Siapkan SDM Berdaya Saing, Kementan Paparkan Implementasi Model P3TMP

Indonesian Govt Supports Development of Integrated Farming Systems


Siapkan SDM Berdaya Saing, Kementan Paparkan Implementasi Model P3TMP
EXERCISE MODELLING: Modelling P3TMP bertujuan mencari dan menetapkan model P3TMP yang aplikatif agar dapat disebarluaskan, difahami, diyakini, dan diterapkan di berbagai lembaga pendidikan tinggi.

Malang, Jatim [B2B] - Kementerian Pertanian RI serius menyiapkan SDM Pertanian berkualitas untuk mendukung pengembangan sektor pertanian. Keseriusan itu dirumuskan dalam Workshop Implementasi Model Peningkatan Produktivitas dan Daya Saing Pendidikan Tinggi, Menengah dan Pelatihan Vokasi [P3TMP] di Hotel Golden Tulip Batu, 24-27 Februari 2022.

Sekretaris Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian [BPPSDMP] Siti Munifah, mengatakan komunikasi dan kolaboratif sangt perlu dilakukan untuk mendukung implementasi dari capaian program.

"Internalisasi penting, namun yang tidak kalah penting dari workshop yang dilaksanakan ini adalah implementasinya. Karena capaian sebuah program diukur dari hasil Implementasinya," katanya.

Dijelaskannya bahwa tujuan terakhir pelaksanaan program ini adalah Exercise Modelling P3TMP oleh seluruh UPT Pendidikan dan Pelatihan lingkup BPPSDMP.

Workshop dibuka Sekretaris Badan PPSDMP mewakili Kepala BPPSDMP, dihadiri oleh Kepala UPT BPPSDMP di Provinsi Jawa Timur, seluruh perwakilan UPT Pendidikan dan Pelatihan Badan PPSDMP, baik yang hadir secara offline maupun secara virtual [online]. 

Lebih lanjut Siti Munifah menjelaskan dari rumusan Workshop Implementasi Model P3TMP Tahun 2022 di antaranya Pendidikan dan Pelatihan Vokasi Pertanian diharapkan dapat menjadi Centre of Agripreneur Development [CAD] berbasis inovasi teknologi untuk menumbuhkan wirausaha muda pertanian. Centre of Professional Development [CPD] sesuai kualifikasi jabatan/pekerjaan untuk menghasilkan sertifikasi profesi/retooling.

“Rumusan kedua adalah Produktivitas adalah sikap mental dan etos kerja yang selalu berusaha melakukan perbaikan mutu kehidupan melalui peningkatan efisiensi, efektivitas, dan kualitas untuk menciptakan nilai tambah secara berkelanjutan”, paparnya. 

Ditambahkannya, modelling P3TMP sendiri bertujuan untuk mencari dan menetapkan model P3TMP yang aplikatif agar dapat disebarluaskan, difahami, diyakini, dan diterapkan di berbagai lembaga pendidikan tinggi, menengah dan lembaga pelatihan vokasi dengan tujuan akhir meningkatnya tingkat kelulusan, kebersertifikatan, kebekerjaan dan atau produktivitas lulusan serta pendayagunaan kapasitas terpasang pendidikan dan pelatihan vokasi.“

Badan PPSDMP telah membentuk Kelompok Kerja P3TMP melalui Keputusan Kepala Badan PPSDMP Nomor 180/Kpts/SM.230/I/08/2021 tanggal 16 Agustus 2021 tentang Tim Peningkatan Produktifitas dan Daya Saing Pendidikan Tinggi, Menengah dan Pelatihan Vokasi Lingkup Badan PPSDMP dan menetapkan Polbangtan Bogor, BBPP Batu dan SMKPPN Sembawa sebagai Model P3TMP Badan PPSDMP Kementerian Pertanian” ungkap Siti Munifah.

Saat ini menurutnya telah dilakukan finalisasi penyusunan kriteria dan parameter penilaian performa pada BBPP Batu, Pobangtan Bogor dan SMKPP Sembawa, meliputi: 1) Kepemimpinan Lembaga, 2) Perencanaan Strategis, 3) Standar Pendidikan/Pelatihan, 4). Dukungan Data dan Informasi, serta 5) Produk Akhir  dan Efisiensi.

“Hasil Modelling P3TMP yang telah disusun harus diimplementasikan di 3 (tiga) model Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Vokasi (Polbangtan Bogor, BBPP Batu dan SMKPPN Sembawa), dengan penajaman output dan outcome yang diharapkan”, tambahnya.

Mengacu pada 3 model yang telah tersusun, diharapkan seluruh UPT Pendidikan dan Pelatihan Pertanian segera menyusun SK Tim P3TMP tingkat UPT, melakukan replikasi dan penyesuaian kriteria dan parameter penilaian P3TMP sesuai karakteristik UPT masing-masing serta didampingi  tim P3TMP Polbangtan Bogor, SMKPP Sembawa dan BBPP Batu kemudian untuk disampaikan ke Sekretariat P3TMP BPPSDMP dengan tembusan Kepala Pusat Pendidikan/Pelatihan Pertanian paling lambat pada tanggal 31 Maret 2022.

Sementara Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi, menjelaskan Workshop Implementasi Model Peningkatan Produktivitas Pendidikan Tinggi, Menengah dan Pelatihan Pertanian (P3TMP) ini sebagai upaya peningkatan produktivitas dan daya saing tenaga kerja sektor pertanian.

“Untuk meningkatkan daya saing tersebut maka harus diperkuat melalui pendidikan dan pelatihan vokasi berbasis kerja sama dunia industri, dunia usaha dan dunia kerja. Dengan demikian, kebutuhan tenaga kerja terampil sesuai permintaan pasar tenaga kerja dapat terpenuhi”, ujar Dedi.

Menurutnya gerakan peningkatan produktifitas dan daya saing nasional merupakan strategi untuk dapat keluar dari Middle Income Trap. 

“Hal ini tentunya membutuhkan kualitas SDM yang andal, berkualitas dan memiliki keterampilan serta daya saing yang tinggi dalam persaingan global”, tambah Dedi.

Dedi berharap dari pelaksanaan kegiatan ini dapat meningkatkan pemahaman peserta tentang arah kebijakan BPPSDMP dalam menyiapkan SDM Berkualitas dan Berdayasaing. 

“Selanjutnya adalah finalisasi kriteria dan parameter penilaian performa pada 3 [tiga] model Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Vokasi, yaitu BBPP Batu, Polbangtan Bogor dan SMKPP Sembawa," katanya. 

Narasumber kegiatan ini Dosen Polbangtan Bogor Momon Rusmono, yang membawakan materi Tranformasi Kelembagaan dan Pelatihan Vokasi bidang Pertanian untuk mencetak Petani Unggul, serta Moejiman, dengan materi Model Peningkatan Produktivitas dan Daya Saing Pendidikan Tinggi, Menengah dan Pelatihan Vokasi (P3TMP). 

Sebelumnya Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menjelaskan pentingnya peningkatan SDM pertanian sangat penting untuk dilakukan.

"Yang memegang peran penting dalam pembangunan pertanian adalah SDM. Semakin berkualitas SDM, semakin cepat pembangunan pertanian bisa kita wujudkan. Oleh karena itu, penguatan SDM terus kita lakukan," katanya. [Cha]

Malang of East Java [B2B] - The role of agricultural training in Indonesia such as the Agricultural Training Center of Indonesia Agriculture Ministry across the country or the BBPP so the ministry seeks to maximize its efforts to produce millennial entrepreneur.

Indonesian Agriculture Minister Syahrul Indonesia Yasin Limpo stated that the government´s commitment to developing agriculture, especially in the development of advanced, independent and modern agricultural human resources.

“The goal is to increase the income of farming families and ensure national food security. Farmer regeneration is a commitment that we must immediately realize," Minister Limpo said.

He reminded about the important role of agricultural training, to produce millennial farmers who have an entrepreneurial spirit.

"Through agricultural training, we connect farmers with technology and innovation so that BBPP meet their needs and are ready for new things," Limpo said.