Ditjen PKH Dorong Penerapan Hasil Kajian Pakan untuk Kemajuan Peternakan

Indonesian Agriculture Ministry Support the Application of Feed Study Results

Reporter : Gusmiati Waris
Editor : Cahyani Harzi
Translator : Dhelia Gani


Ditjen PKH Dorong Penerapan Hasil Kajian Pakan untuk Kemajuan Peternakan
SEMINAR KE-8 HITPI: Direktur Pakan Ditjen PKH Kementan, Sri Widayati [ke-6 kiri] bersama peserta Seminar Nasional ke-8 HITPI di Kupang, NTT [Foto: Humas Ditjen PKH]

Kupang, NTT [B2B] - Kementerian Pertanian RI mendorong hasil kajian pakan dapat diterapkan untuk kemajuan pembangunan peternakan dan kesehatan hewan, khususnya melalui seminar nasional yang merupakan bentuk nyata keterlibatan peran dan kontribusi para ilmuwan dari perguruan tinggi dan peneliti, peternak, pemerintah daerah maupun pemerintah pusat. Hasil Seminar Nasional ke-8 dari Himpunan Ilmuwan Tanaman Pakan Indonesia [HITPI] diharapkan dapat diformulasikan menjadi usulan kebijakan operasional mendukung pengembangan pakan Indonesia.

"Penerapan hasil-hasil kajian para pakar di lapangan ini diharapkan akan dapat mendorong perkembangan tanaman pakan berkualitas pada skala industri," kata Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan [PKH] I Ketut Diarmita yang dibacakan oleh Direktur Pakan Sri Widayati pada Seminar Nasional HITPI ke-8 di Kupang, Nusa Tenggara Timur, belum lama ini.

Ditjen PKH Kementan, kata Dirjen Ketut Diarmita, mengapresiasi penyelenggaraan Seminar Nasional HITPI, maka penerapan hasil-hasil kajian para pakar di lapangan diharapkan akan mendorong perkembangan tanaman pakan berkualitas pada skala industri.

"Pemerintah menilai forum atau seminar ini penting untuk menggali dan menyebarluaskan hasil-hasil penelitian dan kajian kepada stakeholders dan masyarakat dalam pengembangan pakan untuk mendukung kemajuan peternakan dan kesehatan hewan Indonesia ke depan," kata Sri Widayati mengutip arahan I Ketut Diarmita.

Pada kesempatan seminar tersebut, Sri Widayati sangat mengapresiasi kegiatan pemberian pelatihan pembenihan tanaman pakan kepada peternak dan kunjungan lapang ke Poktan Ternak Setetes Madu yang melaksanakan usaha pembenihan tanaman pakan ternak lamtoro tarramba [leucaena leucochepala cv Tarramba] yang akan mengajukan sertifikasi benih, serta Poktan Ternak Kaifo Ingu yang melaksanakan program kemitraan wilayah [PKW].

"Kegiatan-kegiatan seperti ini perlu kita dorong bersama untuk mencapai kesejahteraan peternak Indonesia," katanya.

Ketua Umum HITPI, Luki Abdullah berharap HITPI pada usia kedelapan, melalui seminar ini akan dapat disosialisasikan dan lebih banyak dimanfaatkan hasil kajiannya bagi pengembangan tumbuhan pakan berbasis sumberdaya lokal yang semakin efisien.

Kepala Dinas Peternakan Provinsi NTT, Dany Suhadi mengemukakan harapannya agar ke depan HITPI sebagai mitra pemerintah diharapkan mampu mendorong optimalisasi pemanfaatan dan peran tanaman pakan dalam meningkatkan produktivitas ternak, serta sinergi mendukung program-program pemerintah untuk mewujudkan ketahanan pangan.

Ketua HITPI NTT, Twen Dami Dato, menyampaikan terdapat 91 artikel hasil penelitian yang diplenokan secara pararel dalam rangkaian seminar dari ilmuwan tanaman pakan ternak di Universitas Nusa Cendana, Institut Pertanian Bogor [IPB], Universitas Gadjah Mada [UGM], Universitas Udayana, Universitas Sam Ratulangi, Universitas Mataram, Universitas Jambi, Universitas Andalas, Universitas Papua, dan BPTP Naiboat membahas tanaman pakan, pakan dan nutrisi, produksi dan kesehatan ternak, reproduksi dan pemuliabiakan ternak, pengolahan hasil dan limbah ternak, sosial ekonomi peternakan, dan lingkungan peternakan. 

Kupang of East Nusa Tenggara [B2B] - The Indonesian Agriculture Ministry encourages results of feed studies to be applied to support livestocks and animal health, especially through seminars which are active participation and contributions of academics and researchers, breeders, local and central government, according to senior official of the ministry.