Petani Milenial, Penyuluh dan Mahasiswa Antusias Ikuti Bimtek 4.0 BPTP Kaltim

Indonesia`s East Borneo Farmers are Invited to Use Information Technology

Editor : M. Achsan Atjo
Translator : Dhelia Gani


Petani Milenial, Penyuluh dan Mahasiswa Antusias Ikuti Bimtek 4.0 BPTP Kaltim
PESERTA ANTUSIAS: Hampir 100 peserta mengikuti Bimtek 4.0 yang digelar di Samarinda [kiri atas]; Kepala BPPTP Kaltim, Mohammad Amin membuka kegiatan Bimtek [kanan atas] dan sebagian peserta [Foto2: Humas BPTP Kaltim]

Samarinda, Kaltim [B2B] - Sejumlah petani, penyuluh, pemuda tani dan mahasiswa dari seluruh Provinsi Kalimantan Timur guyub pada kegiatan bimbingan teknis [Bimtek] pemanfaatan teknologi informasi [IT] bertajuk ´Gerakan Petani Milenial: di Era Industri Pertanian 4.0´, yang digelar oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian - Balitbangtan [BPTP Kaltim] bekerjasama dengan Dinas Perkebunan Pemprov Kaltim di Samarinda, Kamis [7/11].

"Bimtek dengan tema besar 4.0 bertujuan mendorong pertanian di Kaltim semakin maju melalui pemanfaatan IT, khususnya di kalangan petani milenial, penyuluh dan kelompok tani maupun mahasiswa," kata Kepala BPTP Kaltim, Muhammad Amin dalam sambutannya saat membuka Bimtek 4.0 yang berlangsung satu hari.

Menurutnya, petani milenial harus mampu memanfaatkan IT sebagai sumber informasi teknologi pertanian, sehingga memiliki daya saing dalam mendukung sekaligus mewujudkan ´kemandirian pangan´ yang menjadi target pemerintah untuk memenuhi kebutuhan pangan seluruh rakyat.

Muhammad Amin menambahkan bahwa Kementerian Pertanian RI berupaya memperbaiki infrastruktur pertanian, termasuk IT agar daerah terkoneksi jaringan internet sehingga dapat dimanfaatkan oleh para penyuluh pertanian di lapangan maupun petani milenial dalam mengakses berbagai IT di sektor pertanian.

"Semoga ke depan, di era revolusi industri 4.0, pertanian akan semakin maju dan kaum milenial mampu melakukan pengelolaan pertanian secara maksimal memanfaatkan. Generasi milenial adalah harapan kita untuk membangkitkan sektor pertanian sebagai penopang utama ekonomi nasional," katanya.

Sementara Kabid Pengembangan Komoditi Dinas Perkebunan Pemprov Kaltim, Bambang Fallah mengingatkan seluruh peserta untuk memanfaatkan kegiatan Bimtek 4.0 semaksimal mungkin, karena hanya mereka yang menguasai teknologi akan memenangkan persaingan di era global.

"Kegiatan ini sangat tepat diadakan oleh BPTP Kaltim bersama Pemprov Kaltim, untuk mengetahui kendala yang dihadapi petani, penyuluh dan pemuda tani serta mahasiswa di era milenial," kata Bambang Fallah.

Peserta Bimtek juga menyambut antusias paparan Dani Medionovianto, Penyuluh Senior Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian [BBP2TP].

Materi Bimtek 4.0 terkait dukungan dinas perkebunan dalam gerakan petani milenial; peran Balitbangtan dalam mendukung program strategis Kementan menuju pertanian 4.0; peran perguruan tinggi terhadap revolusi industri pertanian 4.0; dukungan Balitbangtan terhadap informasi dan diseminasi inovasi teknologi menuju Pertanian 4.0; dan  budidaya tanaman perkebunan dan hortikultura. [Etha]

Samarinda of East Borneo [B2B] - Some farmers, agriculture extensionists, farm youth and college students across the province of East Borneo participated in the technical guidance of utilization of information technology in in the provincial capital, Thursday [November 7].