Penyuluh Swadaya Dukung Petani Bawang Putih Muara Enim Tingkatkan Produksi

Indonesian Agricultural Extension Supports Development of Garlic

Editor : M. Achsan Atjo
Translator : Dhelia Gani


Penyuluh Swadaya Dukung Petani Bawang Putih Muara Enim Tingkatkan Produksi
Pemerintah pada 2018 mendukung pengembangan lahan bawang putih 35 hektar yang dibudidayakan kelompok tani [Poktan] Sukatani di Desa Segamit, Kecamatan Semende Barat [Foto: Humas Pusluhtan]

Muara Enim, Sumsel [B2B] - Penyuluh swadaya H Alamseh mengharapkan dukungan pelatihan budidaya bawang putih bagi petani Kecamatan Semende Barat Ulu mengembangkan potensi tanaman hortikultura tersebut, untuk memenuhi kebutuhan konsumsi di Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan dari potensi lahan seluas 75 hektar. 

Pemerintah pada 2018 mendukung pengembangan lahan bawang putih 35 hektar yang dibudidayakan kelompok tani [Poktan] Sukatani di Desa Segamit, Kecamatan Semende Barat.

"Sehubungan akan adanya kegiatan pengembangan bawang putih yang dialokasikan di wilayah Semende sekitar 75 hektar untuk mendukung peningkatan produksi tahun ini, tentunya pelatihan budidaya bawang putih untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas produksi," kata H Alamseh yang juga Ketua Poktan Sukatani di Desa Segamit, Semende Barat, belum lama ini.

Sebagaimana diketahui, Desa Segamit merupakan daerah dataran tinggi di bagian barat daya dari rangkaian pegunungan Bukit Barisan, yang sangat cocok untuk pengembangan tanaman bawang putih. 

Menurutnya, uji coba pengembangan tanaman bawang putih telah dilakukan pemerintah pada 2018 oleh Poktan Sukatani seluas 35 hektar. Varietas yang dikembangkan adalah lumbu hijau, namun produktivitasnya masih tergolong rendah dan belum memuaskan, barulah 2,5 ton per hektar padahal potensi produksinya cukup tinggi sekitar 8 - 10 ton umbi kering per hektar.

"Tentunya, akan adanya kegiatan pengembangan bawang putih yang dialokasikan di wilayah Selemande sekitar 75 hektar untuk mendukung peningkatan produksi 2019 harus didukung kegiatan pelatihan budidaya bawang putih," kata H Alamseh seperti dilansir Pusat Penyuluhan Pertanian [Pusluhtan BPPSDMP Kementan]. [Nurjanah]

Muara Enim of South Sumatera [B2B] - Agricultural extension workers in South Sumatra province expect support for garlic cultivation training for farmers in Semende Barat Ulu subdistrict of Muara Enim district to increase the productivity and quality of garlic production.