Gaet Milenial, SMKPP Kementan Gelar Open Day di Banjarbaru

Millennial Farmers Development are the Target of Indonesia`s SMKPPN Banjarbaru

Editor : M. Achsan Atjo
Translator : Dhelia Gani


Gaet Milenial, SMKPP Kementan Gelar Open Day di Banjarbaru
SMKPPN BANJARBARU: Pameran pertanian OpenDay dihadiri dan dibuka oleh Wakil Walikota Banjarbaru, Wartono dengan menggunting pita didampingi Kepala SMKPPN Banjarbaru, Budi Santoso [peci biru khas Banjar].

Banjarbaru, Kalsel [B2B] - Kementerian Pertanian RI memanfaatkan program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services [YESS] untuk menjaring banyak petani milenial. Mengingat, YESS merupakan program sinergi Kementan dengan IFAD yang fokus pada penumbuhan petani serta wirausaha muda pertanian. 

Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo mengatakan Kementan akan terus memfasilitasi generasi muda agar bisa terjun menjadi petani serta wirausaha pertanian.  

"Kita fasilitasi mereka. Kita tingkatkan pengetahuan dan kemampuan mereka melalui pelatihan. Kita manfaatkan teknologi, alsintan, jejaring hingga jejaring pemasaran. Kita ubah pola pikir generasi muda bahwa pertanian itu keren, hebat, dan satu-satunya sektor yang menjanjikan terlebih di tengah pandemi ini," katanya.

Sementara, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan [BPPSDMP] Dedi Nursyamsi menjelaskan tentang kunci utama pelaksanaan Program YESS. 

"Pertama, program YESS hadir untuk meningkatkan kapasitas pemuda di pedesaan melalui pendidikan dan pelatihan untuk menjadi agen pembangunan pertanian. Kedua, sasaran dari program YESS yakni pemuda/i harus memiliki jiwa kewirausahaan dari hulu sampai hilir," kata Dedi Nursyamsi.

Salah satu progres pelaksanaan program YESS, yaitu digelarnya Pameran Pertanian atau Open Day yang dilaksanakan oleh PPIU Kalimantan Selatan dalam hal ini SMK-PP Negeri Banjarbaru. 

Pameran pertanian bertajuk Open Day, kembali digelar untuk pertama kalinya pada 2023 digelar di Halaman Kampus SMK-PP N Banjarbaru selama dua hari, 24 - 25 Mei 2023.

Pameran menampilkan produk-produk dari Balai Penyuluhan Pertanian [BPP] dari Kecamatan Martapura Kota, Martapura Barat. Pameran menampilkan produk dari penerima manfaat Program YESS, Dharma Wanita SMK-PP N Banjarbaru dan aneka produk PWMP siswa dan hasil produk Teaching Factory dari SMK-PP Negeri Banjarbaru.

Pameran menampilkan berbagai hasil kegiatan pertanian seperti budidaya tanaman, tanaman hias, pengolahan hasil, minuman, buah, keripik, sayuran dan masih banyak lagi, dan masih banyak lagi.

Open Day mengundang masyarakat umum dan sekolah setingkat SMP di sekitar SMKPP N Banjarbaru, untuk datang untuk berbelanja. 

Selain itu, siswa SMP diajak berkeliling sekolah dan lahan, untuk mendapatkan informasi terkait dunia pertanian, sebagai sarana memperkenalkan sejak dini dunia pertanian pada mereka.

Pameran pertanian dihadiri dan dibuka oleh Wakil Walikota Banjarbaru, Wartono yang mengingatkan pentingnya Open Day untuk terus memajukan dan memperkenalkan dunia pertanian pada masyarakat.

Menanggapi pameran, Kepala SMK-PP Negeri Banjarbaru, Budi Santoso mengatakan, Open Day bertujuan menginformasikan dan menyebarkan hasil produksi baik barang ataupun jasa yang dihasilkan oleh SMK-PP N Banjarbaru kepada masyarakat umum, dalam upaya menumbuh kembangkan minat pemuda untuk bekerja dan berusaha di bidang pertanian.

“Open Day juga untuk mengajak dan mengedukasi generasi muda yang datang ke pameran agar berminat terjun di sektor pertanian, karena jumlah petani mulai menurun dan sebagian besar telah berusia tua," katanya. [Tim Ekpos SMK-PP Negeri Banjarbaru]

The goal is to increase the income of farming families and ensure national food security. Farmer regeneration is a commitment that we must immediately realize.