Mahasiswi Polbangtan Bogor Sabet Gelar Putri Kampus Persahabatan 2022
Millennial Farmers Development are the Target of Indonesia`s Polbangtan Bogor

Editor : Cahyani Harzi
Translator : Dhelia Gani
Kamis, 26 Mei 2022
POLBANGTAN BOGOR: Mahasiswi Polbangtan Bogor Bogor, Salsabila Natasya Putri [kanan] meraih gelar Puteri Kampus Indonesia Persahabatan 2022 pada ajang Pemilihan Putra Putri Kampus Indonesia 2022 mewakili Jawa Barat.

Surabaya, Jatim [B2B] - Mahasiswi Polbangtan Bogor Bogor kembali menorehkan prestasi tidak hanya di bidang akademik, juga non akademik. Salsabila Natasya Putri  Mahasiswi Tingkat II Program Studi [Prodi] Agribisnis Hortikultura tersebut meraih gelar Puteri Kampus Indonesia Persahabatan 2022 pada ajang Pemilihan Putra Putri Kampus Indonesia 2022 mewakili Provinsi Jawa Barat.

Ajang bergengsi mahasiswa seluruh Indonesia ini dilaksanakan di Surabaya, Jawa Timur, belum lama ini, yang merupakan suatu wadah bagi mahasiswa untuk bergerak di bidang polteksosbud sebagai wujud cinta tanah air dan budaya lokal oleh masing-masing provinsi yang diwakili.

Seperti giat talenta pada umumnya, rangkaian pemilihan ini diawali dengan karantina peserta perwakilan sejak 18 Maret 2022, yang diikuti Salsabila Natasya Putri mewakili Politeknik Pembangunan Pertanian [Polbangtan] binaan Kementerian Pertanian RI.

Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo mendorong siswa/mahasiswa pendidikan vokasi binaan Kementan meraih prestasi akademik dan non akademik agar pengetahuan dan wawasan serta pengalaman kian lengkap mendukung pembangunan pertanian maju, mandiri dan modern.

“Teruslah belajar karena saat ini kita harus mampu bersaing dengan negara luar. Kita harus mampu bersaing dengan negara Vietnam, Malaysia, Inggris dan negara-negara Eropa,” katanya.

Senada hal itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan [BPPSDMP] Dedi Nursyamsi mengingatkan bahwa lulusan Polbangtan harus memenuhi kualifikasi job seeker dan job creator. 

“Kalian harus bisa menjadi SDM pertanian yang profesional, mandiri, berdaya saing dan berjiwa entrepreneurship yang tinggi, karena hal itu akan mampu menggenjot produktivitas pertanian,” katanya.

Salsa, berhasil meraih penghargaan sebagai Puteri Kampus Indonesia Persahabatan 2022. Gadis berparas manis ini mengaku senang dan bangga karena dapat berpartisipasi pada event nasional. 

Salsa mengusung tema busana National Costume Modifikasi Batik Tapak Kebo dari desainer ternama dari Banten @adiet.collection.

Salsa membeberkan motivasinya dalam mengikuti ajang ini bahwa lingkup pertemanan tidak hanya ditumbuhkan di kampus saja, namun pengalaman organisasi dan kegiatan eksternal seperti Puteri Kampus Indonesia mengajarkannya, bahwa semangat dan saling menguatkan antar finalis saat masa karantina adalah motivasi terbesar untuk terus berusaha melakukan yang terbaik di setiap kegiatan.

Direktur Polbangtan Bogor, Detia Tri Yunandar mengaku bangga atas prestasi yang dicapai mahasiswinya. Civitas akademika selalu mendukung kegiatan mahasiswa/i yang memberikan pengaruh positif, selama tetap bisa menjaga prestasi akademik karena hal itu akan memotivasi mahasiswa lain untuk meraih prestasi.

“Terima kasih pada mahasiswa dan mahasiswi yang sudah berjuang membawa nama baik Polbangtan Bogor. Harapan saya, semoga seluruh mahasiswa dapat mengambil peran dan berkontribusi nyata dalam pembangunan pertanian dan bidang lainnya,” kata Detia TY.

Gelaran event nasional tersebut dihadiri oleh Srikandi Indonesia 2019, CEO Putera Puteri Kampus Indonesia, MUA Community Surabaya, serta beberapa media publikasi di Surabaya. [timhumaspolbangtanbogor]


Surabaya of East Java [B2B] - The role of agricultural vocational education in Indonesia such as the Agricultural Development Polytechnic or the Polbangtan, so the Agriculture Ministry seeks to maximize its efforts to produce millennial entrepreneur.

Indonesian Agriculture Minister Syahrul Indonesia Yasin Limpo stated that the government´s commitment to developing agriculture, especially in the development of advanced, independent and modern agricultural human resources.

“The goal is to increase the income of farming families and ensure national food security. Farmer regeneration is a commitment that we must immediately realize," Minister Limpo said.

He reminded about the important role of vocational education, to produce millennial farmers who have an entrepreneurial spirit.

"Through vocational education, we connect campuses with industry so that Polbangtan graduates meet their needs and are ready for new things," Limpo said.

TERKAIT - RELATED