Porseni Poltekkes 2024, Bahana Agricia Polbangtan Kementan Raih Juara

Millennial Farmers Development are the Target of Indonesia`s Polbangtan Medan

Editor : Cahyani Harzi
Translator : Dhelia Gani


Porseni Poltekkes 2024, Bahana Agricia Polbangtan Kementan Raih Juara
POLBANGTAN MEDAN: Direktur Polbangtan Medan, Ir Yuliana Kansrini mengapresiasi capaian mahasiswanya, karena telah berhasil menyisihkan sepuluh tim vocal grup lainnya.

Medan, Sumut [B2B] - Dalam rangka kegiatan Dies Natalis Poltekkes Kemenkes Medan, Poltekkes mengadakan kegiatan Pekan Olahraga dan Seni [Porseni] pada 24 - 26 April 2024 mengusung tema ´Bertransformasi untuk Berinovasi dan Raih Prestasi´.

Kegiatan tersebut diikuti oleh Politeknik Pembangunan Pertanian [Polbangtan] Medan dan berhasil meraih Juara ke-III pada cabang lomba vocal grup oleh Bahana Agricia. 

Selain itu salah satu dari tim Vocal Grup Bahana Agricia juga mengikuti lomba Vocal Solo dan berhasil meraih Juara Favorit suara emas oleh Juita Butarbutar. 

Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman menegaskan kesehatan adalah hal yang paling utama, maka jagalah kesehatan tubuh secara lahiriah dengan menerapkan pola hidup sehat berupa makanan sehat dan olahraga.

"Jika tidak sehat apa pun terasa tidak memiliki arti. Bila tidak sehat masyarakat tidak dapat berbuat apa-apa, jadi kesehatan adalah yang utama. Sehat bisa diperoleh dengan menerapkan pola hidup yang sehat berupa pangan sehat dan olahraga," katanya.

Pendapat senada dikemukakan Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi tentang semangat, kinerja dan capaian dari SDM pertanian ditentukan oleh tubuh yang sehat dan jiwa yang kuat.

"Kita harus tetap menjaga semangat kerja di tengah-tengah kondisi ketidakpastian akibat perubahan iklim. Perlu kita pelihara semangat bahwa bangsa akan menjadi kuat kalau hadir pertanian yang kokoh, sumber pangan yang sehat, dan kemudian menjadi sumber kesehatan dan kecerdasan.

Dia menambahkan, Kementan memiliki tanggung jawab yang besar untuk mencukupi kebutuhan pangan bagi 273 juta penduduk Indonesia. Itulah tujuan pertama pembangunan pertanian, berikutnya peningkatan pendapatan petani sebagai pelaku utama pertanian.

"Terakhir, peningkatan ekspor komoditas pertanian. Ketiga tujuan tersebut mustahil tercapai tanpa ditopang SDM yang sehat dan kompeten," kata Dedi Nursyamsi.

Direktur Polbangtan Medan, Ir Yuliana Kansrini mengapresiasi capaian mahasiswanya, karena telah berhasil menyisihkan sepuluh tim vocal grup lainnya. 

"Apresiasi tinggi untuk tim Vocal Grup Bahana Agricia Polbangtan Medan, walaupun latihan dalam waktu yang singkat, Alhamdulillah mampu menyisihkan sepuluh tim vocal grup lainnya," kata Yuliana didampingi Wakil Direktur III, Merlyn Mariana dan tim vocal grup Bahana Agricia. 

Merlyn Mariana menyampaikan "Prestasi tersebut menjadi motivasi bagi UKM Paduan Suara Bahana Agricia Polbangtan Medan , untuk semakin semangat untuk berlatih dan meningkatkan kemampuan untuk meraih prestasi lebih tinggi." [ira/timhumas polbangtanmedan]

Medan of North Sumatera [B2B] - The role of agricultural vocational education in Indonesia such as the the Agricultural Development Polytechnic or the SMKPPN to support Indonesian Agriculture Ministry seeks to maximize its efforts to produce millennial entrepreneur.

Youth Enterpreneurship And Employment Support Services Program or the YESS, to support Indonesian Agriculture Ministry seeks to maximize its efforts for the millennial entrepreneur.

Indonesian Agriculture Minister Andi Amran Sulaiman stated that the government´s commitment to developing agriculture, especially in the development of advanced, independent and modern agricultural human resources.

“The goal is to increase the income of farming families and ensure national food security. Farmer regeneration is a commitment that we must immediately realize," Minister Sulaiman said.

He reminded about the important role of vocational education, to produce millennial farmers who have an entrepreneurial spirit.

"Through vocational education, we connect campuses with industry so that Polbangtan graduates meet their needs and are ready for new things," Sulaiman said.