Jagung Tigo Nagari jadi Konsumsi Pangan Lokal Pasaman

Indonesian Agriculture Anticipate Covid-19 by Weaker Health Systems

Editor : M. Achsan Atjo
Translator : Dhelia Gani


Jagung Tigo Nagari jadi Konsumsi Pangan Lokal Pasaman
Kelompok wanita tani seperti KWT Dahlia, salah satu mitra BPP Tigo Nagari telah dibina untuk fokus membuat penganan dari jagung. Hasil olahan seperti tojin, dodong dan lapek dari jagung sangat diminati oleh para perantau [Foto: Humas Pusluhtan]

Pasaman, Sumbar [B2B] - Potensi lahan jagung seluas 5.500 hektar di Kecamatan Tigo Nagari mendorong peningkatan konsumsi jagung muda sebagai pangan lokal bagi warga  Kabupaten Pasaman di Provinsi Sumatera Barat. Jagung yang dipanen tua umumnya menjadi bahan baku untuk industri pakan ternak, yang dibeli oleh pengepul dan pedagang dari Kota Payakumbuh.

"Jagung muda banyak diolah untuk membuat penganan seperti dodol, tojin, lapek, perkedel, nasi jagung bahkan sup jagung. Sementara jagung tua untuk bahan baku pakan ternak," kata Nengsih, Koordinator BPP Tigo Nagari melalui pernyataan tertulis yang dihimpun Pusat Penyuluhan Pertanian [Pusluhtan BPPSDMP Kementan].

Menurutnya, kelompok wanita tani seperti KWT Dahlia, salah satu mitra BPP Tigo Nagari telah dibina untuk fokus membuat penganan dari jagung. Hasil olahan seperti tojin, dodong dan lapek dari jagung sangat diminati oleh para perantau asal Pasaman sebagai 'buah tangan' saat mudik ke kampung halaman.

Penyuluh pertanian pusat di Kementerian Pertanian RI, Edizal selaku pendamping kegiatan penyuluhan pertanian Provinsi Sumatera Barat menyatakan langkah Pasaman selaras dengan instruksi Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bahwa Indonesia di masa pandemi Covid-19 harus bersiap menghadapi kondisi pangan, dengan memanfaatkan pangan lokal sebagai pengganti beras.

"Pangan lokal harus menjadi konsumsi rakyat Indonesia. Pangan tidak boleh bersoal," kata Kepala BPPSDMP Prof Dedi Nursyamsi.

Sebagaimana diketahui, salah satu komoditas pangan lokal yang disukaiu masyarakat adalah jagung, pangan pokok utama setelah beras, bahkan di Madura jagung menjadi makanan pokok. Jagung merupakan sumber karbohidrat utama di wilayah Amerika tengah dan selatan maupun Afrika dan sebagian Asia.

Limbah jagung pun tetap bermanfaat ekonomis, kata Nengsih, khususnya daun dan tongkol, yang dijadikan pajangan bunga kering, tempat tisu dan lainnya oleh anggota KWT Dahlia.

Menurut Nengsih, setiap tahun petani jagung Tigo Nagari menanam jagung seluas 5.500 hektar dengan IP2. Usia tanam hingga panen berkisar empat hingga 4,5 bulan dari varietas Pioneer [P32]. "Pada saat panen, biasanya sudah ada pedagang dari Kota Payakumbuh yang menampung seluruh hasil panen petani untuk industri pakan ternak."

Kelompok tani [Poktan] setempat seperti halnya Poktan Koto Dalam di Kecamatan Tigo Nagari mengembangkan budi daya jagung pada lahan 1,2 hektar. Hasilnya 7,5 ton, harga jual di tingkat petani Rp3.700 per kg.

"Meskipun pandemi Covid-19, penyuluh pertanian Tigo Nagari tetap mendampingi petani ke lapangan untuk menjaga produksi pangan, seperti diinstruksikan Mentan Syahrul Yasin Limpo, dengan mematuhi Protokol Kesehatan menangkal virus Corona," kata Nengsih. [Liene]

Pasaman of West Sumatera [B2B] - Indonesia´s Agriculture Ministry is in intensive care after testing positive for the novel coronavirus, as civil servants in head office and across the country were ordered to close over the health threat. The World Health Organization has said it is particularly concerned about high-risk nations with weaker health systems, which who may lack the facilities to identify cases.