Magang Mahasiswa, Pusdiktan Jajaki Kolaborasi dengan Balithi Litbangtan

Indonesian Agriculture Ministry Developing Vocational Student Internship Program

Editor : M. Achsan Atjo
Translator : Dhelia Gani


Magang Mahasiswa, Pusdiktan Jajaki Kolaborasi dengan Balithi Litbangtan
BALITHI CIANJUR: Kepala Pusdiktan Idha WA [gaun merah] bersama pimpinan Balithi didampingi Kabid Kelembagaan dan Ketenagaan, Inneke Kusumawaty [kanan] dan Kasubbid Pembelajaran, Yudi Astoni [kiri] Foto: Humas Pusdiktan

Cianjur, Jabar [B2B] - Pusat Pendidikan Pertanian [Pusdiktan BPPSDMP Kementan] menjajaki kolaborasi magang mahasiswa Polbangtan dari seluruh Indonesia pada Balai Penelitian Tanaman Hias - Litbang Pertanian Kementan [Balithi Balitbangtan] di Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat untuk meningkatkan kompetensi dan mengembangkan keterampilan teknis untuk menghasilkan tanaman hias bernilai ekonomis.

"Mahasiswa politeknik pertanian Polbangtan maupun PEPI Serpong dapat mengikuti magang di Balithi Cianjur, untuk peningkatan kompetensi dan mengembangkan ketrampilan teknis," kata Kepala Pusdiktan BPPSDMP, Idha Widi Arsanti pada kunjungan kerja di Balithi Cianjur, Jumat [20/9].

Menurutnya, rencana kolaborasi tersebut merupakan upaya memperluas jaringan magang khususnya bagi dosen, pranata laboratorium pendidikan, dan mahasiswa Polbangtan dan PEPI.

Sebagaimana diketahui, Balithi merupakan unit pelaksana teknis [UPT] dari Kementan khusus penelitian tanaman hias, untuk menghasilkan penelitian dan pengembangan tanaman hias varietas unggul di bawah tanggung jawab langsung Kepala Penelitian dan Pengembangan Hortikultura - Balitbangtan.

Beberapa hasil penelitian Balithi adalah varietas unggul tanaman hias seperti anggrek, daun leatherleaf fern, anthurium, bunga krisan, alpinia purpurata, mawar dan lain-lain.

"Balithi juga menawarkan paket teknologi dan pupuk yang dapat diakses langsung oleh masyarakat. Balithi juga menyediakan paket pelatihan seperti bimbingan teknis dan magang," kata Kapusdiktan Idha WA yang akrab disapa Santi didampingi Kabid Kelembagaan dan Ketenagaan Pusdiktan, Inneke Kusumawaty; dan Kasubbid Kurikulum dan Sistem Pembelajaran, Yudi Astoni.

Pimpinan Balithi Cianjur menyambut baik rencana kolaborasi untuk meningkatkan minat belajar dan keterampilan mahasiswa dari tujuh kampus Politeknik Pembangunan Pertanian [Polbangtan] dan PEPI Serpong melalui kegiatan magang di Balithi Cianjur.

Selain di Pacet Cianjur, instalasi penelitian Balithi berada di Cipanas dan Serpong, yang merupakan satu komplek dengan Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI) dibawah binaan BPPSDMP.        

Dalam kunjungan tersebut, Kapusdiktan Santi beserta rombongan didampingi pejabat struktural dan peneliti tanaman hias Balithi meninjau fasilitas kebun penelitian seperti screen house dan ruang aklimatisasi anggrek. [Kodrat]

Cianjur of West Java [B2B] - Indonesian Agriculture Ministry developing an agricultural vocational student internship program with the Cianjur´s Ornamental Plant Research Center in West Java province to improve competence and develop technical skills to produce ornamental plants of economic value to improve competence and develop technical skills to produce decorative plants, according to the senior official of the agriculture ministry.