TypeTime, Jam Tangan Android untuk Telepon dan Kirim Pesan

A Smartwatch You Can Type On: iType Android Keyboard Has Just Six Keys

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


TypeTime, Jam Tangan Android untuk Telepon dan Kirim Pesan
Harga jualnya sebelum dipasarkan sekitar Rp2,3 juta per unit (US$184) dan akan dipasarkan pada Juli mendatang, dengan harga retail Rp2,5 jutaan (US$235) (Foto2: MailOnline)

MENGETIK pesan di layar sentuh ponsel tergolong cukup rumit, yang dapat menjelaskan mengapa para pembuat smartwatch berupaya menghindari melengkapi jam tangan pintarnya dengan keypad.

Namun produk yang satu ini berupaya mengatasi kendala tersebut.

TypeTime telah mengembangkan keyboard dirancang untuk layar yang lebih kecil yang memprediksi apa yang Anda ingin ketik dengan enam tombol.

Ditandai dengan meluncurkan kampanye Kickstarter untuk mendanai produksi jam tangan dilengkapi keyboard, yang dijuluki iType.

'Semua smartwatches tergolong sulit untuk diketik," kata perusahaan yang berbasis di New York, seperti dilansir MailOnline.

Penggunanya harus menggunakan sistem pengenalan suara, yang tidak akurat.

'Dengan iType Anda dapat men-download dan menggunakan aplikasi Android pada perangkat seperti yang dimaksudkan untuk digunakan berkat teknologi keyboard kami, yang unik untuk smartwatch kami."

"Ini seperti memakai smartphone di pergelangan tangan Anda, karena mengoperasikan sistem Android dan memungkinkan Anda membuat panggilan telepon juga."

Keyboard iType dibagi menjadi enam kunci. Tiga tombol persegi panjang di sisi kiri menampilkan 26 huruf abjad serta tanda kutip. Sementara tiga tombol persegi di sebelah kanan berisi simbol.

Urutan huruf  yang tercantum dalam urutan yang mirip dengan tampilan keyboard Qwerty standar, dengan L, O dan P dikecualikan.

Pada masing-masing tombol persegi panjang, empat huruf berada di sebelah kiri, lima huruf di sebelah kanan tengah pada tombol atas dan tengah, dan dua huruf, tanda kutip dan tanda hubung di kanan bawah.

Ketika pemakainya ingin mengetik kata 'hari ini', misalnya, mereka tekan tombol kanan atas TYUILP, kunci GHJKO, kunci ASDF dan sebagainya.

Aplikasinya, awalnya dirancang oleh anak perusahaan TypeTime, SnapKeys dan secara resmi dikenal sebagai Si, kemudian memprediksi kata yang diketik dengan melihat kombinasi dalam urutan huruf.

Dan ketika tidak dapat menguraikan apa yang ingin diketik oleh penggunanya, atau salah menulis, daftar pilihan AutoCorrect muncul.

Cara kerjanya mirip dengan bagaimana keyboard pada ponsel fitur T9 menjalankan pekerjaan teks prediktif.

Keyboard ini juga bekerja dengan menggesekkan jari di berbagai kunci.

Di tempat lain, iType berfungsi penuh pada smartwatch yang mengoperasikan aplikasi Android. Contoh yang diberikan pada kampanye Kickstarter termasuk Facebook, Snapchat, Google Maps, Gmail, dan Spotify.

Jam tangan pintar ini juga dilengkapi kartu SIM, mikrofon dan speaker sehingga dapat digunakan untuk melakukan panggilan, dan memiliki built-in kamera yang berarti dapat digunakan secara terpisah dari telepon.

Harga jualnya sebelum dipasarkan sekitar Rp2,3 juta per unit (US$184) dan akan dipasarkan pada Juli mendatang, dengan harga retail Rp2,5 jutaan (US$235).

TYPING ON a phone's touchscreen is tricky enough, which could explain why smartwatch makers are shying away from making wrist-worn devices with keypads.

But a startup wants to change this.

TypeTime has developed a keyboard designed for smaller screens that predicts what you want to type by using just six keys.

And it has launched a Kickstarter campaign to fund production of a watch running this keyboard, called iType.

'All current smartwatches lack a typing solution,' explained the New York-based firm.

Users have to use a voice recognition system, which neither is accurate nor discrete.

'With iType you can download and use any Android app right on the device as it was meant to be used thanks to our keyboard technology, unique to our smartwatch.

'It's like having a smartphone on your wrist, because it runs a full Android system and lets you make phone calls too.'

iType's keyboard is divided into six keys. Three rectangular keys on the left-hand side feature the 26 letters of the alphabet as well as the apostrophe. While three square keys on the right contain symbols.

The letters are listed in a similar order to how they appear on a standard Qwerty keyboard, with L, O and P being exceptions.

On each of the rectangular keys, four letters sit to the left of centre, five letters sit on the right of centre on the top and middle keys, and two letters, the apostrophe and hyphen sit on the bottom right.

When a wearer wants to type the word 'today', for example, they press the top right TYUILP key, the GHJKO key, the ASDF key and so on.

The software, originally designed by TypeTime's subsidiary SnapKeys and officially known as Si, then predicts the word being typed by looking at the combination of letters in the sequence.

And if it can't decipher what the users was trying to type, or guesses incorrectly, a list of autocorrect options appears.

It works in a similar way to how the keyboards on feature phones running T9 predictive text work.

This keyboard also works by swiping a finger across the various keys.

Elsewhere, the iType is a fully-functioning smartwatch that runs Android apps. Examples given on the Kickstarter campaign include Facebook, Snapchat, Google Maps, Gmail and Spotify. 

It additionally has a SIM card slot, microphone and speakers so it can be used to make calls, and has a built-in camera meaning it can be used independently of a phone. 

The watch can be pre-ordered for $184 (£117) and is expected to ship in July. It will then retail for $235 (£149).