Pengukuhan Pejabat, Langkah Strategis Polbangtan Kementan Tingkatkan Kualitas Pendidikan

Millennial Farmers Development are the Target of Indonesia`s Polbangtan Malang

Editor : M. Achsan Atjo
Translator : Dhelia Gani


Pengukuhan Pejabat, Langkah Strategis Polbangtan Kementan Tingkatkan Kualitas Pendidikan
POLBANGTAN MALANG: Ketujuh pejabat Polbangtan Malang bersama Direktur Setya Budhi Udrayana [kiri]; Wakil Direktur II Hamyana [kanan] dan Kabag Umum, Novi Nuraini [ke-2 kanan] di Malang usai pengukuhan oleh Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi di Jakarta via daring.

Malang, Jatim [B2B] - Sejumlah pegawai Politeknik Pembangunan Pertanian [Polbangtan] pada Polbangtan Malang dikukuhkan oleh Kementerian Pertanian RI selaku pejabat, yang merupakan langkah strategis dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan pertanian pada Unit Pelaksana Teknis [UPT] di Provinsi Jawa Timur tersebut.

Pengukuhan dilakukan oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan [BPPSDMP] Dedi Nursyamsi di Jakarta, Senin [29/1] pada tujuh pejabat baru Polbangtan Malang secara online didampingi Direktur Setya Budhi Udrayana; Wakil Direktur II Hamyana dan Kepala Bagian Umum, Novi Nuraini di Malang via daring.

Langkah tersebut sejalan arahan Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman yang mengajak para pegawai di lingkup Kementan untuk menghindari ´korupsi kecil´ seperti datang terlambat ke kantor maupun saat menghadiri rapat, pulang lebih awal dari jam kerja hingga menerima sogokan atau gratifikasi sebagai korupsi besar.

"Harus terus berkobar semangat integritas di benak setiap pegawai Kementan, untuk memberi pelayanan terbaik bagi kepentingan bangsa dan negara," katanya pada Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia [Hakordia] medio Desember 2023.

Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa pengukuhan tersebut merupakan langkah strategis  meningkatkan kualitas pendidikan pertanian di Polbangtan Malang di tengah situasi yang kian kompleks dan dinamis.

"Keberadaan para pemimpin kelompok substansi dan tim kerja diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan dalam menghadapi berbagai tantangan dan peluang di bidang pendidikan pertanian," katanya saat pengukuhan yang berlangsung via daring.

Dedi Nursyamsi mengharapkan para pagawai yang sudah dikukuhkan langsung bekerja secara cepat, cermat dan akurat. Pasalnya, tantangan ke depan sangat luar biasa. yang Begitu kompleks dan beragam, karena itu jangan bekerja secara biasa saja tetapi harus extraordinary.

"Bagi UPT pendidikan, tugas utamanya mengembangkan pendidikan vokasi untuk menghasilkan petani milenial yang profesional, mandiri, berdaya saing dan berjiwa enterprenuership yang tinggi untuk menghasilkan lulusan berkualifikasi job seeker dan job creator," katanya lagi.

Ketujuh pegawai Polbangtan Malang yang dikukuhkan oleh Kabadan Dedi Nursyamsi adalah Ketua Subkelompok Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni, Ugik Romadi; Ketua Tim Kerja Administrasi Akademik, Hana Nur Eritrina; Ketua Tim Kerja Administrasi, Kemahasiswaan dan Alumni, Risna Iman Purbo Mukti; Ketua Tim Kerja Penyelenggaraan Kerjasama dan Evaluasi, Monika Savitri; Ketua Tim Kerja SDM dan Tata Usaha, Tri Mutmakinah, Ketua Tim Kerja Perencana, Keuangan dan BMN Kuncoro Adhi; dan Ketua Tim Kerja Humas dan Sarana IT, Yongki Hartantio.

Direktur Polbangtan Malang, Setya Budhi Udrayana dalam sambutannya setelah pengukuhan, bahwa kegiatan tersebut menjadi tonggak penting dalam perjalanan Polbangtan Malang menuju puncak kesuksesan dan pelayanan terbaik.

"Dalam institusi pendidikan seperti Polbangtan Malang, kepemimpinan yang kuat dan visi yang jelas menjadi fondasi utama meraih prestasi dan keunggulan," kata Udrayana yang akrab disapa Uud.

Hari ini, kata Uud, kita hadir dalam acara pengukuhan para pemimpin baru yang dipilih untuk memimpin dalam berbagai bidang strategis yang mendukung aspek kegiatan akademik, kemahasiswaan, alumni, serta kerjasama dan evaluasi.

"Saya ucapkan selamat dan sukses pada para pemimpin baru yang telah dilantik hari ini. Tugas dan tanggung jawab yang Anda emban, bukanlah hal ringan, namun saya percaya dengan dedikasi, integritas dan kerja keras, Anda semua mampu menjalankan amanah ini dengan baik," kata Uud.

Dia mengharapkan, seluruh civitas akademika Polbangtan Malang mendukung dan bahu-membahu dalam menjalankan berbagai program dan kegiatan yang telah dirancang untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pelayanan kita.

"Semoga Allah SWT senantiasa memberikan keberkahan dan kesuksesan bagi kita semua," ungkap Uud.

Dia meyakini, para pemimpin baru akan mampu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik serta bersinergi secara optimal untuk mencapai tujuan bersama dalam mengembangkan Polbangtan Malang menjadi lembaga pendidikan pertanian terkemuka di Indonesia. [didit/timhumas polbangtanmalang]

Malang of East Java [B2B] - The role of agricultural vocational education in Indonesia such as the the Agricultural Development Polytechnic or the Polbangtan, to support Indonesian Agriculture Ministry seeks to maximize its efforts to produce millennial entrepreneur.

Youth Enterpreneurship And Employment Support Services Programme or the YESS, to support Indonesian Agriculture Ministry seeks to maximize its efforts for the millennial entrepreneur.

Indonesian Agriculture Ministry, Andi Amran Sulaiman stated that the government´s commitment to developing agriculture, especially in the development of advanced, independent and modern agricultural human resources.

The goal is to increase the income of farming families and ensure national food security. Farmer regeneration is a commitment that we must immediately realize.

He reminded about the important role of vocational education, to produce millennial farmers who have an entrepreneurial spirit.

Through vocational education, we connect campuses with industry so that Polbangtan graduates meet their needs and are ready for new things.