SMKPP Kementan Raih Sertifikasi ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu

Millennial Farmers Development are the Target of Indonesia`s SMKPPN Banjarbaru

Editor : Ismail Gani
Translator : Novita Cahyadi


SMKPP Kementan Raih Sertifikasi ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu
SMKPPN BANJARBARU: Kepala SMKPPN Banjarbaru, Budi Santoso via zoom meeting mengikuti audit dari URS Balikpapan yang diwakili Auditor, Eka Putri menyatakan bahwa SMK-PP Negeri Banjarbaru direkomendasi mendapatkan kembali Sertifikat ISO 9001:2015.

Banjarbaru, Kalsel [B2B] - SMKPP Negeri Banjarbaru sebagai salah satu unit Pelaksana Teknis [UPT] Kementerian Pertanian Bidang Pendidikan, turut membantu Kementan untuk meningkatkan kapasitas, mutu dan pelayanan manajemen di sekolah.

Salah satu upaya yang dilakukan oleh SMKPP N Banjarbaru adalah menggelar Audit Ekternal dalam bidang Sertifikasi Sistem Manajemen Mutu atau ISO 9001:2015 oleh United Registar of Systems [URS] Cabang Balikpapan, selama dua hari secara daring, terhitung sejak Selasa, [8/11].

Kegiatan tersebut sesuai dengan harapan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, mengatakan peningkatan kinerja harus dilakukan insan pertanian.

"Sebagai sektor yang tumbuh positif selama pandemi, insan pertanian harus bisa meningkatkan kinerja. Karena kita berharap pertumbuhan positif pertanian bisa berdampak bagi sektor lain. Khususnya secara ekonomi," katanya.

Ditambahkan oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian [BPPSDMP] Kementan, Dedi Nursyamsi, berharap nantinya dengan adanya rekomendasi ini membuat insan BPPSDMP bekerja lebih maksimal.

"Tugas pertanian tidak mudah. Kita harus menyediakan pangan bagi seluruh masyarakat. Artinya, kita pun harus meningkatkan kualitas. Dan rekomendasi ini bisa menjadi tambahan motivasi untuk bekerja lebih baik," katanya.

Auditor URS Balikpapan, Eka Putri mengatakan, SMK-PP Negeri Banjarbaru di rekomendasikan untuk mendapatkan Kembali Sertifikat Sistem ManajemenMutu ISO 9001:2015.

"Saya perwakilan dari URS Cabang Balikpapan dengan ini merekomendasikan SMK-PP Negeri Banjarbaru untuk melanjutkan sertifikasi ISO 9001:2015", terang Eka Putri melalui zoom, pada Rabu [9/11].

Kepala SMK-PP Negeri Banjarbaru, Budi Santoso yang hadir dalam pemaparan hasil audit ini menyatakan bangga dan senang, SMK-PP N Banjarbaru kembali meraih ISO 9001:2015 seperti tahun lalu.

"Alhamdulillah berkat peran dan kerjasama Bapak dan Ibu semuanya, ISO 9001:2015 SMK-PP Negeri Banjarbaru dapat diperpanjang untuk satu tahun ke depan", papar Budi Santoso.

Budi juga berharap penerapan sistem manajemen mutu dalam pendidikan di SMKPP N Banjarbaru akan menjadi baik kedepannya.

Ditambahkan oleh Wakasek Manajemen Mutu dan juga selaku Ketua ISO SMK-PP N Banjarbaru, Fofa Arofi, mengatakan SMKPP N Banjarbaru sertifkasi akan berkerja lebih baik lagi, dan berkinerja lebih maksimal lagi.

Perlu diketahui dalam Audit ISO 9001:2015, SMK-PP N Banjarbaru telah melalui proses audit yang dilakukan URS Cabang Balikpapan. Beberapa bidang yang di audit diantaranya terkait Bidang Management dan Management Representative, Kurikulum, Humas dan Kerjasama, Ketenagaan, Sarana dan Prasarana dan Perpustakaan, Kesiswaan, Bimbingan Konseling dan Tata Usaha.

Banjarbaru of South Kalimantan [B2B] - The role of agricultural vocational education in Indonesia such as the the Agricultural Development Polytechnic or the SMKPPN, to support Indonesian Agriculture Ministry seeks to maximize its efforts to produce millennial entrepreneur.

Indonesian Agriculture Minister Syahrul Indonesia Yasin Limpo stated that the government´s commitment to developing agriculture, especially in the development of advanced, independent and modern agricultural human resources.

“The goal is to increase the income of farming families and ensure national food security. Farmer regeneration is a commitment that we must immediately realize," Minister Limpo said.

He reminded about the important role of vocational education, to produce millennial farmers who have an entrepreneurial spirit.

"Through vocational education, we connect campuses with industry so that Polbangtan graduates meet their needs and are ready for new things," Limpo said