"Inshaa Allah ... Saya Siap Bekerja ... ": Wamentan Harvick

Indonesian Deputy Agriculture Minister Promised to Support People`s Food Security

Reporter : Kemal Agus Praghotsa
Editor : Cahyani Harzi
Translator : Dhelia Gani


"Inshaa Allah ... Saya Siap Bekerja ... ": Wamentan Harvick
INTELEKTUAL: Mentan Syahrul Yasin Limpo bertemu Wamentan Harvick di komplek perumahan menteri [Foto:Kementan]

Jakarta [B2B] - Koordinasi dan sinergi antar kementerian atau lembaga negara dan swasta merupakan hal yang penting menjaga ketahanan pangan. Sebagai orkestrasi, pembangunan pertanian membutuhkan kekuatan, kesesuaian, akurasi data dan proses mitigasi permasalahan yang presisi, akurat dan cepat.

Dengan dilantiknya Harvick Hasnul Qolbi sebagai Wakil Menteri Pertanian [Wamentan] oleh Presiden Joko Widodo, Rabu [23/12]. Diyakini dapat memperkuat kepemimpinan Kementerian Pertanian yang dikomandoi oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo ke depan.

"Saya ditugaskan Bapak Presiden untuk membantu program-program yang sudah ada dapat berjalan. Rekan-rekan jangan menganggap kehadiran saya sebagai beban," kata Harvick setelah bertemu Mentan Syahrul di komplek perumahan menteri, Senayan, Jakarta, Kamis [24/12].

Duet birokrat dan intelektual, diharapkan mempercepat akselerasi pembangunan sektor pertanian yang menjadi tulang punggung ekonomi nasional.

Seperti diketahui sebelumnya, Wamentan Harvick dikenal sebagai intelektual dan menjabat sebagai Ketua Lembaga Perkonomian Nahdlatul Ulama [LPNU] untuk mengurusi perekonomian Masyarakat NU. Harvick juga pernah menjabat Ketua Presidium MPP ICMI Muda dan salah satu pendiri Koperasi Amanah Sejahtera Bangsa. Dengan bekal dan pengalamannya, bisa menyokong cita-cita Mentan Syahrul untuk memberikan nilai tambah pada setiap produk pertanian.

"Saya juga sudah bertemu dengan rekan-rekan Dirjen, insha Allah saya akan langsung bekerja. Seperti yang sudah di pesankan Bapak Presiden, ketahanan pangan menjadi salah satu point pembahasan. Target dan program mudah-mudahan dapat berjalan," kata Harvick.

Selain Harvick, Presiden Joko Widodo juga melantik empat Wakil Menteri [Wamen] lainnya yaitu, Letnan Jenderal TNI Muhammad Herindra [Wamen Pertahanan], Edward Komar Syarif Hiariez [Wamenkum HAM], Dante Saksono Harbuwono [Wamen Kesehatan], Pahala Nugraha Mansury [Wamen BUMN].

Wamentan Harvick mengaku tidak mengetahui sebelumnya bahwa dirinya akan diangkat sebagai Wamentan.

"Saya dihubungi H-1, Presiden meminta saya untuk membantu Pak Syahrul. Mohon doanya dari teman-teman masyarakat tani semuanya agar saya bisa bekerja dengan baik," pungkasnya

Jakarta [B2B] - Indonesian Deputy Minister of Agriculture said that food security is one of the discussion points, targets and programs, hopefully it can run properly