Melalui CAT PMB, Polbangtan Kementan Jaring Milenial Berkualitas
Millennial Farmers Development are the Target of Indonesia`s Polbangtan Malang

Editor : Taswin Bahar
Translator : Novita Cahyadi
Selasa, 23 April 2024
POLBANGTAN MALANG: Prosedur CAT telah disosialisasikan kepada peserta calon mahasiswa baru sejak 19 April 2024. Panduan CAT bagi peserta dan jadwal CAT dapat diakses vi aman web Polbangtan Malang.

Malang, Jatim [B2B] - Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman mengatakan bahwa pemuda Indonesia harus memiliki karakter yang kuat dan cerdas sehingga mampu menjadi pemimpin dan pengusaha yang sukses dimasa depan.

"Sebagai generasi muda harus mengubah kebiasaan. Tekad kuat dan kerja keras, serta berinovasi, apabila sudah berhasil terus lakukan the power of repetition yang bisa mengubah nasib para anak muda," ujar Amran.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan), Dedi Nursyamsi juga menegaskan bahwa karakter yang dimiliki oleh petani milenial adalah salah satu kunci keberhasilan. 

"Melalui pendidikan vokasi, Kementan melahirkan SDM yang kompetitif sebagai tenaga kerja pertanian andal dan unggul (job seeker) serta sebagai pengusaha pertanian milenial andal, kreatif, inovatif, profesional, serta mampu menyerap lapangan pekerjaan sektor pertanian sebanyak mungkin (job creator)," kata Dedi.

Dedi Nursyamsi mengatakan mahasiswa dan calon mahasiswa adalah generasi penerus pertanian ke depan. Tongkat estafet pembangunan pertanian berada ditangan generasi milenial. 

"Hidup matinya sektor pertanian di Indonesia ada di tangan generasi milenial. Melalui Polbangtan dan PEPI kalian akan dibekali pengetahuan, pendidikan karakter serta dilatih sesuai dengan keperluan dunia industri dan dunia usaha," papar Dedi

Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Malang adalah salah satu kampus vokasi di bawah Pusat Pendidikan BPPSDMP Kementerian Pertanian dengan misi menjadi Politeknik unggul dalam menyiapkan sumber daya manusia yang maju, mandiri, dan modern.

Untuk mewujudkan misi tersebut, Polbangtan Malang melaksanakan seleksi Computer Assisted Test (CAT) bagi Calon Mahasiswa Baru jalur umum Tahun Ajaran 2024/2025 yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi sebagai salah satu rangkaian penerimaan mahasiswa baru tahun ajaran 2024/2025.

Sebanyak 262 peserta yang terdiri dari 76 peserta seleksi Jurusan Peternakan dan 186 peserta seleksi Jurusan Pertanian, mengikuti CAT secara virtual yang terbagi dalam dua sesi dan dilaksanakan pada Selasa (23/4). 

“Hari ini kita sedang mengadakan CAT untuk mahasiswa baru Polbangtan Malang, sejumlah 262 orang dibagi dalam 10 room server dan 2 sesi ujian,” terang Andi Warnaen, Wakil Direktur Bidang Kemahasiwaan dan Alumni Polbangtan Malang. 

Sebelumnya, Prosedur CAT telah disosialisasikan kepada peserta calon mahasiswa baru sejak tanggal 19 April 2024. Panduan CAT bagi peserta dan jadwal CAT dapat diakses peserta melalui laman web Polbangtan Malang. 

Sedangkan sebaran peserta seleksi berdasarkan geografis, banyak terkonsentrasi di area Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, Banten, Bengkulu, Daerah Istimewa Yogyakarta, DKI Jakarta, Jambi, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, Maluku, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Riau, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Sumatera Utara. Meskipun dilakukan secara virtual, kegiatan seleksi CAT ini dapat dipastikan berjalan secara akuntabel dan terpercaya. 

Peserta melaksanakan ujian melalui aplikasi yang dapat mendeteksi kecurangan secara otomatis dan diawasi oleh proktor melalui ruang virtual zoom. 

"Sebelum melakukan ujian, identitas peserta diverifikasi terlebih dahulu untuk memastikan bahwa benar-benar peserta sendiri yang mengerjakan ujian. Dan selama ujian berlangsung, peserta ini diawasi oleh proctor dan pengawas," tutur Andi.

Dengan sistem rekrutmen dan seleksi berbasis kompetensi secara komputerisasi ini diharapkan dapat mewujudkan rekrutmen peserta didik secara adil serta sebagai sarana untuk menghasilkan calon mahasiswa baru yang terbaik. 

Sementara, untuk menjadi Mahasiswa di Polbangtan Malang peserta harus melalui beberapa tahap seleksi. Mulai dari seleksi administrasi, seleksi ujian kompetensi dasar melalui metode CAT, dari hasil CAT akan dipilih untuk mengikuti tes selanjutnya yaitu tes wawancara. 

Peserta yang lolos nantinya akan melalui tahapan tes wawancara yang akan dilaksanakan pada tanggal 7-8 Mei 2024 setelah terbit pengumuman kelulusan peserta CAT. Tahapan seleksi yang berlapis tersebut bertujuan untuk menjaring calon mahasiswa yang berkualitas sebagai calon generasi petani milenial selanjutnya


Malang of East Java[B2B] - The role of agricultural vocational education in Indonesia such as the the Agricultural Development Polytechnic or the Polbangtan, to support Indonesian Agriculture Ministry seeks to maximize its efforts to produce millennial entrepreneur.

Youth Enterpreneurship And Employment Support Services Programme or the YESS, to support Indonesian Agriculture Ministry seeks to maximize its efforts for the millennial entrepreneur.

Indonesian Agriculture Ministry, Andi Amran Sulaiman stated that the government´s commitment to developing agriculture, especially in the development of advanced, independent and modern agricultural human resources.

The goal is to increase the income of farming families and ensure national food security. Farmer regeneration is a commitment that we must immediately realize.

He reminded about the important role of vocational education, to produce millennial farmers who have an entrepreneurial spirit.

Through vocational education, we connect campuses with industry so that Polbangtan graduates meet their needs and are ready for new things.

TERKAIT - RELATED