Ingin Dipercaya Pasangan? Buatkan Dia Omelette

Want Your Partner to Trust You? Make Them an Omelette

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


Ingin Dipercaya Pasangan? Buatkan Dia Omelette
Ilustrasi: gravityfalls.wikia.com

APABILA Anda khawatir istri Anda tidak sepenuhnya mempercayai Anda, lakukan kiat ini dengan melihat dari sisi baiknya dengan membuat sajian omelette.

Dan untuk membuat istri Anda benar-benar terkesan, sajikan pula chocolate mousse untuk pencuci mulut.

Hasil penelitian menyatakan secara tepat bahwa triptofan, senyawa yang ditemukan dalam telur dan coklat, akan meningkatnya kepercayaan.

Makanan lain yang termasuk kaya triptofan adalah daging merah, keju, bayam, kacang-kacangan dan biji-bijian, pisang, tuna, kerang dan kalkun.

Saran ini mengikuti hasil studi dari para peneliti Belanda, yang meminta sekelompok relawan untuk mengajak pasangannya dan mengambil bagian dalam permainan 'meningkatkan kepercayaan'.

Dalam permainan, anggota pertama dari pasangan diberikan sejumlah uang dan diberikan pilihan untuk memberikan separuhnya kepada pasangannya.

Uang tunai ini kemudian ditambah tiga kali lipat dan orang yang menerimanya kemudian dapat memberikan tambahan sejumlah uang kepada pasangannya.

Permainan dipandang sebagai ukuran kepercayaan karena pemain pertama bisa berakhir jauh lebih baik tetapi hanya jika ia mempercayai pemain kedua cukup untuk memberinya sejumlah uang sesuai bagiannya.

Mereka yang ikut dalam studi ini mendapat jus jeruk untuk diminum dan dalam setengah dari kasus tersebut, jus telah dicampur dengan triptofan.

Pemain yang meminum jus jeruk dicampur triptofan menyerahkan uangnya hampir 40 persen lebih banyak yang diterimanya, seperti dilaporkan jurnal Psychological Science yang dikutip Mail Online.

Para peneliti Universitas Leiden mengatakan: 'Kepercayaan interpersonal merupakan elemen penting dari kehidupan sosial dan perilaku bekerja sama."

"Setelah itu, sebagian besar orang hanya akan bekerja sama jika mereka mengharapkan orang lain untuk melakukannya juga, membuat saling percaya merupakan prasyarat penting untuk membangun kepercayaan."

"Kami menemukan bahwa orang yang mendapatkan triptofan ternyata memberikan lebih banyak uang euro yang diterimanya secara signifikan lebih dari orang-orang yang tidak mendapat triptofan."

"Hasil kami mendukung pendekatan materialis bahwa Anda adalah apa yang Anda makan, gagasan bahwa satu makanan memiliki pengaruh pada kondisi pikiran seseorang."

"Jadi makanan yang kita ambil dapat bertindak sebagai peningkat kognitif yang memodulasi cara kita berpikir dan merasakan dunia fisik dan sosial."

"Secara khusus, suplementasi triptofan atau diet yang mengandung triptofan dapat meningkatkan kepercayaan interpersonal secara murah, efisien dan sehat."

Tryptophan terbentuk dalam tubuh di pencernaan dari beberapa protein dan merupakan blok bangunan dari 'enak hati' dari senyawa kimia serotonin di otak.

Ini juga merupakan obat penenang alami, yang dituding membuat orang tertidur setelah makan malam dengan menyantap banyak daging kalkun.

IF YOU fear your wife doesn’t entirely trust you, get on her good side by whipping up an omelette.

And to really make an impression, serve chocolate mousse for dessert.

Research has credited tryptophan, a compound found in eggs and chocolate, with increasing feelings of trust.

Other foods rich in tryptophan include red meat, cottage cheese, spinach, nuts and seeds, bananas, tuna, shellfish and turkey.

The advice follows a study in which Dutch researchers asked a group of volunteers to pair up and take part in a game of trust.

In the game, the first member of the pair is given some money and given the option of giving some to their partner.

The gifted cash is then tripled and the second person can then give some of it back.

The game is seen as a measure of trust because the first player could end up a lot better off but only if he trusts the second player enough to give him a large sum initially.

Those taking part in the study were given orange juice to drink and in half of the cases, the juice was supplemented with tryptophan.

Players who had the tryptophan transferred almost 40 per cent more cash, the journal Psychological Science reports.

The Leiden University researchers said: ‘Interpersonal trust is an essential element of social life and co-operative behaviour.

‘After all, most people will only work together if they expect others to do so also, making mutual trust an important precondition for establishing mutual co-operation.

‘We found that people who took tryptophan transferred significantly more euros than people who took the placebo.

‘Our results support the materialist approach that you are what you eat, the idea that the food one eats has a bearing on one’s state of mind.

‘So the food we take may act as a cognitive enhancer that modulates the way we think and perceive the physical and social world.

‘In particular, the supplementation of tryptophan or diets containing tryptophan may promote interpersonal trust in inexpensive, efficient and healthy ways.’

Tryptophan is formed in the body during the digestion of some proteins and is a building block of the ‘feel-good’ brain chemical serotonin.

It is also a natural sedative, which has led to it being blamed for making people doze off after eating a big turkey dinner.