Gerakan KostraTani, Digitalisasi Pertanian Meluncur Songsong Era 4.0

Indonesian Agriculture is Moving towards the Digitalization Era 4.0

Reporter : Gusmiati Waris
Editor : Cahyani Harzi
Translator : Dhelia Gani


Gerakan KostraTani, Digitalisasi Pertanian Meluncur Songsong Era 4.0
PELUNCURAN: Kepala Badan PPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi [berdiri] meluncurkan Gerakan KostraTani didampingi Wakil Bupati Sukabumi Adjo Sardjono, Kepala Pusluhtan, Leli Nuryati [kanan] Foto: BPPSDMP Kementan

Sukabumi, Jabar [B2B] - Gerakan Komando Strategis Pembangunan Pertanian [KostraTani] diluncurkan oleh Kepala Badan PPSDMP - Kementerian Pertanian RI Dedi Nursyamsi di Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat pada Selasa [11/8].

Peluncuran Gerakan KostraTani menandai peningkatan kemampuan dan kompetensi SDM pertanian, khususnya penyuluh pertanian untuk mengawal dan mendampingi petani mencapai ketahanan pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani pada era industrialisasi 4.0, kata Dedi Nursyamsi.

"Perhatian Mentan Syahrul Yasin Limpo sangat besar terhadap petani dan penyuluh di level kecamatan hingga desa. Untuk itulah, saya berdiri di sini, untuk membangun SDM pertanian khususnya petani dan penyuluh," kata Dedi Nursyamsi saat meluncurkan Gerakan KostraTani.

Hadir Wakil Bupati Sukabumi Adjo Sardjono, Kepala Pusluhtan, Leli Nuryati dan para penyuluh Sukabumi.

Dia menyebut sinergi petani dan penyuluh sebagai the man behind the gun yang menentukan pembangunan pertanian nasional. "Senjata yang hebat dan modern, tidak akan ada artinya jika tanpa penembak atau SDM-nya. Penembak jitu tersebut adalah penyuluh dan petani."

Menurutnya, pengungkit terbesar produktifitas pertanian adalah SDM. Kontribusinya hingga 50% menurut hasil riset, maka KostraTani dihadirkan untuk memberdayakan BPP, penyuluh dan petani. 

Waki Bupati Sukabumi Adjo Sardjono mengaku sangat mendukung kegiatan Kementan untuk meningkatkan SDM pertanian, khususnya di Sukabumi. Hal itu sejalan visi dan misi Sukabumi meningkatkan ekonomi rakyat berbasisi ekonomi lokal melalui agribisnis, pariwisata, dan industri berwawasan lingkungan.

“Membangun Sukabumi berarti membangun pertanian. Potensi lahan untuk pertanian. Sejahterakan masyarakat Sukabumi berarti menyejahterakan petani,” kata Adjo.

Menurut Dedi. pemberdayaan dilakukan pada kantor Balai Penyuluhan Pertanian [BPP] berupa pengadaan sarana dan prasarana teknologi informasi [IT]. 

"Dengan IT setiap saat kita bisa video conference. Petani di Papua pun bisa bertukar informasi dan dialog dengan  petani dari seluruh Indonesia," kata Dedi Nursyamsi.

Sukabumi of West Java [B2B] - The Indonesia´s Agricultural Development Strategy Command or KostraTani will carry out and oversee Indonesia´s agricultural development into the digital era. Empowerment of duties, functions and roles of the Agricultural Extension Agency or BPP refers to the qualifications for the 4.0 industrialization era, according to the senior official of Indonesian Agriculture Ministry.