Beberapa Alasan Mengapa Wanita Perlu Belajar Menjahit

Why Women Need to Learn to Sew?

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Beberapa Alasan Mengapa Wanita Perlu Belajar Menjahit
ILUSTRASI: Wanita menjahit pakaian. (Foto: Istimewa)

SEBAGAI seorang wanita, agar tidak dianggap kuno untuk mengikuti tren mode dan gaya pakaian, mau tidak mau harus berbelanja pakaian kan? Godaan penjualan akhir tahun, Lebaran dan afiliasinya kerap meneror isi dompet. 

Membuat banyak gaun dan pakaian luar yang jarang  digunakan itu mendapat teguran dari orang-orang di rumah, sehingga Anda tidak nyaman dan Anda akan menyadari bahwa Anda adalah salah satu korban kegilaan tersebut.

Daripada jadi boros, bagaimana kalau ikut kursus menjahit? Anda bisa mengubah baju lama menjadi baju baru yang tak kalah menarik, lho! Selain itu, menjahit juga dapat membawa berbagai manfaat bagi wanita. 

Penasaran dengan manfaat menjahit? Yuk cari tahu di bawah ini! 

1. Mengisi Waktu 

Menjahit bukanlah hal yang mudah, mulai dari memasukkan jarum, pembuatan pola atau pemotongan bahan. Tetapi jika Anda gigih, segala sesuatu mungkin terjadi. Anda juga punya alasan jika sedang tidak mood untuk hang out tentunya. Jika ibu atau nenek Anda pandai menjahit, tak ada salahnya mengajaknya belajar dan menghabiskan waktu bersamanya. 

Kalau mau lebih seru lagi, kamu bisa ikut kursus menjahit sambil cari teman baru. Ingin lebih menyenangkan? Undang teman Anda untuk bergabung ke kelas bersama! Menjahit bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, jadi tidak perlu bingung! Isi waktu Anda dengan mengasah keterampilan menjahit Anda, mengapa tidak? 

2. Potong Pengeluaran 

Tantang diri Anda dengan mengubah t-shirt yang tidak terpakai menjadi tas! Ada banyak tutorial DIY No Sew di youtube yang bisa Anda coba jika kamu tidak “percaya diri” dalam menjahit. Juga memerangi keinginan untuk membeli pakaian baru segera dengan mencari pakaian yang dapat diperbaharui. 

3. Mandiri 

Kancing copot, baju atau celana sobek di kampus atau di kantor? Tidak masalah bagi Anda! Siapa sangka dengan keterampilan menjahit Anda bisa menjadi pahlawan bagi teman-teman Anda? 

Dengan peralatan menjahit di tangan, insiden yang tidak menyenangkan tentu saja dapat dihindari. Gelang oversized bisa diedit sendiri tanpa harus keluar rumah  ke penjahit. Di masa depan, jika Anda memiliki keluarga sendiri, Anda tidak lagi harus bergantung pada penjahit. 

4. Membuka Usaha 

Jika hasil jahitan Anda bagus dan rapi, coba  pamerkan kepada keluarga, teman, teman kantor, dan orang yang Anda cintai. Mungkin suatu saat mereka akan tertarik untuk membuatkan baju dengan Anda! 

Mengenakan pakaian buatan sendiri pasti akan membuat Anda bangga, apalagi jika pakaian Anda dipakai oleh orang lain! Bukankah begitu? Misalnya, ketika Anda bisa mendapatkan uang, coba berikan kepada teman Anda dan posting gambar pekerjaan Anda di internet, mungkin ada yang tertarik dan Anda bisa membuka toko sendiri! 

5. Asah dan Menambah Kemampuan 

Jika Anda punya teman model, ahli komputer, desainer grafis, penari dengan skill luar biasa, jangan mau kalah! Menjahit bukanlah pekerjaan orang tua, bayangkan bagaimana jadinya seorang desainer tanpa seorang penjahit. 

Sisi kreatif Anda dapat diasah dengan menjahit, menambahkan pita atau renda, dan menggabungkan warna yang menarik. Mungkin buahnya lebih menarik daripada pakaian yang biasa dipajang di supermarket. Tentu saja, itu kreasi Anda sendiri, tidak ada yang bisa dimainkan! 

Ada banyak jenis mesin jahit  pemula dan bahkan  alat jahit manual  untuk penggunaan darurat dengan staples. Sebelum memutuskan untuk membeli, Anda bisa mengecek spesifikasi mesin jahit pemula. Apabila Anda berminat untuk mengikuti kursus menjahit supaya bisa lebih mahir menjahit maka bisa dapat disini.

AS A WOMAN, in order not to be considered old-fashioned to follow fashion trends and clothing styles, you can´t help but have to shop for clothes, right? With the temptation of year-end sales, Lebaran and its affiliates often terrorize the contents of the wallet.

Making so many rarely used dresses and outerwear gets reprimands from people back home, so you are uncomfortable and you will realize that you are one of the victims of the madness.

Instead of being extravagant, how about taking a sewing class? You can change old clothes into new clothes that are no less interesting, you know! In addition, sewing can also bring various benefits to women.