Program YESS, Pusdiktan BPPSDMP Koordinasi Bappenas

YESS Program Support Indonesian Developing Youth Farmer Empowerment

Editor : M. Achsan Atjo
Translator : Dhelia Gani


Program YESS, Pusdiktan BPPSDMP Koordinasi Bappenas
RAKOR YESS: Kepala Pusat Pendidikan Pertanian [Pusdiktan BPPSDMP Kementan] Idha Widi Arsanti mengikuti rapat koordinasi di Bappenas [Foto: Humas Pusdiktan]

Jakarta [B2B] - Kepala Pusat Pendidikan Pertanian [Pusdiktan BPPSDMP Kementan] Idha Widi Arsanti mengikuti rapat pembahasan dan evaluasi Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Service [YESS] yang dipimpin Direktur Pangan dan Pertanian Bappenas, R Anang Noegroho Setyo Moeljono di Jakarta, Selasa [14/1].

Kapusdik Idha Widi Arsanti mengatakan Program YESS menciptakan wirausawan muda di sektor pertanian, pemerintah melalui Kementerian Pertanian RI, yang membidik kalangan pemuda dan pemudi agar menjadi wirasausaha muda di bidang pertanian, juga untuk melahirkan tenaga kerja muda pertanian yang kompeten.

Program YESS ini rencananya akan dilaksanakan di tiga kampus Politeknik Pembangunan Pertanian [Polbangtan] yakni Bogor Jawa Barat, Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan, dan Kabupaten Malang Jawa Timur. Selain itu, juga di SMKK PP Banjarbaru Kalimatan Selatan.

Sasaran program YESS ini, kata Idha WA, memang pemuda-pemudi yang memiliki pendapatan di bawah garis kemiskinan nasional atau rata-rata pendapatan di bawah Rp 45 ribu per hari. Mereka yang sudah berhasil setelah mendapat pelatihan dan pembinaan diharapkan menjadi petani contoh/model bagi petani lainnya.

Menurutnya, pendataan calon penerima manfaat program YESS sangat dibutuhkan untuk mendukung terlaksananya program sesuai dengan output yang diharapkan. Yakni melahirkan wirausahawan dari kalangan petani milenial yang kompeten, serta mampu menularkan kepada petani muda lainnya.