Faraday Future FFZero1 Diklaim sebagai Mobil Listrik Masa Depan

Faraday Future Unveils the `Tesla Killer` Its Bizarre 1,000-horsepower Electric Car

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Faraday Future FFZero1 Diklaim sebagai Mobil Listrik Masa Depan
Kepala desain global Faraday Richard Kim menyebut disain mobil ´bukan dari dunia ini´, tapi merujuk pada disain aneh ´garis UFO´. (Foto2: MailOnline)

MOBIL masa depan, menurut Faraday Future, terlihat seperti perpaduan Corvette dengan Batmobile, mobilnya superhero Batman.

Perusahaan yang berbasis di California meluncurkan mobil listrik konsep pada ajang pameran teknologi dunia tahunan, CES yang berfokus pada gadget.

Perusahaan ini meluncurkan produk debutannya yang dinamai FFZero1, tetapi nama lain yang lebih dikenal adalah 'Tesla-killer'.

Wakil presiden senior bidang penelitian dan pengembangan, Nick Sampson, mengatakan ia memperkirakan mobil produksi pertama akan diproduksi dalam dua tahun ke depan.

Mobil FFZero1 bertenaga baterai akan memproyeksikan informasi tentang mobil bukan melalui dashboard tapi mengandalkan aplikasi, kata pihak perusahaan itu.

Dengan merujuk pada bentuk tetesan air mata dan terowongan aerodinamis yang memungkinkan udara mengalir melalui mobil dan mendinginkan baterai, mobil FFZero1 yang ditampilkan bukan dimaksudkan untuk diproduksi, kata Sampson seperti dilansir MailOnline.

"Ini lebih pada ilustrasi dari apa yang mungkin dikembangkan 'dengan teknologi yang mendasarinya saat ini sedang diuji di mobil lain,' katanya.

Mobil berkekuatan 1.000-tenaga kuda mencakup kemampuan untuk melampaui kecepatan 321 kilomter per jam dan berakselerasi dari nol sampai 60mph dalam waktu kurang dari tiga detik.

Kepala desain global Faraday Richard Kim menyebut disain mobil 'bukan dari dunia ini', tapi merujuk pada disain aneh 'garis UFO'.

Faraday telah membajak banyak tenaga berbakat dari perusahaan saingan seperti Tesla dan BMW. Perusahaan, yang berbasis di Gardena, California, di luar Los Angeles, kini memiliki lebih dari 550 karyawan.

Namun, perjalanan bisnisnya tidaklah semulus seperti yang diklaim perusahaan. The Financial Times baru-baru ini mencatat bahwa kepala arsitek baterai Faraday Future hengkang setelah 15 bulan mendukung perusahaan.

Sementara usia perusahaan ini barulah 18 bulan.

THE FUTURE of cars, according to Faraday Future, looks like a Corvette crossed with the Batmobile.

The California-based company unveiled its sleek electric concept during the annual CES show that focuses on consumer gadgets.

The company is dubbing today's debut FFZero1, but others are nicknaming it the 'Tesla-killer'.

The company's senior vice president of research and development, Nick Sampson, says he expects the first production car to be produced in two years.

The battery-powered FFZero1 would project information over the driver's line of sight, the company said.

With its teardrop shape and aerodynamic tunnels that allow air to flow through the car and cool the batteries, the FFZERO1 car shown is not intended to be produced, Sampson added.

'It's more an illustration of what is possible' with its underlying tech currently being tested in other cars, he said.

The 1,000-horsepower FFZero1 includes the ability to exceeed 200mph (321 kph) and accelerate from zero to 60mph in less than three seconds.

Faraday's head of global design Richard Kim called the car something 'not of this world', highlighting the strange 'UFO line' design

Faraday has been poaching talent from rivals such as Tesla and BMW. The company, based in Gardena, California, outside Los Angeles, now has more than 550 employees.

However, the road ahead may not be as smooth as the company claims. The Financial Times recently noted that Faraday Future's chief battery architect had left after 15 months in the role.

The company is only 18 months old.