Valentino Rossi Juara MotoGP San Marino, Marquez Tersingkir

Rossi wins San Marino MotoGP as Marc Marquez Crashes

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Valentino Rossi Juara MotoGP San Marino, Marquez Tersingkir
Rossi merayakan kemenangannya, dan saat terjatuh dalam sesi latihan sehari sebelum MotoGP San Marino berlangsung (Foto2: MailOnline)

Rome (B2B) - Valentino Rossi kembali ke podium teratas MotoGP dengan kemenangan di kandang sendiri di Grand Prix San Marino pada Minggu, sedangkan pemuncak klasemen Marc Marquez mendapat masalah dan hanya mampu finis di posisi ke-15.

Kemenangan di Misano, sirkuit di timur Italia yang paling dekat dengan kampung halamannya, merupakan yang pertama dalam 15 bulan bagi pebalap Yamaha berusia 35 tahun ini dan mengakhiri rekor 100 persen Honda pada musim ini, seperti dilansir Yahoo Sports.

Pebalap Spanyol Marquez, yang memulai balap dari baris kedua dan sedang mengejar menyamai rekor 12 kemenangan dari 13 balap sejauh ini pada musim ini, kehilangan kendali sepeda motornya saat balap menyisakan 19 putaran, dengan mesin yang tergelincir di bawahnya saat ia sedang melakukan pengereman.

Pebalap 21 tahun itu kemudian kesulitan untuk menghidupkan sepeda motor Hondanya, dengan dibantu dorongan para Marshal.

Kemenangan perdana Yamaha pada mesin ini dilengkapi dengan finis satu-dua, di mana pebalap Spanyol Jorge Lorenzo, yang menjadi pemenang di Misano untuk tiga tahun terakhir, menduduki urutan kedua pada empat balap beruntun setelah start dari posisi terdepan.

Rekan setim Marquez, Dani Pedrosa, finis di peringkat ketiga.

Kemenangan terakhir Rossi didapatnya di Assen, di Belanda, pada Juni tahun lalu, dan kemenangan pada Minggu merupakan yang ke-81 kalinya bagi juara dunia sembilan kali ini di kategori teratas dan ke-107 di semua kelas. Itu juga membuat rekor nilainya sepanjang masa berada pada koleksi angka 5.012.

Marquez melihat keunggulannya atas Pedrosa terpangkas menjadi 74 angka dari 89 angka, dengan Rossi yang tertinggal satu angka di belakang.

Rome - Valentino Rossi returned to the top of the MotoGP podium with a home win at the San Marino Grand Prix on Sunday while runaway championship leader Marc Marquez suffered a rare spill and finished 15th.

The victory at Misano, the eastern Italian circuit nearest to his home, was the first in 15 months for the 35-year-old Yamaha rider and ended Honda´s 100 percent record for the season.

Spaniard Marquez, who started on the second row and was chasing a record-equalling 12th victory in 13 races so far this year, lost control of his bike with 19 laps to go with the machine slipping out from beneath him under braking.

The 21-year-old then struggled to get the Honda started again with marshals pushing him along.

Yamaha´s first win of the year became a one-two with Spaniard Jorge Lorenzo, winner at Misano for the last three years, second for the fourth race in a row after starting on pole position.

Marquez´s team mate Dani Pedrosa was third.

Rossi´s last win was at Assen in the Netherlands in June last year and Sunday´s was the nine times world champion´s 81st in the top category and 107 in all classes. It also took his career points tally to a record 5,012.

Marquez saw his championship lead over Pedrosa cut to 74 points from 89, with Rossi a point behind.