Wahana Edukasi, BPTP Kaltim `Upgrade` Fungsi Kebun Percobaan Samboja

Indonesian Govt Increase Capacity of Center for Agricultural Technology Innovation

Editor : M. Achsan Atjo
Translator : Dhelia Gani


Wahana Edukasi, BPTP Kaltim `Upgrade` Fungsi Kebun Percobaan Samboja
BIMTEK MAHAKAM ULU: Para peserta setelah pembukaan, Kepala BPTP Kaltim Muhammad Amin [kanan], Kasie KSPP Margaretha T menerima cenderamata dari peserta Bimtek [Foto2: Humas BPTP Kaltim]

Samarinda, Kaltim [B2B] - Fungsi dan peran ´kebun percobaan´ yang dikembangkan Balai Penelitian dan Pengembangan Pertanian - Kementerian Pertanian RI [Balitbangtan] di seluruh Indonesia dikembangkan menjadi Instalasi Penelitian dan Pengkajian Teknologi Pertanian [IP2TP], hal itu mendorong Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Kalimantan Timur [BPTP Kaltim] melakukan upgrade Kebun Percobaan Samboja menjadi wahana edukasi dan show window inovasi teknologi pertanian.

Eksistensi IP2TP dimanfaatkan oleh BPTP Kaltim dan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian [DKPP] Pemkab Mahakam Ulu sebagai sarana kegiatan bimbingan teknis [Bimtek] selama tiga hari, akhir Maret lalu, yang diikuti oleh petani, penyuluh pertanian dan pendamping dinas Mahakam Ulu.

"Materi utama Bimtek adalah pembuatan pestisida dan pupuk organik didukung materi lain seperti penerapan Jajar Legowo 2:1 dan Turiman, budidaya jamur tiram, pengenalan varietas unggul benih padi, pola tanam, dinamika penyuluhan, dan optimalisasi media sosial untuk penderasan diseminasi teknologi pertanian," kata Kepala BPTP Kaltim, Muhammad Amin dalam arahannya yang dibacakan Peneliti BPTP Kaltim, Nurbani saat pembukaan Bimtek.

Muhammad Amin menambahkan IP2TP berperan strategis sebagai laboratorium alam untuk para peneliti melakukan eksprimen, memelihara dan merawat tanaman percobaan, perencanaan kegiatan penelitian dan kebun percobaan sebagai perencanaan operasional untuk menindaklanjuti perencanaan strategis yang telah disusun Balitbangtan.

Sekretaris DKPP Pemkab Mahakam Ulu, Anye Laing mengapresiasi BPTP Kaltim yang berkenan menyediakan IP2TP menjadi destinasi peningkatan kapasitas SDM pelaku pertanian, sehingga di kemudian hari tidak perlu jauh-jauh melakukan Bimtek.

Sementara Kasie Kerjasama Penelitian dan Pengkajian BPTP Kaltim, Margaretha Tarigan mengatakan Bimtek di IP2TP Samboja membuka peluang kerjasama dengan para pemangku kepentingan, dan menjadi kehormatan bagi BPTP Kaltim mendapatkan kepercayaan dari para pemangku kepentingan seperti halnya DKPP Mahakam Ulu. [Etha]