Drumband Polbangtan YoMa Penyemarak Upacara Kemerdekaan RI di Kementan

Drumband Polbangtan YoMa Celebrate Indonesia`s Independence Day in Jakarta

Editor : M. Achsan Atjo
Translator : Dhelia Gani


Drumband Polbangtan YoMa Penyemarak Upacara Kemerdekaan RI di Kementan
BUSANA DAERAH: Gita Swara Guinandra mengundang perhatian Kepala Pusdiktan BPPSDMP, Idha Widi Arsanti [kebaya merah] foto bareng puluhan anggota didampingi Direktur Polbangtan YoMa, Dr Rajiman [Foto: Asnuri]

Jakarta [B2B] - Denting marching bell berpadu harmoni suara tenore dan senare drum, diseling hentakan dinamis quartom dan gemuruh terompet disusul dentum bass drum, mengikuti gerak dinamis tongkat mayoret yang dimainkan ketua regu drumband.

Semangat patriotisme dari lagu nasional Garuda Pancasila birama 4/4 kian semarak, dengan penampilan dara-dara manis berbusana warna-warni yang berhimpun dalam marching band.

Energik, dinamis dan reaktif tercermin dari aksi drumband dan marching band Gita Swara Guinandra dari mahasiswa/i Polbangtan YoMa meski usianya terbentuk barulah separuh putaran bulan purnama.

Aksi dan kekompakan mahasiswa/i jurusan pertanian Yogyakarta dan jurusan peternakan Magelang tersebut memukau peserta upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-74 di lapangan utama Kementerian Pertanian RI, yang dipimpin Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman selaku inspektur upacara di Jakarta, Sabtu pagi [17/8].

Mentan Amran Sulaiman, para pejabat eselon satu dan seluruh jajaran Kementan di kawasan Ragunan, Jakarta Selatan terkesima pada penampilan Gita Swara Guinandra melantunkan sejumlah lagu kebangsaan.

"Seluruh pemain drumband dan marching band merupakan mahasiswa dan mahasiswi bertalenta, dan telah melalui proses seleksi dari pelatih dan pembina kemahasiswaan sebelum resmi dibentuk pada 4 Agustus lalu," kata Direktur Polbangtan YoMa, Dr Rajiman kepada B2B usai upacara Detik-Detik Proklamasi didampingi Kabag Umum Irwan Johan Sumarno.

Kepala Pusat Pendidikan Pertanian [Pusdiktan BPPSDMP Kementan] Idha Widi Arsanti menyatakan kekagumannya pada aksi Gita Swara Guinandra, meski baru berusia belasan hari ternyata mampu tampil maksimal memperlihatkan koreografi ciamik marching band mengimbangi tembang dinamis lagu kebangsaan yang dimainkan tim drumband.

"Ini adalah kesempatan langka dan luar biasa sekaligus momen yang sangat tepat untuk memperlihatkan hasil jerih payah berlatih keras secara rutin, yang menguras fikiran dan tenaga di sela jadwal rutin perkuliahan," kata Dr Rajiman yang mengenakan busana khas warga Yogyakarta.

Menurutnya, kepercayaan dari Kementan adalah amanah sekaligus tantangan berat bagi Polbangtan YoMa selaku unit pelaksana teknis dari Pusdiktan BPPSDMP di Provinsi Yogyakarta dan Jawa Tengah.

"Gita Swara Guinandra ajang pengembangan bakat dan karakter mahasiswa. Pengenalan ilmu musik, pengalaman berorganisasi, membina kedisiplinan dan akuntabilitas merupakan beberapa manfaat riil dari 48 pemain drumband dan marching band selama beraktifitas dibimbing tiga pelatih nasional dan 19 ofisial," kata Irwan Johan Sumarno selaku Pembina Gita Swara Guinandra. [Asnuri]

Jakarta [B2B] -  The Polbangtan YoMa drumband team, Gita Swara Guinandra already perform to enliven the 74th anniversary of Indonesian Independence on Saturday morning, August 17, 2019 at the head office of Indonesian Agriculture Ministry in Jakarta, the capital of Indonesia.