Peluang Agrowisata, Kepala BPPSDMP Koordinasi Bupati Sukabumi via AWR KostraTani

Indonesia`s Agricultural Extension Connected through the KostraTani

Editor : M. Achsan Atjo
Translator : Dhelia Gani


Peluang Agrowisata, Kepala BPPSDMP Koordinasi Bupati Sukabumi via AWR KostraTani
CLOUD MEETING: Kepala BPPSDMP Prof Dedi Nursyamsi [jas hitam] melakukan video conference dengan Bupati Sukabumi Marwan Hamami didampingi Kapusluhtan Leli Nuryati [foto kanan] Foto2: Humas BPPSDMP Kementan

Jakarta [B2B] - Kepala BPPSDMP Kementan, Prof Dedi Nursyamsi melalui Agricultural War Room [AWR] di Kementan, Jakarta, Rabu pagi [15/1], menyapa para penyuluh dan petani di Kabupaten Sukabumi didampingi Bupati Marwan Hamami di Agriculture Operation Room [AOR] di Sukabumi. Teknologi AWR digagas Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo [SYL] untuk mendukung pengembangan pertanian ´maju, mandiri, modern´  melalui Komando Strategis Pembangunan Pertanian [KostraTani].

Dedi Nursyamsi mengingatkan tentang potensi pengembangan agrowisata di Kabupaten Sukabumi sebagai peluang pengembangan ekonomi daerah, dengan melibatkan peran petani didukung penyuluh pertanian. Pemerintah RI melalui Kementerian Pertanian RI akan mendukung kredit usaha rakyat [KUR] dengan bunga rendah, 6% per tahun tanpa agunan untuk pinjaman di bawah Rp50 juta.

“Sukabumi sangat potensial untuk agrowisata kita bisa membangun bersama agrowisata andalan dari Sukabumi. Pemerintah melalui Kementan akan mendukung pembiayaan melalui KUR, yang akan di-support hingga mampu ekspor komoditas pertanian berkelanjutan," kata Dedi Nursyamsi di Kementan Jakarta.

Tampak hadir mendampingi Kepala BPPSDMP Kementan di Jakarta adalah Kasubbag IT Pusdatin, Eko Nugroho; Kasubbag Iinformasi dan Materi Penyuluhan - Pusluhtan, Septalina Pradini dan Kasubbag Humas BPPSDMP Djayawarman Alamprabu. Sementara di Sukabumi, Bupati Marwan Hamami didampingi Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian [Pusluhtan BPPSDMP] Leli Nuryati.

Menurut Kepala BPPSDMP, KostraTani terhubung dengan lebih dari 400 KostraTani di kecamatan, 100 Kostrada di kabupaten, dan 34 Kostrawil di seluruh provinsi, dan pada 2020 AWR pada KostraTanas di Kementan akan terhubung ke 5.646 Kostratani.

"KostraTani digagas Mentan SYL untuk  memberdayakan peran strategis balai penyuluhan pertanian atau BPP di tingkat kecamatan, didukung teknologi informasi dan komputasi 4.0 sehingga koordinasi dan pendataan untuk mendukung peningkatan daya saing petani melalui cloud meeting," kata Dedi Nursyamsi.

Bupati Marwan Hamami menyambut baik pengembangan agrowisata di Sukabumi, misalnya setiap September ada festival bunga, maka dengan adanya KUR dapat mendorong pengembangan usaha petani untuk terus melakukan budidaya dengan baik hingga membuka peluang ekspor komoditas pertanian.

"Teknologi komunikasi mengubah wajah pertanian Indonesia, membuka tidak hanya kesempatan tapi juga imajinasi bagi petani untuk berinovasi menjadi pengusaha pertanian milenial," kata Bupati Marwan Hamami yang didampingi Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian [Pusluhtan BPPSDMP] Leli Nuryati.

Jakarta [B2B] - The Indonesian Agriculture Ministry to disseminate the development of agricultural extension centers at the sub-district level [BPP] into the center of Indonesian agricultural development [KostraTani] across the country, according to senior official of the ministry.