Kalung Emas Bersia Ribuan Tahun Ditemukan di Northamptonshire
Stunning Gold Necklace Dating Back 1,300 Years is Found in the Grave in Northamptonshire

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi
Jum'at, 09 Desember 2022
PENEMUAN BARU: Kalung emas tersebut terbuat dari garnet merah yang dilapisi emas, dan para ahli percaya itu awalnya setengah dari jepitan berengsel sebelum digunakan kembali di kalung itu. (Foto: MailOnline)

KALUNG emas menakjubkan berusia 1.300 tahun ditemukan di makam wanita berstatus tinggi di Northamptonshire – dalam penemuan yang dijuluki ´impian arkeolog´

Arkeolog dari Museum Arkeologi London [MOLA] sedang memeriksa lokasi pembangunan perumahan baru ketika mereka menemukan perhiasan tersebut.

Tampaknya telah dikuburkan dengan seorang wanita berstatus tinggi, yang mungkin saja bangsawan atau pemimpin Kristen, kata para ahli.

Sementara kuburan itu juga berisi harta karun lainnya, kalung itu dikatakan sebagai yang terkaya dari jenisnya yang pernah ditemukan, berisi koin Romawi, garnet, dan batu semi mulia.

Supervisor situs MOLA, Levente-Bence Balázs, yang memimpin tim yang membuat penemuan tersebut, berkata: ´Ketika kilau emas pertama mulai muncul dari tanah, kami tahu ini adalah sesuatu yang signifikan.

´Namun, kami tidak menyadari betapa istimewanya ini nantinya.

´Kami beruntung dapat menggunakan metode analisis modern pada penemuan dan pemakaman di sekitarnya untuk mendapatkan wawasan yang lebih dalam tentang kehidupan orang ini dan upacara terakhir mereka.

"Ini adalah impian seorang arkeolog untuk menemukan sesuatu seperti ini," katanya kepada The Guardian.

Kalung yang ditemukan saat penggalian di bulan April, berasal dari antara tahun 630 dan 670 M, selama periode Saxon.

Ini menampilkan setidaknya 30 liontin dari emas, kaca dan bahan bernilai tinggi lainnya, dengan pusat persegi yang lebih besar dengan motif salib, seperti dilansir MailOnline.

Ini terbuat dari garnet merah yang dilapisi emas, dan para ahli percaya itu awalnya setengah dari jepitan berengsel sebelum digunakan kembali di kalung itu.

Menggunakan teknologi sinar-X, tim juga menemukan dua pot berhias, piring tembaga dangkal, dan salib besar berdekorasi rumit di kuburan.

Yang terakhir menampilkan penggambaran wajah manusia yang tidak biasa yang dicetak dengan warna perak, dan juga menunjukkan bahwa penghuninya saleh.

Kerangka itu sendiri telah membusuk sepenuhnya, namun para ahli dapat mengidentifikasinya sebagai perempuan dari enamel gigi yang tersisa.

Kombinasi benda-benda tempat dia dimakamkan menunjukkan bahwa dia adalah wanita berstatus tinggi, seperti kepala biara atau bahkan bangsawan. 


STUNNING gold necklace dating back 1,300 years is found in the grave of high status woman in Northamptonshire – in discovery dubbed an ´archaeologist´s dream´

A ´once-in-a-lifetime´ gold necklace, estimated to be 1,300 years old, has been discovered in a grave in Harpole, Northamptonshire.

Archaeologists from the Museum of London Archaeology (MOLA) were examining the site of a new housing development when they stumbled upon the jewellery. 

It appears to have been buried with a high status woman, who could have been royalty or a Christian leader, the experts say.

While the grave also contained other treasures, the necklace is said to be the richest of its kind ever uncovered, bearing Roman coins, garnets and semi-precious stones.

MOLA site supervisor Levente-Bence Balázs, who led a team that made the discovery, said: ´When the first glints of gold started to emerge from the soil we knew this was something significant.

´However, we didn´t quite realise how special this was going to be. 

´We are lucky to be able to use modern methods of analysis on the finds and surrounding burial to gain a much deeper insight into the life of this person and their final rites.

´It is an archaeologist’s dream to find something like this,´ he told The Guardian.

The necklace, which was found during a dig in April, dates back to between 630 and 670 AD, during the Saxon period.

It features at least 30 pendants of gold, glass and other high value materials, with a larger, square centrepiece with a cross motif.

This is made of red garnets set in gold, and the experts believe it was originally half of a hinged clasp before it was re-used in the necklace. 

Using X-ray technology, the team also located two decorated pots, a shallow copper dish and a large and elaborately decorated cross in the grave.

The latter featured unusual depictions of human faces cast in silver, and also suggested the occupant was devout.

The skeleton itself had fully decomposed, however experts were able to identify it as female from the tooth enamel that remained.

The combination of objects she was buried with suggest she was a high status woman, such as an the head of an abbey or even royalty.

TERKAIT - RELATED