Game Anti-korupsi Karya Siswa SMP

Anti-Corruption Game the Work of a SMP Student

Editor : Taswin Bahar
Translator : Dhelia Gani


Game Anti-korupsi Karya Siswa SMP
Karya siswa SMP, Waluyo Rosmansyah (Screenshot: itunes.apple.com)

KORUPSI berasal dari kata kerja corrumpere yang bermakna busuk, rusak, menggoyahkan, memutarbalik dan menyogok.

Secara harfiah, korupsi adalah perilaku pejabat publik, baik politikus|politisi maupun pegawai negeri, yang secara tidak wajar dan tidak legal memperkaya diri atau memperkaya mereka yang dekat dengannya, dengan menyalahgunakan kekuasaan publik yang dipercayakan kepada mereka.

Dalam arti yang luas, korupsi adalah penyalahgunaan jabatan resmi untuk keuntungan pribadi. Semua bentuk pemerintah|pemerintahan rentan korupsi dalam prakteknya. Beratnya korupsi berbeda-beda, dari yang paling ringan dalam bentuk penggunaan pengaruh dan dukungan untuk memberi dan menerima pertolongan, sampai dengan korupsi berat yang diresmikan, dan sebagainya. Titik ujung korupsi adalah kleptokrasi, yang arti harafiahnya pemerintahan oleh para pencuri, dimana pura-pura bertindak jujur pun tidak ada sama sekali.

Menyikapi perang terhadap korupsi, sebuah game anti korupsi dirilis oleh laman itunes.apple.com yang merupakan karya remaja asal Indonesia, Waluya Rosmansyah, 13 yang dikemas untuk game di ponsel platform iOS. Game anti korupsi ini dapat diunduh (download) secara gratis melalui laman tersebut.

Ke depan, game dengan tokoh utama Garuda dan dinamai Raid the Rats akan dikembangkan untuk platform Android.

Game ini memang menarik. Bahkan, Fahma yang saat awal pembuatan game ini berusia 12 tahun, sempat mempresentasikan game ini kepada ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Abraham Samad.

Selain itu, dalam game ini juga disematkan beberapa pesan yang mengimbau kepada anak-anak agar terhindar dari bahaya korupsi. Untuk itu, game tersebut pun dilengkapi dengan penjelasan mengenai tindakan korupsi yang kerap dilakukan dengan penjelasan sebuah gambar yang menarik.

Cara bermain game ini pun cukup sederhana. Anda bermain sebagai tokoh Garuda yang bertugas untuk menyingkirkan para tikus jahat. Dengan senjata bambu, Garuda harus menghalangi langkah para tikus agar tidak bisa melewatinya. 

Berhubung pengembangnya (developer) adalah remaja tanggung tentu harap dimaklumi apabila game ini baru menyediakan tiga level permainan. Sangat terbatas memang, namun menarik untuk mengenalkan pada anak dan remaja tentang upaya mencegah korupsi.

CORRUPTION comes from the verb corrumpere which means rotten, corrupt, destabilize, twisting and bribery.

Literally speaking, corruption is behavior of public officials, either politicians or civil servants, through unreasonable and illegal means to enrich themselves or their close associates, by misusing public authority that had been entrusted upon them.

In a broader sense, corruption is misuse of official position for personal gains. All forms of governmental agencies are prone to corruption. The severity of corruption varies from the smallest in the form of using influence and support to offer and accept assistance, till inducted heavyweight corruption, and others. The last point of corruption is kleptocracy, which literary means government by thieves, where they don’t even pretend to act honest.

Addressing the war against corruption, an anti-corruption game released by itunes.apple.com, which is the creation of an Indonesian youth named Waluyo Rosmansyah, 13, has been packed as a game in 1OS platform mobile phones. This game can be downloaded for free from this website.

In future, the game with Garuda as the main character and called Raid the Rats, will be developed for Android platform.

This game is indeed very interesting. Even Fahma, who was 12 when he began creating this, had showcased this game to Chief of Corruption Eradication Commission (KPK), Abraham Samad.

In addition, this game also delivers several messages calling children to avoid the dangers of corruption. Therefore, this game is equipped with information on corruption act which is often shown through interesting pictures.

This game is also easy to play. You will play as Garuda whose duty is to get rid of the evil rats. Equipped with a bamboo as weapon, Garuda must obstruct the rats from getting through him.

Since the developer is a teenager, it is understandable that this game only offers three game levels. Very limited indeed. But interesting method to introduce corruption prevention efforts to children and adolescents.