Kebakaran Terbesar dalam Sejarah Los Angeles, Ratusan Penduduk Dievakuasi

Largest Wildfire in Los Angeles History has Exploded to over 8,000 acres since Friday

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Kebakaran Terbesar dalam Sejarah Los Angeles, Ratusan Penduduk Dievakuasi
Pihak berwenang memperingatkan angin tak menentu yang akan memaksa mereka untuk memperluas zona evakuasi (Foto2: MailOnline)

KEBAKARAN terbesar dalam sejarah Los Angeles, AS melanda ribuan hektar tanah dan penduduk harus dievakuasi dari rumah-rumah mereka untuk menghindari jatuhnya korban jiwa.

Kebakaran yang dijuluki La Tuna Fire terjadi di ngarai, telah membakar 8.000 hektar tanah, dan memicu gelombang panas di daerah tersebut bersamaan dengan kencangnya angin yang tidak menentu semakin mempersulit petugas pemadam kebakaran yang berupaya mengendalikan kobaran api.

Kebakaran tersebut bermula pada Jumat dan memaksa penutupan sebagian dari Freeway, sebuah jalan raya utama. Jalan bebas hambatan 210 ditutup antara Glendale Freeway dan Sunland Boulevard.

Tidak jelas kapan jalan bebas hambatan akan benar-benar dibuka kembali, menurut LA Times.

Kobaran api bermula dari areal satu hektar yang terbakar pada Jumat sebelum meluas.

Kebakaran besar tersebut membuat pihak berwenang mengevakuasi lebih dari 700 rumah di kawasan Los Angeles utara dan di dekat Burbank dan Glendale, kata beberapa pejabat.

Kebakaran hutan di tepi utara Los Angeles meluas pada Sabtu menjadi apa yang disebut oleh walikota sebagai kebakaran terbesar dalam sejarah kota tersebut.

"Kami tidak dapat mengingat sesuatu yang lebih besar," kata Kepala Pemadam Kebakaran Los Angeles Ralph Terrazas kepada pers pada Sabtu.

"Prioritas kami adalah menyelamatkan orang dan menyelamatkan harta benda," kata Terrazas, menurut LA Times.

"Ada banyak bahan bakar yang tidak terbakar di daerah ini," tambahnya, mencatat bahwa ini adalah kebakaran pertama di daerah tersebut dalam 33 tahun terakhir.

Kebakaran di kuas tebal yang tidak terbakar dalam beberapa dasawarsa perlahan-lahan merayap menuruni hutan lebat di lereng bukit pada Sabtu menuju kawasan pemukiman, dengan suhu udara mendekati 100 derajat, kata Departemen Pemadam Kebakaran Los Angeles.

Pihak berwenang memperingatkan angin tak menentu yang akan memaksa mereka untuk memperluas zona evakuasi, setelah kebakaran menghancurkan satu rumah di Los Angeles pada Sabtu seperti dilansir MailOnline.

THE LARGEST fire in Los Angeles history is engulfing thousands of acres of land and forcing residents to evacuate homes throughout the county.

The fire, dubbed the La Tuna Fire after the canyon where it erupted, has already burned through 8,000 acres of land, and the heatwave in the area along with erratic winds are proving major obstacles for firefighters trying control the blaze.

The fire broke out Friday and has already forced the partial closure of the 210 Freeway, a major thoroughfare. The 210 is closed between the Glendale Freeway and Sunland Boulevard.

It's unclear when the freeway will completely reopen, according to the LA Times.

The blaze started with just one acre of brush on Friday.

The enormous blaze led authorities to evacuate more than 700 homes in a north Los Angeles neighborhood and in nearby Burbank and Glendale, officials said.

The wildfire on the northern edge of Los Angeles rapidly grew on Saturday into what the mayor called the largest blaze in the city's history.

'We can't recall anything larger,' Los Angeles Fire Department Chief Ralph Terrazas during a 10am news conference Saturday.

'Our priority is saving people and saving property,' Terrazas said, according to the LA Times. 

'There is a lot of un-burned fuel in this area,' he added, noting this is the first fire in the area in 33 years.

Fire in thick brush that has not burned in decades was slowly creeping down a rugged hillside on Saturday toward houses, with temperatures in the area approaching 100 degrees, the Los Angeles Fire Department said in an alert.

Authorities warned of erratic winds that could force them to widen the evacuation zone, after the fire destroyed one house in Los Angeles on Saturday.