Fender Stratocaster, Gitar Listrik yang Lahirkan Jutaan `Riffs`

The Guitar that Launched a Million Riffs



LEO FENDER menciptakan gitar Stratocaster pertama pada 1954. Gitar perdananya menampilkan desain double cutaway dengan tanda tangan dan bodi berkontur.

Dirancang oleh Leo Fender di sebuah bengkel kecil di Fullerton, California, enam dekade yang lalu, dan telah digunakan oleh semua genre musik di seluruh dunia dari reggae ke rock dan pop dan merupakan satu-satunya gitar yang menantang Gibson Les Paul untuk mendapatkan popularitas.

Saat ini gitar dibuat dengan tangan di pabrik Fender di Corona, California. Setiap Stratocaster mengawali kehidupan dari potongan kayu abu yang panjang dan tipis yang dibentuk menjadi leher gitar dengan mesin, sebelum dipadukan dengan kayu rosewood untuk fret board seperti dilansir MailOnline.

LEO FENDER created the first Stratocaster in 1954. It featured a signature double cutaway design and contoured body.

Designed by Leo Fender in a small workshop in Fullerton, California, six decades ago, it has been used in all genres from country to reggae, and from rock to pop and was the only guitar to challenge the Gibson Les Paul for popularity.

Today the guitars are built by hand in Fender's factory in Corona, California. Each Stratocaster starts life as a long, thin piece of ash wood which is shaped into a neck by machine, before being hand laid with either more ash or rosewood for the fret board. (Pictures of MailOnline)