10 Truk Bantuan, Mentan SYL: "Instruksi Presiden, Negara Hadir untuk Rakyat"

Indonesian Agriculture Minister Help the Flood Victims in Capital City

Reporter : Gusmiati Waris
Editor : Cahyani Harzi
Translator : Dhelia Gani


10 Truk Bantuan, Mentan SYL: "Instruksi Presiden, Negara Hadir untuk Rakyat"
KECAMATAN CILINCING: Mentan Syahrul Yasin Limpo [kiri] menyerahkan bantuan kepada warga terdampak banjir di Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara [Foto: Biro Humas Kementan]

Jakarta [B2B] - Sekitar 10 truk bantuan kemanusiaan bergerak dari Kementerian Pertanian RI menuju lima titik banjir di Jabodetabek, Sabtu pagi [4/1]. Pagi hari yang sama, Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo [SYL] menyerahkan secara simbolis bantuan Kementan kepada korban banjir di kantor Kecamatan Cilincing, Jakarta Utara.

"Saya sebagai menteri pertanian menindaklanjuti instruksi Presiden Joko Widodo agar negara hadir di tengah masyarakat dalam suasana seperti banjir atau bencana seperti saat ini, sehingga masyarakat mengetahui jika negara siap membantu mereka," kata Mentan SYL saat menyerahkan bantuan untuk korban banjir di Jakarta Utara.

SYL selaku mantan Gubermur Sulawesi Selatan mengakui sudah koordinasi dengan Gubernur DKI Jakarta Anis Baswedan untuk mendapatkan titik-titik lokasi yang akan mendapat bantuan. Titik lokasi dimaksud antara lain, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Barat serta Tangerang Selatan.

"Saya berharap ini menjadi keprihatinan nasional, ini panggilan kenegaraan, ini panggilan bangsa dan kita semua turun tangan, minimal memberikan dukungan moral positif kepada masyarakat yang terkena banjir saat ini," kata Mentan SYL menyerahkan bantuan untuk warga Kelurahan Sukapura, Semper Barat, Cilincing dan Dodokan.

Ke-10 truk bantuan kemanusiaan Kementan disebar pada lima titik yakni empat truk untuk Jakarta Utara, tiga truk ke Tangerang Selatan, satu truk menuju Jakarta Timur, satu truk ke Jakarta Selatan, satu truk ke Jakarta Barat. Truk bantuan tersebut berisikan sembako, selimut, sarung, pampers, handuk, biskuit, air mineral, mie instan dan satu truk dari Pertani selaku mitra kerja berisikan beras 2,5 ton.

Sekretaris Kota Jakarta Utara, Desi Putra mengapresiasi bantuan Kementan, karena tidak hanya membantu kebutuhan pangan, tetapi juga membangun kolaborasi semua pihak untuk turut berpartisipasi membantu warga yang terdampak banjir.

"Berkat kerja sama dan kolaborasi ini tidak hanya masyarakat yang terlibat, namun pemerintah bersama-sama saling membantu untuk musibah ini. Kami berharap bantuan ini menjadi berkah buat bapak, ibu dan anak-anak dari Kementan," katanya.

Desi Putra menambahkan sekitar 17 dari 31 kelurahan di Jakarta Utara dilanda banjir sementara Kecamatan Cilincing, lima dari tujuh kelurahan terdampak banjir, saat ini hanya satu kelurahan yang masih tergenang banjir dan menunggu surut yakni Kelurahan Rorotan.

"Akibat banjir, sekitar 2.699 warga Cilincing terpaksa mengungsi, besok [Minggu] sudah akan dilakukan pembersihan sisa-sisa banjir," katanya.

Jakarta [B2B] - Indonesian Agriculture Minister, Syahrul Yasin Limpo helping flood victims in a number of districts in Jakarta province, while flood affected areas hit the five districts.