Siswa SMKPP Kementan Siap Sukseskan Program Perluasan Areal Tanam di Banyuasin

Millennial Farmers Development are the Target of Indonesia`s SMKPPN Sembawa

Editor : Cahyani Harzi
Translator : Novita Cahyadi


Siswa SMKPP Kementan Siap Sukseskan Program Perluasan Areal Tanam di Banyuasin
SMKPPN SEMBAWA: Sebanyak 30 Siswa SMKPPN Sembawa kelas XII Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura diserahkan terimakan kepada Koordinator BPP Kecamatan Tanjung Lago dan Kelompok Tani.

Banyuasin, Sumsel [B2B]  - Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya meningkatkan produksi guna mengantisipasi krisis pangan melalui berbagai langkah strategis antara lain percepatan pertanaman, perluasan areal tanam baru, penguatan cadangan pangan. Bahkan juga menguatkan diversifikasi pangan dengan mengembangkan pangan lokal. 

Menurut Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman situasi dunia dalam kondisi tidak menentu dengan sekitar 60 negara mengalami krisis pangan, kemudian 900 juta penduduk dunia terdampak krisis pangan tersebut. 

"Jangan sampai krisis pangan ini singgah di republik yang kita cintai ini," ujarnya

Sejalan dengan arahan Mentan, Plt. Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengungkapkan bahwa petani dan penyuluh pertanian adalah aktor utama dalam peningkatan produksi padi nasional dengan cara Perluasan Areal Tanam (PAT) sehingga luasa panen bertambah serta meningkatkan produksi padi.

Kementan terus mendorong peningkatan produksi di berbagai wilayah diantaranya Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) yang mendapat 6 titik PAT  antara lain Ogan komering Ilir, Muara Enim, Lahat, Prabumulih, Musirawas,  Lubuklinggau serta Banyuasin.

BPPSDMP melalui Pusat Pendidikan Pertanian (Pusdiktan) juga ikut andil dalam mendukung program PAT yang ada d Sumsel.

“Kami akan menerjunkan siswa dan mahasiswa untuk melaksanakan Praktik Kerja Lapangan di lokasi PAT, dengan harapan siswa dan mahasiswa bisa membantu Percetapan tanam maupun perluasan areal tanam” ujar Dedi.

Sejalan dengan Kepala Badan PPSDMP, SMKPP Negeri Sembawa yang merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis BPPSDMP yang ada di Sumatera Selatan juga ikut melaksanakan kegiatan dukungan terhadap program PAT Kementerian Pertanian melalui menempatkan siswa Praktek Kerja Lapangan (PKL) di lokasi yang mendapat PAT.

Kepala SMK PP Negeri Sembawa Yudi Astoni pada kegiatan penyerahan siswa PKL di BPP Tanjung Lago Banyuasin (4/7) menyampaikan kami sudah berkoordinasi dengan Dinas Pertanian baik provinsi maupun kabupaten serta Balai Penyuluhan Pertanian yang ada di Kecamatan untuk menempatkan siswa kami yang sedang PKL di Lokasi khususnya di Kecamatan Tanjung Lago.

"Sebanyak 30 Siswa kelas XII Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura diserahkan terimakan kepada Koordinator BPP Kecamatan Tanjung Lago dan Kelompok Tani siswa ditempatkan di induk semang yang ada di Desa Banyu Urip." Ujar Yudi.

Harapan kami nantinya siswa yang PKL di Desa Banyu Urip bisa membantu program percepatan tanam dan PAT untuk menggenjot produktivitas padi.

Banyuasin of South Sumatera [B2B] - The role of agricultural vocational education in Indonesia such as the the Agricultural Development Polytechnic or the SMKPPN to support Indonesian Agriculture Ministry seeks to maximize its efforts to produce millennial entrepreneur.

Youth Enterpreneurship And Employment Support Services Program or the YESS, to support Indonesian Agriculture Ministry seeks to maximize its efforts for the millennial entrepreneur.

Indonesian Agriculture Minister Andi Amran Sulaiman stated that the government´s commitment to developing agriculture, especially in the development of advanced, independent and modern agricultural human resources.

“The goal is to increase the income of farming families and ensure national food security. Farmer regeneration is a commitment that we must immediately realize," Minister Sulaiman said.

He reminded about the important role of vocational education, to produce millennial farmers who have an entrepreneurial spirit.

"Through vocational education, we connect campuses with industry so that Polbangtan graduates meet their needs and are ready for new things," Sulaiman said.