Dan Air, pramugari yang menulis Confessions of the Trolley Dolley, yang memiliki ribuan penggemar di Facebook dan Twitter, mengatakan kepada MailOnline Travel: 'Tempat istirahat awak kapal pada pesawat terbang tertentu jauh lebih baik dari sebelumnya."

"Ruangannya sangat kecil dan sangat sempit dan ya bisa sangat sesak. Tidak menyenangkan berada di ruang mungil dan sempit saat pesawat terguncang turbulensi, bisa sangat mengerikan."

'Dalam hal apa yang dilakukan staf di sana, pasti itu yang akan saya ceritakan, tapi saya yakin Anda bisa membayangkan bahwa lebih dari sekadar tidur sering terjadi di sini."

"Kami mencoba untuk membuat mereka senyaman mungkin untuk tidur, membawa piyama, selimut, dan boneka untuk mencoba dan membantu kami tidur, tapi sejujurnya seringkali sangat sulit untuk tidur."

LONG-HAUL journeys can be exhausting for hardworking flight attendants as well as passengers, but where do crew go to unwind and escape demanding flyers?

Many Boeing 777 and 787 planes feature a secret staircase that leads to a tiny set of windowless bedrooms known as Crew Rest Compartments (CRCs).

Fascinating images provide a rare glimpse inside these confined areas, which few people have a chance to witness for themselves.

Most flyers are unlikely to have spotted the area before, as its narrow stairs are concealed behind a door, which usually requires a code or key to access it, and sleeping areas for crew are discreetly hidden above their heads.

The size and position of these spaces varies depending on each aircraft model, but they are typically nestled away behind the cockpit area, located above first class. 

One image of an American Airline's Boeing 777 300 even shows staff members entering the relaxation areas through a hatch disguised as an overhead bin.

The accommodation is cramped and features an average of eight beds, depending on the airline.

On Boeing 777s, there are between six to ten beds, each containing storage space for flight attendants' belongings during the journey.

This model of plane also includes a separate area for pilots, with two beds, two business-class seats and, in some airlines, a bathroom area with a sink or lavatory.

Some bays come with entertainment systems, a blanket, pillows and on occasion, pyjamas, with each bed separated by draped heavy curtains which muffle out the sounds of other crew.

Different airlines have opted for varying bed layouts, ranging from Malaysian Air A380s, which has beds stacked on top of each other, to American Airlines Boeing 773s, which has beds sectioned-off from a central aisle.

A British Airways flight attendant revealed to MailOnline Travel: 'On the Boeing 747s it is all bunk beds and on the 777 it feels like you are in a coffin.

'They are cramped but you can make it comfortable as you get a blanket and a pillow.

'I always take my own pyjamas and I make a little bed up. I sometimes try to take pillows and blankets from business class if they aren't in use.

'It's very basic, some have TVs but they are tiny, smaller than iPad minis.'

There is a strict policy of one staff member to each bunk, which usually stretches 6ft long by 2.5ft wide.

Dan Air, the flight attendant behind Confessions of a Trolley Dolley, which has thousands of fans on Facebook and Twitter, told MailOnline Travel: 'Crew rest areas on certain aircraft are a lot better than they used to be.

'They are very small and very cramped and yes can be very claustrophobic. It’s not nice being in the tiny, confined space during severe turbulence, it can get very unnerving.

'In terms of what staff do there, well that would be telling, but I’m sure you can imagine that a lot more than sleeping often goes on here.

'We try to make them as comfortable as possible for us, bringing our own pyjamas, blankets and teddies to try and help us get some sleep, but to be honest it’s often very difficult to sleep.'