Mahasiswa Polbangtan Kementan Juara Pencak Silat Kejurda Kota Medan

Millennial Farmers Development are the Target of Indonesia`s Polbangtan Medan

Editor : Kemal A Praghotsa
Translator : Dhelia Gani


Mahasiswa Polbangtan Kementan Juara Pencak Silat Kejurda Kota Medan
POLBANGTAN MEDAN: Mahasiswa Polbangtan Medan berhasil meraih medali emas oleh Yanti Susanti dan empat medali perunggu diraih Julia Ilhamiah, Danu Rahmada, Ilham Maulana Simbolon serta Willi Martin Samosir dalam kategori Tarung Dewasa.

Medan, Sumut [B2B] - Berbagai upaya dilakukan oleh Kementerian Pertanian RI dalam paya mencetak lulusan berkualifikasi unggul sebagai job creator maupun job seeker, seperti dilakukan Politeknik Pembangunan Pertanian [Polbangtan] selaku unit pelaksana teknis [UPT] pendidikan dari Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian.

Polbangtan tidak hanya fokus pada kegiatan akademik juga non akademik seperti olahraga yang mengusung semangat ´men sana in corpore sano´ bahwa dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat.

Demikian pula mahasiswa Polbangtan yang aktif berolahraga untuk menjaga kesehatan tubuh sekaligus meraih prestasi olahraga, seperti capaian mahasiswa Polbangtan Medan di Kejuaran Pencak Silat Setia Hati [SH] Terate Cup I 2024 selama tiga hari, 2 - 4 Februari di GOR Al Azhar Medan.

Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman menegaskan kesehatan adalah hal yang paling utama, maka jagalah kesehatan tubuh secara lahiriah dengan menerapkan pola hidup sehat berupa makanan sehat dan olahraga.

"Jika tidak sehat apa pun terasa tidak memiliki arti. Bila tidak sehat masyarakat tidak dapat berbuat apa-apa, jadi kesehatan adalah yang utama. Sehat bisa diperoleh dengan menerapkan pola hidup yang sehat berupa pangan sehat dan olahraga," katanya.

Pendapat senada dikemukakan Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi tentang semangat, kinerja dan capaian dari SDM pertanian ditentukan oleh tubuh yang sehat dan jiwa yang kuat.

"Kita harus tetap menjaga semangat kerja di tengah-tengah kondisi ketidakpastian akibat perubahan iklim. Perlu kita pelihara semangat bahwa bangsa akan menjadi kuat kalau hadir pertanian yang kokoh, sumber pangan yang sehat, dan kemudian menjadi sumber kesehatan dan kecerdasan.

Dia menambahkan, Kementan memiliki tanggung jawab yang besar untuk mencukupi kebutuhan pangan bagi 273 juta penduduk Indonesia. Itulah tujuan pertama pembangunan pertanian, berikutnya peningkatan pendapatan petani sebagai pelaku utama pertanian.

"Terakhir, peningkatan ekspor komoditas pertanian. Ketiga tujuan tersebut mustahil tercapai tanpa ditopang SDM yang sehat dan kompeten," kata Dedi Nursyamsi.

Direktur Polbangtan Medan, Yuliana Kansrini mengatakan melalui eksibisi maupun kompetisi olahraga, mahasiswa dapat dengan leluasa mengembangkan bakatnya.

"Selain menyehatkan tubuh dan menjaga diri, kompetsi juga dapat menjadi wadah mahasiswa meraih prestasi," katanya.

Yuliana apresiasi pencapaian atlet silat Polbangtan Medan pada kejuaraan yang diikuti oleh 300 pesilat. Mahasiswa Polbangtan Medan berhasil meraih satu medali emas oleh Yanti Susanti [Tan 3 A] dan empat medali perunggu oleh Julia Ilhamiah [Tan 3A], Danu Rahmada [Bun 1A], Ilham Maulana Simbolon [TPTP 1D] serta Willi Martin Samosir [TPTP 1D] dalam kategori Tarung Dewasa.

"Kita harus bertransformasi dari pertanian sebagai kegiatan biasa, aktivitas rutin atau kebiasaan warisan menjadi usaha yang menguntungkan," katanya. [yennizar/ira/timhumas polbangtanmedan]

Medan of North Sumatera [B2B] - The role of agricultural vocational education in Indonesia such as the the Agricultural Development Polytechnic or the Polbangtan, to support Indonesian Agriculture Ministry seeks to maximize its efforts to produce millennial entrepreneur.

Youth Enterpreneurship And Employment Support Services Programme or the YESS, to support Indonesian Agriculture Ministry seeks to maximize its efforts for the millennial entrepreneur.

Indonesian Agriculture Ministry, Andi Amran Sulaiman stated that the government´s commitment to developing agriculture, especially in the development of advanced, independent and modern agricultural human resources.

The goal is to increase the income of farming families and ensure national food security. Farmer regeneration is a commitment that we must immediately realize.

He reminded about the important role of vocational education, to produce millennial farmers who have an entrepreneurial spirit.

Through vocational education, we connect campuses with industry so that Polbangtan graduates meet their needs and are ready for new things.