Charlie Watts Sosok Kalem Peredam Badai The Rolling Stones
Charlie Watts the Modest Genius who Gave the Band Their Magic

Editor : Kemal A Praghotsa
Translator : Novita Cahyadi
Jum'at, 27 Agustus 2021
KONSER VIRTUAL: Drummer Charlie Watts bersama The Rolling Stones mendukung kampanye ´diam di rumah menangkal pandemi Covid-19´ pada konser virtual The One World: Together at Home pada 2020 [Foto: MailOnline]

DRUMMER Rolling Stones Charlie Watts meninggal Selasa [24/8] pada usia 80 tahun. Juru bicaranya, Bernard Doherty mengatakan musisi ´tercinta´ ´meninggal dengan damai di rumah sakit London dikelilingi oleh keluarganya´.

Watts, yang pada 2004 lolos dari kanker tenggorokan, mengatakan Agustus ini, dia akan absen dari tur Stones di AS karena harus menjalani prosedur medis yang tidak ditentukan. Ucapan belasungkawa mengalir dari dunia musik dan lainnya.

Dia adalah sosok abadi Rolling Stones – Keith Richards memainkan riff gitar yang kotor, Mick Jagger berjingkrak sambil mengejek kerumunan penonton di stadion: ´I know it´s only rock´n´roll but I like it, yes I do.´

Kecuali Charlie Watts tidak. Tulang punggung band, pria dengan hentakan drum adalah detak jantung tak kenal lelah dari grup rock´n´roll terbesar di dunia, tidak pernah luntur kecintaannya pada musik yang dia mainkan selama 60 tahun.

Dia tidak berupaya menonjolkan diri dan penolakannya yang ramah atas semua yang dia capai telah menggoda beberapa pengamat untuk menerima kata-katanya. Charlie Watts diperkirakan memiliki kekayaan bernilai £165 juta – meskipun tidak menulis satupun lagu hits The Stones. Dia menyebut dirinya ´sangat beruntung´.

Kendati begitu anggota band lainnya mahfum. Dia adalah kemudi yang membuat mereka tidak terbalik, energi kreatif yang menghentikan mereka menjadi basi dan bakat luar biasa yang membuat musik mereka terus bergerak.

Jika Anda pernah menari mengikuti lagu Rolling Stones, berarti Anda pernah menari mengikuti hentakan drum Charlie Watts.

Beatnya yang bernuansa jazz adalah keajaiban yang membuat musik mereka berayun sementara band lain hanya menghentak.

Meskipun tidak disebutkan secara detail penyebab kematiannya, yang terjadi dua minggu setelah dia mengungkapkan bahwa operasi darurat berarti dia tidak dapat bergabung dengan Stones pada tanggal yang dijadwalkan ulang untuk tur No Filter di AS, yang akan dibuka di St. Louis, Missouri, pada 26 September mendatang.

Menyampaikan kabar tersebut, dia bergurau: ´Untuk sekali ini, waktuku agak terlambat.´

Dia suka bermain drum. Dia hidup untuk itu. Tapi itu bukan jenis musik yang dia cita-citakan, atau dia dengarkan, tak ada pilihan.

Alasan terbaik untuk merekam album baru, selama sekitar 30 tahun terakhir, adalah bahwa ´itu memberi kami sesuatu yang berbeda untuk dimainkan di atas panggung,´ katanya. "Ini bukan Brown Sugar lagi."

Implikasinya adalah dia muak dengan katalog Stones klasik. Diminta untuk menilai tahun-tahun terbaik dalam karir band selama enam dekade, dia akan mengatakan – tanpa ragu – itu adalah periode singkat dari 1969 hingga 1974 dengan Mick Taylor sebagai gitaris utama, setelah kematian Brian Jones.

Itu adalah tahun-tahun dimana mereka merekam Let It Bleed, Sticky Fingers dan Exile On Main Street. Tetapi diminta untuk memilih beberapa lagu favorit, Charlie hanya menggelengkan kepalanya.

´Saya tidak terlalu mendengarkan piringan hitam itu,´ dia selalu berkata.

Penghinaannya terhadap tradisi rock termasuk kebencian terhadap kerumunan festival dan stadion. ´Saya tidak ingin melakukannya,´ dia mengangkat bahu, saat band bersiap untuk penampilan utama di Glastonbury pada 2015. ´Saya tidak suka bermain di luar ruangan dan saya tentu saja tidak suka festival. Glastonbury, itu benar-benar kuno. Bukan itu yang ingin saya lakukan untuk akhir pekan, saya dapat memberitahu Anda. ´Apa yang ingin dia lakukan adalah bermain jazz.´

´Dalam jazz Anda lebih dekat. Di stadion sepak bola, Anda tidak bisa mengatakan bahwa Anda sangat erat. Sulit untuk mengetahui apa yang Mick lakukan ketika Anda bahkan tidak bisa melihatnya. Dia setengah mil jauhnya.´ Dia mengerang sama banyaknya tentang tur. "Saya bermain drum," katanya letih.

´Satu-satunya cara untuk bermain drum adalah berada jauh dari rumah. Ini adalah kutukan dalam hidupku.´

´Ketika saya mendapat telepon dari Mick atau Keith, itu panggilan untuk berangkat - lima bulan di jalan.´

Dia juga membenci sorotan, jarang memberikan wawancara atau bergaul dengan selebriti. "Satu-satunya saat saya menyukai perhatian adalah ketika saya berjalan di atas panggung," katanya. "Saat saya pergi, saya tidak menginginkannya". Penghinaan terhadap penghargaan dangkal rock itu meluas ke kehidupan cintanya. Sementara anggota band lainnya menikmati hubungan yang terkenal dan sangat publik dengan supermodel dan aktris, Charlie menikahi istrinya Shirley pada 1964 dan setia padanya hingga akhir hayatnya.

Bassis Bill Wyman mengingat dalam memoarnya sebuah pertemuan band pada 1965 ketika semua Stones, kemudian menikmati gelombang pasang ketenaran pertama mereka, membandingkan berapa banyak groupies yang mereka tiduri dalam dua tahun terakhir: ´Saya punya 278 anak perempuan, Brian [Jones] 130, Mick sekitar 30, Keith 6, dan Charlie tidak ada.´

Kehidupan Stones membuatnya bosan. Dia dan Shirley menghindari sorotan gosip London dan New York, alih-alih memilih hidup di Halsdon Manor, dekat Dolton, sebuah desa pedesaan di Devon utara, tempat mereka memiliki peternakan pejantan kuda Arab, seperti dilansir MailOnline.

Di akhir tahun 80an, Watts menyimpulkan karirnya sebagai ´lima tahun bermain musik, 20 tahun berkeliaran´. By the Noughties, dia punya cara lain untuk menggambarkannya: ´Empat dekade melihat pantat Mick berlarian di depanku.´ Dan kemudian ada cara dia tampil dan berpakaian. Bahkan ketika anggota band lainnya mengenakan tie-dye dan kaftan, Charlie tetap mengenakan jas dan dasinya.

Secara keseluruhan, dia adalah rocker yang paling sederhana dalam sejarah musik. Namun dia juga sosok andalan, orang yang menjaga grup tetap bersatu - baik di dalam maupun di luar panggung.

Tidak peduli seberapa hancurnya Keith, atau jika barisan belakang panggung berarti tidak ada anggota band yang berbicara satu sama lain, Charlie selalu solid dan tidak terganggu.

Ditanya bagaimana dia mencegah Jagger dan Richards berselisih, dia mengangkat bahu dan menjawab: ´Oh, itu. Saudara, kawan lama. Saudara seperjuangan. Anda hanya membiarkannya berjalan apa adanya, sungguh.´

Lahir pada 2 Juni 1941, Watts dibesarkan di sebuah rumah kaum buruh di Kingsbury, London barat laut, setelah lingkungan keluarganya dihancurkan pada Perang Dunia II. Sebagai seorang anak laki-laki dia adalah seorang seniman berbakat dan mendapatkan tempat di Harrow Art School sebelum mengambil pekerjaan sebagai desainer grafis.

Semangat menggambar tidak pernah meninggalkannya, dan dia memproduksi kartun dan komik untuk beberapa sampul album band - serta membuat sketsa, katanya, dari hampir setiap kamar hotel yang pernah dia tinggali.

Namun terlepas dari bakat artistiknya, jazz tetap membuatnya terobsesi. Dia tidak bosan mendengarkan pianis ragtime New Orleans Jelly Roll Morton dan pemimpin band besar Duke Ellington, sebelum menemukan jazz modern melalui stylist bebop Charlie Parker.

Ayahnya, seorang sopir truk, membelikannya drum kit pertamanya dan Charlie mulai bermain di kedai kopi dan klub lokal dengan band-band seperti Jo Jones All Stars (yang, meskipun namanya, sama sekali tidak dikenal).
Ketika tidak tur bersama Stones, datang penyiar Alexis Korner memintanya untuk duduk bersama bandnya, Blues Incorporated. Watts mengklaim bahwa dia belum pernah mendengar tentang ´rhythm and blues´, dan menganggap itu berarti jazz lambat.

Sebaliknya, ia mengawali karier musik di band blues listrik pertama di Inggris, bermain di Ealing Club untuk penonton yang gembira termasuk ditonton Rod Stewart, Jimmy Page dan Paul Jones ketika masih remaja.

Melalui pertunjukan-pertunjukan itu, Charlie mulai bercanda dengan sekelompok penggemar blues muda, termasuk seorang pelajar bernama Mick Jagger dan teman-temannya, Keith Richard dan Brian Jones, serta pemain piano Ian Stewart. Bergabung setahun kemudian adalah Bill Wyman pada bass, mereka tampil pada pertunjukan pertama mereka di Marquee Club pada Juli 1962.

Dia sudah bertemu istrinya, yang biasa datang ke latihan Blues Inc. Shirley berbagi sifat gigih Charlie, tetapi sementara dia menunjukkannya dengan diam-diam melakukan pekerjaannya sendiri, dia tidak pernah takut akan konfrontasi.

Ketika Jagger memutuskan untuk melarang pacar-pacar anggota band hadir pada sesi rekaman Stones, Shirley tidak peduli.

Dia dan Chrissie Shrimpton, yang merupakan pacar Mick di pertengahan tahun enam puluhan, muncul di studio dan menolak untuk keluar.

´Kami duduk di sana,´ seperti diingat Chrissie, ´dengan Mick mengintip kami melalui kaca ruang kontrol studio.´

Sikap istrinya yang tanpa basa-basi itulah yang membuat Charlie percaya diri dalam menghadapi ekses primadona teman satu band lainnya. ´Dia adalah wanita yang luar biasa,´ katanya. ´Satu-satunya penyesalan yang saya miliki dalam hidup ini adalah bahwa saya tidak pernah punya cukup waktu di rumah. Tapi dia selalu mengatakan ketika saya pulang dari tur bahwa saya adalah mimpi buruk dan menyuruh saya untuk kembali ikut tur.´

Shirley tidak menikmati konser band yang paling terkenal, konser gratis di Hyde Park pada 1969, dua hari setelah Brian Jones ditemukan tertelungkup di kolam renangnya.

Kekesalan istrinya adalah ingatan utama Watts tentang konser: ´Dia dipukul dengan sandwich basi, di bagian belakang. Aku ingat dia menjadi gila dengan itu. Itu jelas menyakitkan.´

Dia juga ingat bencana dengan kupu-kupu. Pada klimaks acara, Jagger melempar sebuah kotak, untuk melambangkan pendakian semangat Brian ke dimensi lain (atau sesuatu seperti itu).

Sayangnya, setelah berjam-jam di dalam wadah yang tidak berventilasi, sebagian besar kupu-kupu mati lemas. "Saya tidak suka itu," kata Charlie. ´Tingkat korban lebih buruk daripada Somme. Setengah dari mereka sudah mati.´

Shirley dan putri mereka Seraphina-lah yang menyelamatkan hidupnya, ketika dia tampak dalam bahaya menyerah pada ekses yang merupakan aspek kehidupan biasa bagi rocker lain.

Sepanjang tahun 70an, ketika Keith Richards dan Mick Taylor tenggelam dalam kecanduan heroin, Charlie bahkan tidak peduli dengan pesta pora. "Bill dan saya memutuskan untuk menumbuhkan janggut," katanya. "Upaya itu membuat kami kelelahan."

Tetapi di awal tahun 80-an, ´Saya menjadi orang yang sama sekali berbeda. Sempat kecanduan heroin selama dua tahun, saya sangat sakit.´

´Putri saya dulu bilang saya mirip Drakula. Saya hampir kehilangan istri saya dan segalanya karena perilaku saya. Saya menjadi gila, sungguh. Saya hampir bunuh diri.´

Bahkan Keith pun khawatir. Setelah Charlie pingsan di studio, gitaris membawanya dan memperingatkannya bahwa dia berlebihan. Lebih buruk lagi, dia tidak profesional.

Itu mengguncangnya. ´Ini Keith, yang pernah kulihat di berbagai negara bagian melakukan segala macam hal.´ Tapi keputusan untuk sadar datang ketika pergelangan kakinya patah saat bermain drum di klub malam jazz Ronnie Scott.

´Saya harus berhenti. Jadi saya hanya ingin berhenti – untuk saya dan istri saya.´

Ketika Charlie dalam kondisi buruk, Stones lebih dekat dengan kehancuran daripada sebelumnya. Jagger sedang menempa karir solo, dan drummer melihat itu sebagai menggangu reputasi band.

Dia setuju untuk bermain di album solo pertama Mick, seperti yang dilakukan Keith, tetapi tidak muncul untuk sesi rekaman awal.

Jagger marah dan, minum di hotelnya sekitar jam 5 pagi, menelepon kamar Charlie. ´Di mana drummer saya?´ dia marah.

Charlie meletakkan telepon. Setengah jam kemudian, dia mengetuk pintu Mick.

Keith membukanya: ´Dia berjalan lurus melewatiku. Setelan Savile Row, berpakaian sempurna. Mengikat. Dicukur. Seluruhnya. Saya bisa mencium bau cologne.

"Dia menelepon Mick dan ngegerutu, ´Jangan pernah memanggilku drummermu lagi. Anda penyanyi saya.´ Lalu dia memberinya hook kanan.´

Dalam waktu 12 jam, Charlie telah kembali ke studio. ´Dibutuhkan banyak hal untuk membuat orang itu marah,´ renung Richards.

Untuk semua keributan, dia tidak pernah kehilangan rasa hormatnya terhadap teman satu bandnya. The Stones lebih baik dari semua rival mereka, dia percaya, karena ´kami selalu bermain dengan benar.´

“Maksud saya bukan brilian secara teknis. Tapi Mick tidak akan menari dengan baik jika suaranya buruk. Mick adalah pertunjukannya, sungguh. Kami mendukungnya. Anda tahu, kostum yang Anda kenakan, itu permen, itu buih. Apa yang sebenarnya Anda lakukan adalah bermain drum.´

Anggota band lainnya tahu bahwa mereka berhutang semuanya padanya. Ketika nada terakhir telah hilang, kata Keith, ´Saya ingin dimakamkan di sebelah Charlie Watts.´


ROLLING STONES drummer Charlie Watts died Tuesday at the age of 80. His publicist Bernard Doherty said the ´beloved´ musician ´passed away peacefully in a London hospital surrounded by his family´.

Watts, who in 2004 was successfully treated for throat cancer, said this month he would miss the Stones´ US tour as he recovered from an unspecified medical procedure. Last night tributes poured in from the music world and beyond.

This is the eternal image of the Rolling Stones – Keith Richards grinding out the dirty guitar riffs, Mick Jagger prancing as he taunts the stadium crowd: ´I know it´s only rock´n´roll but I like it, yes I do.´

Except Charlie Watts didn´t. The backbone of the band, the man whose driving rhythm was the tireless heartbeat of the greatest rock´n´roll group in the world, never had much affection for the music he played for 60 years.

His self-effacing patter and genial dismissal of everything he achieved has tempted some observers to take him at his word. Charlie Watts was estimated to be worth £165million – despite writing none of the Stones´ hits. He described himself as ´just very lucky´.

But the rest of the band knew better. He was the keel that kept them from capsizing, the creative energy that stopped them getting stale and the talent that kept their music grooving.

If you´ve ever danced to a Rolling Stones song, you´ve danced to Charlie Watts.

His jazz-tinged beat was the magic that made them swing while other bands just stomped.

Though no cause has been stated, his death comes two weeks after he revealed that an emergency operation meant he would be unable to join the Stones on the rescheduled dates for the US leg of the band´s No Filter tour, which is due to open in St Louis, Missouri, on September 26.

Announcing the news, he joked: ´For once, my timing´s a bit off.´

He adored playing the drums. He lived for that. But it wasn´t the type of music that he aspired to make, nor that he listened to, given a choice.

The best reason for recording new albums, over the past 30 years or so, was that ´it gives us something different to play on stage,´ he said. ´It´s not Brown Sugar again.´
The implication was that he was sick to death of the classic Stones catalogue. Asked to rate the best years of the band´s career across six decades, he would say – without hesitation – it was the brief period from 1969 to 1974 with Mick Taylor as lead guitarist, following the death of Brian Jones.

Those were the years that saw them record Let It Bleed, Sticky Fingers and Exile On Main Street. But asked to pick a few favourite tracks, Charlie would just shake his head.

´I don´t listen to those LPs much,´ he always said.

His disdain for the traditions of rock included a hatred for festival crowds and stadiums. ´I don´t want to do it,´ he shrugged, as the band prepared for a headline appearance at Glastonbury in 2015. ´I don´t like playing outdoors and I certainly don´t like festivals. Glastonbury, it´s old hat really. It´s not what I´d like to do for a weekend, I can tell you.´ What he wanted to do was play jazz.

´In jazz you´re closer. In a football stadium, you can´t say you´re closely knit together. It´s difficult to know what Mick´s up to when you can´t even see him. He´s half a mile away.´ He moaned just as much about going on tour. ´I play drums,´ he said wearily.

´The only way to play drums is to be away from home. It´s the blight of my life.

´When I get a call from Mick or Keith, it´s a call to arms – five months on the road.´

He hated the spotlight too, rarely giving interviews or hanging out with celebrities. ´The only time I love attention is when I walk onstage,´ he said. ´When I walk off, I don´t want it.´ That contempt for rock´s shallow rewards extended to his love life. While the rest of the band enjoyed notorious and very public affairs with supermodels and actresses, Charlie married his wife Shirley in 1964 and was unshakeably faithful to her.

Bassist Bill Wyman recalled in his memoirs a band meeting in 1965 when all the Stones, then surfing their first tidal wave of fame, compared how many groupies they´d slept with in the past two years: ´I´d had 278 girls, Brian [Jones] 130, Mick about 30, Keith 6, and Charlie none.´

The rock life bored him. He and Shirley shunned the bright lights of London and New York, instead opting for life at Halsdon Manor, near Dolton, a rural village in north Devon, where they owned an Arabian horse stud farm.

In the late Eighties, Watts summed up his career as ´five years of playing, 20 years of hanging around´. By the Noughties, he had another way to describe it: ´Four decades of seeing Mick´s bum running around in front of me.´ And then there was the way he looked and dressed. Even when the rest of the band were in tie-dye and kaftans, Charlie wore his suit and tie.

All in all, he was the most unlikely rocker in music history. Yet he was also the mainstay, the man who kept the group together – both on and off stage.

No matter how wrecked Keith was, or if a backstage row meant none of the band were talking to each other, Charlie was always rock solid and imperturbable.

Asked how he kept Jagger and Richards from strangling each other, he shrugged and replied: ´Oh, that. Brothers, innit. Brothers in arms. You just let it take its course, really.´

Born on June 2, 1941, Watts grew up in a prefab house in Kingsbury, north-west London, after his family´s neighbourhood was razed during the Blitz. As a boy he was a gifted artist and earned a place at Harrow Art School before taking a job as a graphic designer.

That passion for drawing never left him, and he produced cartoons and comic strips for some of the band´s album covers – as well as making a sketch, he claimed, of practically every hotel room he ever stayed in.

But despite his artistic talent, it was jazz that obsessed him. He listened incessantly to the New Orleans ragtime pianist Jelly Roll Morton and big band leader Duke Ellington, before discovering modern jazz through bebop stylist Charlie Parker.

His father, a lorry driver, bought him his first drum kit and Charlie began to play at coffee shops and local clubs with bands such as the Jo Jones All Stars (who, despite their name, were all complete unknowns).

His break came when the broadcaster Alexis Korner asked him to sit in with his band, Blues Incorporated. Watts claimed that he´d never heard of ´rhythm and blues´, and assumed it meant slow jazz.

Instead, he found himself in Britain´s first electric blues band, playing at the Ealing Club to an ecstatic audience that included a teenage Rod Stewart, Jimmy Page and Paul Jones.

Through those gigs, Charlie started playing for laughs with a bunch of young blues aficionados, including a grammar school boy called Mick and his mates Keith and Brian, as well as piano player Ian Stewart. Joined a year later by Wyman on bass, they played their first gig at the Marquee Club in July 1962.

He had already met his wife, who used to come to the Blues Inc rehearsals. Shirley shared Charlie´s indomitable streak, but while he showed it by quietly doing his own thing, she was never afraid of a confrontation.

When Jagger decided to ban girlfriends from Stones recording sessions Shirley simply ignored him.

She and Chrissie Shrimpton, who was Mick´s girlfriend in the mid-Sixties, turned up at the studio and refused to leave.

´We sat there,´ Chrissie remembered, ´with Mick pulling faces at us through the control room glass.´

It was his wife´s no-nonsense attitude that gave Charlie his confidence in the face of the other bandmates´ prima-donna excesses. ´She is an incredible woman,´ he said. ´The one regret I have of this life is that I was never home enough. But she always says when I come off tour that I am a nightmare and tells me to go back out.´

Shirley didn´t enjoy the band´s most famous gig, the free concert in Hyde Park in 1969, two days after Brian Jones was found face down in his swimming pool.

His wife´s dudgeon was Watts´ chief memory of the concert: ´She got hit with a stale sandwich, on the back. I remember her going mad with that. It obviously hurt.´

He also remembered the debacle with the butterflies. At the climax of the show, Jagger released a boxful, to symbolise the ascent of Brian´s spirit to another dimension (or something like that).

Unfortunately, after hours in an unventilated container, most of the butterflies had suffocated. ´I didn´t like that,´ Charlie said. ´The casualty rate was worse than the Somme. Half of them were dead.´

It was Shirley and their daughter Seraphina who saved his life, when he seemed in danger of succumbing to the excesses that were ordinary aspects of life to other rockers.

Throughout the Seventies, when Richards and Mick Taylor were steeped in heroin addiction, Charlie didn´t even bother with debauchery. ´Bill and I decided to grow beards,´ he said. ´The effort left us exhausted.´

But in the early Eighties, ´I became totally another person. At the end of two years on speed and heroin, I was very ill.

´My daughter used to tell me I looked like Dracula. I nearly lost my wife and everything over my behaviour. I went mad, really. I nearly killed myself.´

Even Keith was concerned. After Charlie passed out in the studio, the guitarist brought him round and warned him he was overdoing it. Worse, he was being unprofessional.

That shook him. ´This is Keith, who I´ve seen in all sorts of states doing all sorts of things.´ But the decision to sober up came when he broke his ankle while playing the drums at Ronnie Scott´s jazz nightclub.

´I had to get straight. So I just stopped cold – for me and my wife.´

With Charlie in bad shape, the Stones were closer to disintegration than they had ever been. Jagger was forging a solo career, and the drummer saw that as cashing in on the band´s reputation.

He agreed to play on Mick´s first album, as did Keith, but didn´t turn up for the initial recording session.

Jagger was fuming and, drinking in his hotel around 5am, phoned Charlie´s room. ´Where´s my drummer?´ he demanded.

Charlie put the phone down. Half an hour later, he knocked on Mick´s door.

Keith opened it: ´He walked straight past me. Savile Row suit, perfectly dressed. Tie. Shaved. The whole bit. I could smell the cologne.

´He got ahold of Mick and said, ´Never call me your drummer again. You´re my singer.´ Then he gave him a right hook.´

Within 12 hours, Charlie had returned to the studio. ´It takes a lot to wind that man up,´ Richards mused.

For all the ructions, he never lost his respect for his bandmates. The Stones were better than all their rivals, he believed, because ´we´ve always been about playing properly.

´I don´t mean technically brilliant. But Mick wouldn´t dance well if the sound was bad. Mick is the show, really. We back him. You know, the costumes you´re wearing, that´s candyfloss, it´s froth. What you´re really doing is playing the drums.´

The rest of the band knew they owed it all to him. When the last note has died away, says Keith, ´I want to be buried next to Charlie Watts.´

TERKAIT - RELATED