Dies Natalis Ke-67, SMKPPN Kementan Siap Dongrak Regenerasi Pertanian

Millennial Farmers Development are the Target of Indonesia`s SMKPPN Sembawa

Editor : Taswin Bahar
Translator : Novita Cahyadi


Dies Natalis Ke-67, SMKPPN Kementan Siap Dongrak Regenerasi Pertanian
SMKKPPN SEMBAWA: Kepala SMKPPN Sembawa, Yudi Astoni memimpin Dies Natalis ke-67 berdirinya sekolah yang fokus pada kemajuan SDM pertanian Indonesia. Seiring usia, telah mengalami perubahan dan perkembangan bagi siswa, civitas akademika dan organisasi.

Banyuasin, Sumsel [B2B] -  SMKPP Negeri Sembawa yang merupakan salah satu UPT dari BPPSDMP Kementerian Pertanian Indonesia di tahun 2022 ini memasuki tahun ke-67. Dengan begitu, peringatan Dies Natalis ke-67 ini diharapkan menmjadi bahan untuk refleksi dan membangun sekolah kejuruan yang maju, mandiri, dan modern.

Saat ini, SMKPP telah menjadi sekolah kejuruan yang maju dan berkembang pesat, serta menjadi sekolah yang mulai tumbuh sebagai sekolah berbasis industri, yang berfokus pada regenerasi petani melalui job creator dan job seeker.

Hal ini mendukung program Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang berulang kali menegaskan lulusan UPT pendidikan vokasi Kementan seperti Polbangtan, PEPI serta  SMKPP harus mampu mengisi dan menghadapi tantangan global.

"Semua ilmu sudah diberikan. Mulai teori sampai praktik dan pelatihan. Semua aplikasi digital harus kita gunakan. Pakai itu smartphone, tidak hanya untuk ber-whatsapp-an manja, juga untuk mencari ilmu dan memajukan pertanian Indonesia," kata Syahrul.

Mentan mengingatkan bahwa sektor pertanian adalah sektor paling strategis, karena saat banyak negara tumbang akibat krisis dunia, pertanian hadir sebagai solusi dan menjadi penyanggah utama ekonomi bangsa.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian [BPPSDMP] Dedi Nursyamsi menegaskan Output yang ingin kita raih diantaranya teridentifikasinya Inovasi Peyanan Publik di UPT, dan salah satu fokus BPPSDMP adalah mewujudkan Sumber Daya Manusia [SDM] yang handal, berdaya saing, serta berjiwa enterpreneur.

Berbagai kegiatan menyambut Dies Natalis telah disiapkan mulai dari membersihkan lingkungan sekolah dalam bentuk kegiatan penataan lingkungan [PTL] yang dilakukan oleh seluruh warga SMK-PP N Sembawa sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan kampus. Kegiatan puncak dilaksanakan pada tanggal 17 November 2022 bertepatan dengan berdirinya SMK PP Negeri Sembawa yang diawali dengan pemotongan tumpeng dan pelepasan balon. 

Seperti yang diharapkan oleh kepala sekolah SMK PP Negeri Sembawa Yudi Astoni, Semoga dengan pelepasan balon ini sebagai simbol pelepasan segala kekurangan, kesalahan, dan kekilafan terlepas dan mendapatkan kehidupan baru yang lebih baik kedepannya.

“Tujuannya selain untuk memeperingati hari berdirinya SMK PP Negeri Sembawa juga untuk terwujudnya hubungan yang serasi dan harmonis antara unsur-unsur dalam kepengurusan organisasi di SMK PP Negeri Sembawa. Kegiatan ini juga diharapkan makin berkembangnya kegiatan siswa sebagai penyeimbang kegiatan pembelajaran dalam upaya membentuk lulusan job creator dan job seeker yang handal sesuai dengan kebutuhan industri dan dalam menghadapi persaingan di era global,” tegas Yudi.

Dies natalis SMK PP Negeri Sembawa sendiri merupakan peringatan hari berdirinya SMK PP Negeri Sembawa yang berfokus pada kemajuan sumberdaya pertanian Indonesia. Seiring dengan bertambahnya usia, SMK PP negeri Sembawa telah mengalami perubhan dan perkembangan yang membawa pengaruh terhadap Civitas Akademik, Organisasi, serta siswa.

Harapan juga disampaikan oleh beberapa pihak yang memiliki hubungan dan kerjasama dengan SMK PP Negeri Sembawa, diantaranya Ibu Riezky Aprilia dari komisi IV DPR RI berharap, Semoga SMK PP Negeri Sembawa Sumatera Selatan semakin sukses, semakin berjaya dalam membangun pertanian di wilayah sumatera Selatan. Hal ini sejalan dengan harapan yang telah disampaikan oleh Kepala Sekolah SMK PP Negeri Sembawa kita bersama-sama mengabdikan diri dan memajukan SMK PP Negeri Sembawa menjadi sekolah pertanian terbaik di Indonesia khususnya di Sumatera Selatan.

Banyuasin of South Sumatera [B2B] - The role of agricultural vocational education in Indonesia such as the the Agricultural Development Polytechnic or the Polbangtan, to support Indonesian Agriculture Ministry seeks to maximize its efforts to produce millennial entrepreneur.

Youth Enterpreneurship And Employment Support Services Program or the YESS, to support Indonesian Agriculture Ministry seeks to maximize its efforts for the millennial entrepreneur.

Indonesian Agriculture Minister Syahrul Indonesia Yasin Limpo stated that the government´s commitment to developing agriculture, especially in the development of advanced, independent and modern agricultural human resources.

“The goal is to increase the income of farming families and ensure national food security. Farmer regeneration is a commitment that we must immediately realize," Minister Limpo said.

He reminded about the important role of vocational education, to produce millennial farmers who have an entrepreneurial spirit.

"Through vocational education, we connect campuses with industry so that Polbangtan graduates meet their needs and are ready for new things," Limpo said.