Blackberry Android? Inikah Tampilan Seri Curved `Venice`

Is this Blackberry´s Android Phone?

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Blackberry Android? Inikah Tampilan Seri Curved `Venice`
Blackberry Android pertama tampak mirip Samsung Galaxy S6 Edge, dinamai Venice (kiri atas), Blackberry dengan keyboard (kanan) dan versi Android akan dirilis jelang akhir 2015? Foto2: MailOnline

BLACKBERRY sedang bersiap meluncurkan ponsel pertama yang menjalankan sistem Android, seperti yang dilansir MailOnline.

Sebuah foto terbaru menunjukkan ponsel yang mirip dengan Samsung Galaxy S6 Edge, dengan sisi melengkung.

Banyak pihak yang meyakini smartphone tersebut menjadi usaha terakhir perusahaan untuk menghidupkan kembali pangsa pasarnya setelah ponsel layar sentuh BB10 anjlok di pasaran.

Menurut Evan Blass, yang mengunggah foto dan disebut-sebut sebagai bocoran dari ponsel baru, Blackberry Android akan diluncurkan dengan menggandeng AT&T dan dinamai Venice.

Awal tahun ini terungkap BlackBerry sedang mempertimbangkan mengembangkan ponsel dengan perangkat lunak Google Android untuk pertama kalinya.

Langkah ini dipandang sebagai pengakuan bahwa sistem operasi yang dikembangkannya gagal untuk memenangkan persaingan.

BlackBerry, yang pernah mendominasi penjualan smartphone, kini pangsa pasarnya tergerus dan hanya tersisa kurang dari 1%.

"Kami tidak mengomentari rumor dan spekulasi, tapi kami tetap berkomitmen untuk menerapkan sistem operasi BlackBerry 10, yang menawarkan keamanan dan produktivitas yang tak tertandingi," jawab pihak perusahaan melalui email seperti dilansir MailOnline.

Sumber, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya karena mereka belum berwenang untuk membahas masalah ini secara terbuka, mengatakan langkah untuk menggunakan Android merupakan bagian dari strategi BlackBerry untuk poros untuk fokus pada perangkat lunak dan manajemen perangkat.

Pada Maret lalu, BlackBerry mengumumkan bahwa mereka berencana untuk menyediakan aplikasi keamanan yang dipatenkan, lebih produktif untuk komunikasi pada perangkat mobile daripada yang ditawarkan iOS, Android atau Windows.

Blackberry mengalami puncak kejayaan pada 2011 dengan 17.500 pekerja dan pada Februari berkurang hingga 6.225.

BLACKBERRY is preparing to launch its first phone running Android, it has been claimed.

A new image shows a phone similar to Samsung's Galaxy S6 Edge, with curved sides.

Many believe the handset could be the company's last attempt to revive itself following disastrous sales of its own BB10 touchscreen handsets.

According to Evan Blass, who posted the images and is well known for leaks of new handsets, it will be launched on AT&T and is codenamed Venice.

Earlier this year it was revealed BlackBerry is considering building a phone with Google's Android software for the first time.

The move is seen as an acknowledgement that its revamped line of devices has failed to win mass appeal.

BlackBerry, which once dominated smartphone sales, now has a market share of less than 1 percent.

'We don't comment on rumors and speculation, but we remain committed to the BlackBerry 10 operating system, which provides security and productivity benefits that are unmatched,' said the company in an email.

The sources, who asked not to be named as they have not been authorized to discuss the matter publicly, said the move to use Android is part of BlackBerry's strategy to pivot to focus on software and device management.

In March, BlackBerry announced that it planned to deliver its patented security, productivity and communication tools to any mobile device running iOS, Android or Windows.

The company, which at a 2011 peak employed 17,500 people and in February was down to 6,225.