Password Online Anda Aman? Hindari 123456

How Secure Are Your Passwords? 123456 the Most Common Password Online

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Password Online Anda Aman? Hindari 123456
´Gunakan password yang berbeda untuk setiap situs web baru atau layanan internet yang Anda daftar." (Ilustrasi: Mail Online)

KATA sandi ´password´ bukanlah yang terburuk di internet, kata para peneliti dalam temuan terbarunya. Namun, mereka memperingatkan fakta baru bahwa ´password terburuk´ adalah 123456, yang sama sekali tidak aman.

Tim di SplashData menganalisis jutaan password curian yang diposting online pada 2013 untuk menyusun daftar tahunan mereka tentang password yang terburuk.

"Untuk pertama kalinya sejak SplashData mulai menyusun daftar tahunan, kata sandi ´password´ bukan lagi kata sandi terburuk dan tercatat dua kali sebagai kata sandi terburuk adalah
123456 yang paling berisiko," kata perusahaan keamanan tersebut, seperti dilansir Mail Online.

Namun, kata sandi ´password´ hanya berada di urutan nomor dua dalam daftar.

Menurut SplashData, daftar tahun ini dipengaruhi oleh banyaknya password dari pengguna Adobe diposting online oleh perusahaan konsultan keamanan Stricture Consulting Group mengikuti Adobe yang dipublikasikan berisiko tinggi.

´Merujuk pada password seperti ´adobe123  ´dan ´photoshop ´dalam daftar ini menawarkan pengingat yang baik tidak mendasarkan sandi Anda pada nama website atau aplikasi yang Anda akses," kata Morgan Slain, CEO dari SplashData.

Password lainnya di Top Ten antara lain ´qwerty´, ´abc123,´ ´111111 ´dan´ iloveyou. ´

"Aspek lain yang menarik dari daftar tahun ini adalah bahwa password numerik lebih pendek muncul meskipun website mulai menerapkan kebijakan password yang ketat," kata Slain.

Sebagai contoh, daftar terbaru yang masuk tahun ini adalah password yang sederhana dan mudah ditebak seperti "1234" di #16, "12345" di #20, dan "000000" di #25.

Perusahaan itu mengatakan pihaknya menerbitkan daftar tahunan untuk mengajak para pengguna internet untuk mengubah password mereka untuk frase yang lebih aman.

"Seperti biasa, kami berharap bahwa dengan lebih banyak publisitas tentang bagaimana password yang berisiko adalah menggunakan password yang lemah, lebih banyak orang akan mulai mengambil langkah-langkah sederhana untuk melindungi mereka dengan menggunakan password yang lebih kuat dan menggunakan password yang berbeda untuk website yang berbeda," kata perusahaan.

Perusahaan ini menyarankan konsumen atau pelaku bisnis yang menggunakan salah satu password pada daftar untuk mengubahnya segera.

´Gunakan password dengan delapan karakter atau lebih dengan jenis campuran karakter," katanya lagi.

"Tapi bahkan password dengan substitusi umum seperti" dr4mat1c "bisa rentan terhadap penyerang ´teknologi yang semakin canggih, dan kombinasi acak seperti" j%7K&ypx$," bisa sulit untuk diingat.

"Salah satu cara untuk membuat password yang lebih aman yang mudah untuk mengingat adalah dengan menggunakan passphrase - kata-kata singkat dengan spasi atau karakter lain memisahkan mereka. Itu kiat terbaik untuk menggunakan kata-kata acak daripada frase umum. Misalnya, "kue ulang tahun" atau "smiles_light_skip?"

´Hindari menggunakan kombinasi username/password yang sama untuk beberapa situs Web.

´Terutama berisiko menggunakan password yang sama untuk situs hiburan yang Anda lakukan untuk email online, jejaring sosial, atau situs jasa keuangan."

´Gunakan password yang berbeda untuk setiap situs web baru atau layanan internet yang Anda daftar."

´PASSWORD´ is no longer the worst password on the internet, researchers have discovered. However, they warn the new ´worst password´, 123456, is just as insecure.

The team at SplashData analysed millions of stolen passwords posted online in 2013 to compile their annual list of the worst.

´For the first time since SplashData began compiling its annual list, ´password´ has lost its title as the most common and therefore Worst Password, and two-time runner-up "123456" took the dubious honor,´ the security firm said.

However, ´password´ only fell to number two on the list.

According to SplashData, this year´s list was influenced by the large number of passwords from Adobe users posted online by security consulting firm Stricture Consulting Group following Adobe´s well publicized security breach.

´Seeing passwords like ´adobe123´ and ´photoshop´ on this list offers a good reminder not to base your password on the name of the website or application you are accessing,´ says Morgan Slain, CEO of SplashData.

Other passwords in the Top Ten include ´qwerty,´ ´abc123,´ ´111111,´ and ´iloveyou.´

´Another interesting aspect of this year´s list is that more short numerical passwords showed up even though websites are starting to enforce stronger password policies,´ Slain said.

For example, new to this year´s list are simple and easily guessable passwords like "1234" at #16, "12345" at #20, and "000000" at #25.

The firm said it publishes the list annually to try and get people to change their passwords to more secure phrases.

´As always, we hope that with more publicity about how risky it is to use weak passwords, more people will start taking simple steps to protect themselves by using stronger passwords and using different passwords for different websites,´ the firm said.

The company advises consumers or businesses using any of the passwords on the list to change them immediately.

´Use passwords of eight characters or more with mixed types of characters,´ it says.

´But even passwords with common substitutions like "dr4mat1c" can be vulnerable to attackers´ increasingly sophisticated technology, and random combinations like "j%7K&yPx$" can be difficult to remember.

´One way to create more secure passwords that are easy to recall is to use passphrases -- short words with spaces or other characters separating them. It´s best to use random words rather than common phrases. For example, "cakes years birthday" or "smiles_light_skip?"

´Avoid using the same username/password combination for multiple websites.

´Especially risky is using the same password for entertainment sites that you do for online email, social networking, or financial service sites.

´Use different passwords for each new website or service you sign up for.´