Inggris pun Khawatir Dampak Negatif Game Online pada Anak dan Remaja

Addictive Online Shooter Games such as Fortnite have ´damaging impact´ on the Lives of Children, Warns Culture Secretary

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Inggris pun Khawatir Dampak Negatif Game Online pada Anak dan Remaja
Foto: MailOnline

MENTERI Kebudayaan Inggris memperingatkan bahwa game online berdampak negatif dan merusak kehidupan anak-anak.

Menteri Matt Hancock mengemukakan hal itu di tengah kekhawatiran dari orang tua atas game multiplayer Fortnite yang sangat populer di Inggris.

Game online ini bertutur tentang ´perjuangan hidup seorang sniper´, dan telah diunduh lebih dari 40 juta kali dan didukung oleh sejumlah bintang seperti pesepakbola Dele Alli dan rapper Drake.

Menteri Kebudayaan mengatakan bahwa masa tayang yang berlebihan merusak kehidupan anak-anak dan remaja.

Fortnite melibatkan hingga 100 pemain bermain melawan satu sama lain dalam berbagai mode permainan dan bebas untuk bermain.

Permainan ini sangat populer di kalangan anak-anak dan remaja karena dapat dimainkan di ponsel.

Rapper Drake menampilkan dirinya sendiri bermain game, menarik jutaan pengamat, sementara Dele Alli merayakan gol semifinal Piala FA dengan tarian dari pertandingan.

Matt Hancock mengatakan kepada The Daily Telegraph: ´Terlalu banyak waktu di depan layar tivi atau ponsel akan berdampak buruk pada kehidupan anak-anak kita. Entah itu media sosial atau permainan video, anak-anak harus menikmatinya dengan aman dan sebagai bagian dari gaya hidup yang mencakup latihan dan bersosialisasi di dunia nyata.´

Dia juga menegaskan bahwa departemennya bekerja bersama pengembang game untuk meningkatkan keamanan online.

Format Fortnite yang paling populer adalah BattleRoyale yang melibatkan 100 pemain bertarung satu sama lain sampai tersisa hanya satu pemain.

Permainan ini tersedia di ponsel dan konsol termasuk Xbox One dan PlayStation 4, serta PC dan Mac.

Anne Longfield, Komisaris Anak, mendesak para orang tua untuk membatasi jumlah waktu yang dihabiskan anak-anak untuk permainan ´adiktif´.

Dia juga mengklaim bahwa perusahaan game harus memastikan produk mereka tidak membuat anak-anak terpaku pada layar dengan fitur-fitur adiktif.

Dalam belokan lain yang mengkhawatirkan, Badan Kriminal Nasional memperingatkan para pedofil dapat membajak Fortnite.

Seorang ibu dari Liverpool mengklaim putranya yang berusia 12 tahun ditawari 50 poundsterling untuk melakukan kegiatan seksual.

Yang lain mengatakan remaja 11 dan 12 tahun secara terbuka mendiskusikan fakta bahwa permainan itu ´penuh dengan paedos´.

Nigel Huddleston, anggota parlemen dari partai konservatif dan sekretaris pribadi parlemen untuk Mr Hancock, juga meminta perusahaan game untuk mengambil tanggung jawab lebih banyak atas permainan yang membuat penggemarnya kecanduan.

Dia juga mengatakan dia tidak ingin putranya yang berumur 12 tahun bermain karena khawatir hal itu bisa menyebabkan kecanduan seperti dilansir MailOnline.

THE CULTURE Secretary has warned that addictive video games have a negative and damaging impact on children´s lives.

Minister Matt Hancock made the comments amid concerns from parents over the massively popular multiplayer game Fortnite.

The game, which is a ´survival shooter´, has been downloaded more than 40 million times and has been endorsed by stars such as footballer Dele Alli and rapper Drake.

The Culture Secretary said that excessive screen time is damaging the lives of young children.   

Fortnite sees up to 100 players play against each other in a variety of game modes and is free to play.

The game is hugely popular with children and teenagers because it can be played on mobile phones.

Rapper Drake streamed himself playing the game, attracting millions of watchers, while Dele Alli celebrated an FA Cup semi-final goal with a dance from the game.  

Matt Hancock told The Daily Telegraph: ´Too much screen time could have a damaging impact on our children´s lives. Whether it´s social media or video games, children should enjoy them safely and as part of a lifestyle that includes exercise and socialising in the real world.´

He also confirmed that his department is working alongside game developers to improve online safety.   

Fortnite´s most popular format is the BattleRoyale which sees 100 players fight each other until one is left standing.

The game is available on mobiles and consoles including Xbox One and PlayStation 4, as well as PC and Mac. 

Anne Longfield, the Children´s Commissioner, urged parents to limit the amount of time children spend on the ´addictive´ game.

She also claimed that games companies should ensure their products are not keeping children glued to screens with addictive features. 

In another worrying twist, the National Crime Agency warned paedophiles could be hijacking Fortnite. 

One mother from Liverpool claimed her 12-year-old son was offered £50 to perform a sex act.

Others have said children as young as 11 and 12 openly discuss the fact that the game is ´full of paedos´. 

Nigel Huddleston, a Tory MP and parliamentary private secretary to Mr Hancock, also called on gaming companies to take more responsibility over addictive games.

He also said he wouldn´t want his own 12-year-old son playing the game because of concerns it could lead to addiction.