Muna Mandiri Pangan, Kementan Alokasi Benih Jagung 10 Ribu Hektar

Indonesian Govt Provides 10.000 hectares of Free Corn Seeds for Muna District

Reporter : Gusmiati Waris
Editor : Cahyani Harzi
Translator : Dhelia Gani


Muna Mandiri Pangan, Kementan Alokasi Benih Jagung 10 Ribu Hektar
KUNJUNGAN KERJA: Mentan Amran Sulaiman memberi arahan didampingi Dirjen Perkebunan Kasdi Subagyono dan Staf Ahli Menteri Bambang WD [Foto: Biro Humas Kementan]

Muna, Sultra [B2B] - Kementerian Pertanian RI menyediakan benih jagung gratis untuk luasan 10.000 hektar di Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara serta memfasilitasi pengembangan ayam kampung KUB dan kambing integrasi, diharapkan petani dan pemerintah daerah dapat mengelola bantuan tersebut secara maksimal.

"Kabupaten Muna harus menjadi wilayah mandiri pangan. jangan sampai ada sejengkal tanah yang tidak dimanfaatkan. Jangan sampai ada air mengalir di bumi ini yang tidak termanfaatkan untuk pertanian. Tanamlah sayur. Pelihara ayam. Gizi generasi muda  harus lebih baik,” kata Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman pada kunjungan kerja di Muna, Selasa [28/5].

Mentan juga menyoroti permasalahan SDM pertanian yang menjadi kunci keberhasilan pembangunan pertanian Indonesia ke depannya, yang diyakininya dapat berkembang berkembang menjadi wilayah maju apabila seluruh elemen masyarakat bergerak bersama.

“Bapak Ibu berhak menjadi agen perubahan di Muna. Mau mengubah Muna, jangan tunggu malaikat dari langit. Kuatkan tekad di hati, kalau kita bisa mengubah Muna,” kata Amran Sulaiman.

Muna of Southeast Sulawesi [B2B] - Indonesian Agriculture Ministry provides free corn seeds for 10,000 hectares in Muna district, Southeast Sulawesi province and facilitate development of poultry and goats, so that farmers and local governments are expected to manage the central government´s assistance optimally.