Peminat 2.221, Polbangtan YoMa Kukuhkan 315 Mahasiswa dari 21 Provinsi

Indonesia`s Polbangtan YoMa Inaugurated 315 Students of Agricultural Polytechnic

Editor : M. Achsan Atjo
Translator : Dhelia Gani


Peminat 2.221, Polbangtan YoMa Kukuhkan 315 Mahasiswa dari 21 Provinsi
KAMPUS MAGELANG: Pengukuhan di kampus jurusan peternakan; Direktur Dr Rajiman dan Wadir I Dr Ananti Yekti memegang berita acara didampingi Wadir II drh Yudiani Rina Kusuma dan Wadir III Teguh Susilo S.Pt, M [Foto2: Humas]

Magelang, Jateng [B2B] - Setelah mengikuti masa bimbingan dasar mahasiswa [Mabidama] selama tujuh hari [2 - 7 September], 315 calon mahasiswa dari 21 provinsi dikukuhkan sebagai mahasiswa baru oleh Direktur Polbangtan YoMa, Dr Rajiman di kampus jurusan peternakan, Magelang pada Senin pagi [9/9], yang ditandai pengukuhan dengan penandatanganan berita acara dan penyematan jas almamater kepada perwakilan mahasiswa/i.

"Mahasiswa baru harus belajar sungguh-sungguh. Siap tempur dalam persaingan pertanian global ke depan, yang mengandalkan mekanisasi pertanian dan digitalisasi di era 4.0. Jadilah inovator pertanian modern," kata Dr Rajiman dalam arahannya di hadapan 175 mahasiswa/i jurusan pertanian berkampus di Yogyakarta dan 140 mahasiswa/i jurusan peternakan di Magelang.

Menurutnya, pembangunan SDM pertanian unggul dan bersaing adalah kebijakan Presiden RI Joko Widodo dalam lima tahun ke depan. Kementan dalam hal ini BPPSDMP, tupoksi-nya adalah menciptakan SDM unggul yang mendukung penyediaan pangan bagi seluruh rakyat Indonesia, maka ke-315 mahasiswa baru Polbangtan YoMa akan menjadi bagian dari pembangunan pertanian nasional ke depan.

Dr Rajiman mengutip arahan Mentan Amran Sulaiman dan Kepala BPPSDMP Kementan, Prof Dedi Nursyamsi, mengharapkan seluruh mahasiswa Polbangtan YoMa dapat menjadi ´pendekar-pendekar pertanian´ yang berfikir revolusioner dan bekerja out of the box untuk menghasilkan produksi pertanian dengan produktivitas dan berkualitas tinggi.

"Mari kita wujudkan harapan Presiden dan Mentan agar Indonesia dapat merealisasikan impiannya menjadi lumbung pangan dunia 2045. Tanggung jawab tersebut di pundak kalian sebagai serdadu pangan di era pertanian 4.0," katanya.

Dr Rajiman mengingatkan bahwa ke-315 mahasiswa baru yang terdiri atas 134 pria dan 181 wanita adalah hasil 'seleksi ketat' dari beberapa tahapan seleksi untuk menjaring yang terbaik dari 2.221 pendaftar, kemudian tersaring 1.092 orang yang dinyatakan lolos berkas atau administrasi, dan akhirnya terjaring 315 mahasiswa yang layak mengenakan jaket almamater kebanggaan Polbangtan YoMa.

"Jangan sia-siakan perjuangan kalian untuk dapat berdiri di sini. Pagi ini bersama seluruh civitas academica Yogyakarta dan Magelang. Jadilah sosok yang membanggakan orangtua dan keluarga agar kelak lulus dari sini sebagai petani milenial berorientasi ekspor. Bukan sekadar ingin menjadi PNS tapi jadilah job creator dan job seeker yang membanggakan bangsa dan negara," kata Dr Rajiman.

Tampak hadir Wakil Direktur I Dr Ananti Yekti, Wakil Direktur II drh Yudiani Rina Kusuma MP; Wakil Direktur III Teguh Susilo S Pt, MSi, para lektor kepala, para dosen dan pejabat struktural antara lain Kabag Umum Irwan Johan Sumarno serta pejabat fungsional. [Asnuri]

Magelang of Central Java [B2B] - After following a seven-day basic tutoring period [2 - 7 September], 315 prospective students of 21 provinces was inaugurated as the new students by the Director Polbangtan YoMa, Dr. Rajiman in Magelang campus on Monday morning [September 9].