Teladan Sektor Pertanian Hadiri Sidang Tahunan MPR/DPR/DPD 2019

Indonesia`s Best Farmers are `Special Guests` at the Senayan Parliament Building

Editor : M. Achsan Atjo
Translator : Dhelia Gani


Teladan Sektor Pertanian Hadiri Sidang Tahunan MPR/DPR/DPD 2019
PETANI BERPRESTASI: Sekretaris BPPSDMP Kementan, Siti Munifah [hijab biru] menjawab pers didampingi Kapusluhtan Leli Nuryati; Kabid I Wayan Ediana [kanan] dan Kabid Joko Samiyono [kiri] Foto: B2B/Mac

Jakarta [B2B] - Jumat pagi [16/8] selepas Shalat Subuh, 30 teladan nasional sektor pertanian dari tujuh kategori yang berasal dari 26 provinsi menguak pagi buta Jakarta dengan sukacita menuju Gedung MPR/DPR/DPD Senayan, Jakarta untuk menghadiri Pidato Kenegaraan Presiden RI Joko Widodo pada Tahun Sidang 2019 di hadapan wakil rakyat dan senator, sebagai bagian dari rangkaian kegiatan penerima penghargaan dari Kementerian Pertanian RI.

Sebelum menuju Senayan, ke-30 teladan pertanian mengikuti silaturahim dengan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian - Kementerian Pertanian RI [BPPSDMP Kementan] Prof [R] Dedi Nursyamsi yang diwakili Sekretaris BPPSDMP Kementan, Siti Munifah didampingi Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian [Pusluhtan BPPSDMP] Leli Nuryati pada Kamis malam [15/8].

"Mereka adalah SDM pertanian terbaik 2019 yang layak menjadi suri tauladan bagi pelaku utama pertanian lainnya. Namun harap diingat, sebutan teladan memberikan tanggung jawab besar bagi penerima penghargaan," kata Siti Munifah kepada pers didampingi Leli Nuryati.

Pemberian penghargaan pertanian tingkat nasional 2018 merupakan bentuk apresiasi dan motivasi dari Pemerintah RI oleh Kementerian Pertanian. Para teladan terbagi tujuh kategori berprestasi kepada petani, penyuluh pertanian, gabungan kelompok tani (Gapoktan), kelembagaan ekonomi (KEP), balai penyuluhan pertanian (BPP), pusat pelatihan pertanian pedesaan swadaya (P4S) dan dosen.

"Kehadiran para teladan pertanian di Jakarta merupakan wujud apresiasi Kementan terhadap prestasi yang telah mereka torehkan dalam mendukung pembangunan pertanian," kata Prof Dedi Nursyamsi seperti dikutip Siti Munifah saat membuka kegiatan Penghargaan Nasional 2019, Kamis malam [15/8].

Petani Milenial
Penetapan 30 teladan berprestasi sektor pertanian ditetapkan melalui  Keputusan Menteri Pertanian  No 557/KPTS/KP.590/M/8/2019 tanggal 13 Agustus 2019 tentang petani berprestasi, gabungan kelompok tani berprestasi, kelembagaan ekonomi petani berprestasi, penyuluh pertanian teladan dan balai penyuluhan pertanian [BPP] berprestasi 2019.

Kepala Pusluhtan, Leli Nuryati mengatakan kegiatan penghargaan diharapkan memotivasi generasi muda di seluruh Indonesia untuk kembali ke sawah dan ladang menjadi petani modern di era milenial.

"Para teladan sektor pertanian dapat menjadi motivator masyarakat pedesaan, khususnya generasi muda bahwa pertanian di era milenial tidak memiskinkan tetapi meningkatkan kesejahteraan, karena didukung mekanisasi pertanian yang menjadi kebijakan dan komitmen Mentan Amran Sulaiman untuk mengembangkan pertanian modern di era 4.0," kata Leli Nuryati dalam sambutannya.

Pemerintah RI memberikan kesempatan kepada para teladan pertanian dan teladan dari sektor lain untuk menghadiri Pidato Kenegaraan Presiden RI Joko Widodo pada Tahun Sidang 2019 di Gedung MPR/DPR/DPD Senayan pagi ini, Jumat [16/8] dan malam harinya, menjelang Sabtu dini hari [17/8] mengikuti Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan - TMP Kalibata.

Puncak kegiatan mereka adalah menghadiri peringatan HUT Kemerdekaan RI di Istana Merdeka pada Jumat pagi (17/8) dilanjutkan penyerahan penghargaan dari Mentan Amran Sulaiman. Kegiatan diakhiri silaturahim dengan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla di Istana Negara beserta Kabinet Kerja pada Sabtu [18/8].

Tampak hadir sejumlah pejabat eselon tiga dan empat Pusluhtan BPPSDMP Kementan di antaranya Kabid Penyelenggaraan Penyuluhan, I Wayana Ediana; Kabid Program dan Evaluasi Penyuluhan, Rizal Fakhriza; Kabid Kelembagaan dan Ketenagaan Penyuluhan, Joko Samiyono; Kasubbid Informasi dan Materi Penyuluhan, Septalina Pradini; Kasubbid Pemberdayaan Kelembagaan Petani, Yoyon Haryanto; Kasubbid Ketenagaan Penyuluhan, Welly Nugraha; Kasubbid Kelembagaan Penyuluhan, Purnomojati Anggoroseto;  Kasubbid Evaluasi Penyuluhan Hafsah Husas' dan Kabid Kelembagaan dan Ketenagaan Pelatihan - Puslatan, Eka Herissuparman. [Liene]

Jakarta [B2B] - Around 30 of the best people inth the Indonesian agricultural sector claimed to be enthusiastic and proud to attend the 2019 parliamentary annual session in Jakarta, Friday morning (August 16) as part of series of activities to commemorate the 74th Indonesian Independence.