Covid-19 Intai Riau, KostraTani Peranap Optimalisasi Kaji Terap di Indragiri Hulu

Indonesian Agriculture Ministry Anticipate Covid-19 by Weaker Health Systems

Editor : M. Achsan Atjo
Translator : Dhelia Gani


Covid-19 Intai Riau, KostraTani Peranap Optimalisasi Kaji Terap di Indragiri Hulu
PROTOKOL KESEHATAN: Penggunaan teknologi kaji terap menjadi ´jembatan komunikasi´ tetap berlangsungnya komunikasi dan kegiatan dengan meminimalkan faktor risiko Covid-19 [Foto: Humas Pusluhtan]

Indragiri Hulu, Riau [B2B] - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau terus berupaya meningkatkan kemampuan petani memilih paket teknologi usaha tani yang direkomendasikan melalui kaji terap teknologi [KTT] pada lahan demonstration plotting [Demplot]. Kegiatan KTT didukung 30 penyuluh bersama petani binaan Dinas Pertanian Dan Perikanan Pemkab Indragiri Hulu di lahan milik kelompok tani [Poktan] Benawah II, Kelurahan Baturijal Hilir, Kecamatan Peranap pada Senin [6/4].

"Demplot kaji terap ini sebagai metode penyuluhan pertanian untuk meningkatkan kemampuan petani dalam memilih paket teknologi usaha tani yang direkomendasikan sebelum demonstrasi dan atau dianjurkan," kata Kepala Dinas Pertanian Dan Perikanan Pemkab Indragiri Hulu, Paino melalui pernyataana tertulis yang dihimpun Pusat Penyuluhan Pertanian [Pusluhtan BPPSDMP Kementan].

Menurutnya, penggunaan teknologi kaji terap menjadi 'jembatan komunikasi'  tetap berlangsungnya komunikasi dan kegiatan dengan meminimalkan faktor risiko Covid-19 dari kegiatan pertemuan yang berkerumun.

Hal itu sejalan dengan instruksi Menteri Pertanian RI Syarul Yasin Limpo mengimbau SDM pertanian tetap bekerja di lahan pertanian dengan semangat, melaksanakan seruan pemerintah untuk menjaga jarak, hindari kerumunan, sering cuci tangan pakai sabun, gunakan masker, rajin konsumsi produk herbal lokal seperti empon-empon. 

Kepala BPPSDMP Prof Dedi Nursyamsi kerapkali mengingatkan penyuluh terus mendampingi petani untuk tetap produktif dalam upaya penyediaan pangan dan memanfaatkan jejaring KostraTani, Kostrada, Kostrawil dan KostraTanas. 

Demplot kaji terap teknologi di lahan Poktan Benawah II dilaksanakan bersama jajaran dinas pertanian dan perikanan, peneliti BPTP Prov Riau, Lurah Baturijal Hilir, para penyuluh BPP Penarap, petugas POPT, pengamat benih, pengurus dan anggota Poktan Benawah II.

Kadistan Paino mengharapkan sinergi yang kuat berbagai dinas terkait dan BPTP Riau untuk meningkatkan produksi pertanian di Kabupaten Indragiri Hulu untuk tetap menggerakkan pembangunan pertanian di tengah pandemi Covid-19.

"Demplot salah satu metode penyuluhan pertanian kepada petani, dengan membuat lahan percontohan agar petani dapat melihat dan membuktikan objek yang didemontrasikan. Demplot bisa berupa inovasi teknologi budidaya, varietas unggul baru, pemupukan dan lainnya disesuaikan demografi wilayah," kata Kasubbid Informasi dan Materi Penyuluhan - Pusluhtan BPPSDMP Septalina Pradini.

Indragiri Hulu of Riau [B2B] - Indonesia´s Agriculture Ministry is in intensive care after testing positive for the novel coronavirus, as civil servants in head office and across the country were ordered to close over the health threat. The World Health Organization has said it is particularly concerned about high-risk nations with weaker health systems, which who may lack the facilities to identify cases, according to senior official of Indonesian Agriculture Ministry.